Dishub: Banyak Orang Mudik dari Makassar ke Gowa dan Maros

Mereka mencari jalan alternatif yang bebas dari penjagaan

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Arafah menyebut masih ada warga Kota Makassar yang mudik ke kampung. Mereka umumnya menempuh perjalanan darat menuju daerah-daerah di sekitar Makassar.

Aktivitas mudik berlangsung di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan hampir satu pekan di Makassar. Apalagi pemerintah telah melarang aktivitas mudik, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020.

"Yang memang agak sedikit krusial dan crowdid itu terkait dengan aktivitas mudik di akses darat," kata Arafah, Rabu (29/4).

Baca Juga: Selama PSBB, Warga Ber-KTP Luar Dilarang Masuk Kota Makassar

1. Pemudik asal Makassar didominasi tujuan Maros dan Gowa

Dishub: Banyak Orang Mudik dari Makassar ke Gowa dan MarosANTARA FOTO/Arnas Padda

Arafah menyebutkan, selama penerapan PSBB, aktivitas mudik dari Makassar didominasi tujuan di daerah tetangga. Yang dimaksud adalah Kabupaten Maros dan Gowa. Pemudik memanfaat akses jalur darat yang menghubungkan Makassar dengan dua daerah tetangga itu. 

"Ada enam pintu keluar masuk yang menghubungkan Makassar dengan dua daerah itu. Itu yang paling tinggi volume aktivitas mudiknya," ucap Arafah.

Akses yang dimaksud, antara lain perbatasan Makassar-Gowa di Jalan Sultan Alauddin, Barombong, Jalan Aroepala, dan Tamangapa Raya. Dua akses lain berbatasan dengan Maros, yakni Jalan Tamalanrea Raya-Poros Pamanjengan dan simpang lima Bandara Sultan Hasanuddin.

2. Pemudik yang kedapatan diminta putar balik

Dishub: Banyak Orang Mudik dari Makassar ke Gowa dan MarosANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dishub, kata Arafah, bersama tim pengamanan gabungan kerap mendapati pemudik yang melintas. Mereka yang kedapatan diminta putar balik ke tempat semula.

"Selama enam hari PSBB itu sudah banyak kita temui. Kita dan tim gabungan minta agar mereka ini kembali. Apalagi kan rujukannya kita ada Permenhub soal pembatasan aktivitas mudik," ucapnya.

Hanya saja, pemudik diyakini kerap mengakali dan mengambil kesempatan agar bisa lolos dari pantauan dan penertiban petugas. Mereka antara lain mencoba mencari jalur alternatif yang dianggap lengang dan bebas dari pemeriksaan.

3. Orang yang masuk ke Makassar tanpa identitas dan pelindung diri diminta putar balik

Dishub: Banyak Orang Mudik dari Makassar ke Gowa dan MarosPelanggar PSBB hari pertama di Kota Makassar. IDN Times/Istimewa

Dinas Perhubungan Kota Makassar mencatat banyak pengemudi motor dan mobil yang diminta berbalik arah saat hendak masuk ke Makassar. Alasannyak mereka tidak mampu memperlihatkan identitas atau tidak menggunakan pelindung diri berupa masker dan kaos tangan.

"Iya betul, pengendara tidak memiliki KTP diminta untuk kembali," Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Mario Said, saat dikonfimasi, Rabu (29/4).

Mario menyatakan, sikap tegas merupakan bagian dari penegakan aturan agar PSBB di Makassar bisa berjalan efektif. Pengawasan dan pengamanan diperketat hingga batas waktu PSBB, pada 7 Mei 2020 mendatang.

Baca Juga: Hari Kelima PSBB Makassar, Jumlah ODP Corona Diklaim Turun Drastis  

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya