Jabat Pangdam XIV Hasanuddin, Ini Prioritas Mayjen TNI Andi Muhammad

Mayjen TNI Andi Muhammad menggantikan Mayjen Muhammad Syafei

Makassar, IDN Times - Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Muhammad menggantikan Mayjen TNI Muhammad Syafei Kasno sebagai Panglima Kodam XIV Hasanuddin. Serah terima jabatan digelar di Mabes TNI AD, pada 31 Januari 2022.

Upacara pisah sambut dilaksanakan di markas Kodam Hasanuddin, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (2/2/2022).

"Saya terima kasih kepada Allah SWT karena karunia dan hidayah-Nya hari ini, saya diacarakan secara tradisi sebagai Pangdam XIV Hasanuddin. Saya juga terima kasih kepada Pimpinan TNI khususnya TNI-AD yang mempercayakan dan mengamanahkan saya jadi Panglima Komando XIV Hasanuddin," kata Andi.

1. Berkomitmen meningkatkan profesionalisme prajurit

Jabat Pangdam XIV Hasanuddin, Ini Prioritas Mayjen TNI Andi MuhammadPangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad. / Dok. Kodam XIV Hasanuddin

Andi mengungkapkan, sebagai pejabat baru, dia akan memprioritaskan program yang lebih dulu dijalankan Syafei Kasno saat menjabat sebagai Pangdam XIV Hasanuddin tahun 2020-2021. "Saya sempat berbincang, beliau telah banyak merintis kegiatan-kegiatan yang tentunya positif, tinggal saya lanjutkan nanti," ucapnya.

Andi juga berjanji untuk menindaklanjuti instruksi pimpinannya, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Dudung Abdurachman mengenai peningkatan profesionlisme prajurit semaksimal mungkin. "Dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada," ujarnya.

Selain itu, Andi juga berkomitmen memaksimalkan kinerja di masa jabatannya. "Kita akan selalu memberikan arahan dan petunjuk ke satuan bawah supaya keberadaannya satuan ini betul-betul dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat di sekelilingnya," imbuh Andi.

2. Meningkatkan kerja sama antar institusi dan instansi lingkup pemerintah

Jabat Pangdam XIV Hasanuddin, Ini Prioritas Mayjen TNI Andi MuhammadUpacara pisah sambut Pangdam XIV Hasanuddin 2022. / Dok. Kodam XIV Hasanuddin

Andi menyatakan, karena wilayah kerja Kodam XIV Hasanuddin mencakup tiga provinsi di Indonesia, maka kerja sama lintas sektoral juga akan semakin ditingkatkan. Tiga provinsi mencakup, Sulawesi Tengah, Tenggara, dan Selatan.

"Tentunya sinergitas sangat perlu dalam menjaga stabilitas keamanan. Saya mantan Kasdam (Hasanuddin), paling tidak saya sudah mengerti situasi dan kondisi dari tiga provinsi itu. Tentunya sinergitas harus kita rintis sampai ke bawah artinya ke anggota pun harus sinergi," jelas Andi.

Baca Juga: Kodam Hasanuddin Kirim 450 Prajurit ke Perbatasan Papua Nugini

3. Bantu pemerintah dalam pencegahan COVID-19

Jabat Pangdam XIV Hasanuddin, Ini Prioritas Mayjen TNI Andi MuhammadPangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad. / Dok. Kodam XIV Hasanuddin

Lebih lanjut kata Andi, selain bekerja sama dalam menjaga stabilitas keamanan, pihaknya juga bersedia membantu pemerintah dalam upaya meminimalisasi dan mencegah penyebaran COVID-19. Terlebih, menurut Andi, situasi saat ini virus terus bermutasi ke varian-varian yang lebih baru.

"Strategi kami nanti saya akan berkoordinasi dengan pemerintah yang terkait dengan penanganan ini. Paling tidak ini menjalankan perintah presiden yang vaksin booster itu. Ini yang akan kita kejar. Kemudian peningkatan kesadaran masyarakat tentang kedisiplinan protokol kesehatan," tegasnya.

Baca Juga: Jabat Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Syafei Prioritaskan Keamanan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya