Pj Wali Kota Imbau Warga Makassar Deteksi Dini Gejala Virus Corona

Pemkot Makassar sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi

Makassar, IDN Times - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, meminta warganya tidak panik dengan isu penyebaran virus corona. Dia merespons adanya kasus dua warga Depok, Jawa Barat, yang terinfeksi dan dikonfirmasi sebagai kasus pertama positif COVID-19 di Indonesia.

Pj Wali Kota telah menerbitkan surat imbauan tertanggal 3 Maret 2020, yang menyampaikan agar masyarakat tetap tenang di tengah isu corona. Surat imbauan itu juga ditunjukkan Iqbal kepada wartawan saat konferensi pers di ruang kerjanya, di Balai Kota Makassar, Selasa (3/2).

"Dengan adanya kasus Covid-2019 di Indonesia maka saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Makassar agar tidak panik dan tetap melakukan aktivitas," kata Iqbal seperti pernyataannya dalam surat imbauan.

Baca Juga: Polda Telusuri Penyebar Hoaks Virus Corona di Sulsel  

1. Masyarakat diimbau tingkatkan kewaspadaan dengan deteksi dini

Pj Wali Kota Imbau Warga Makassar Deteksi Dini Gejala Virus CoronaPj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. IDN Times/Asrhawi Muin

Menyusul surat imbauan, Iqbal meminta masyarakat Kota Makassar untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Masyarakat diharap melakukan langkah-langkah deteksi dini dan pencegahan dengan mengenali gejala virus, yaitu demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu.

Selain itu, Iqbal juga meminta masyarakat menerapkan gaya hidup sehat untuk upaya pencegahan. Mulai dari sering mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker apabila batuk atau pilek, serta hati-hati dan menghindari kontak dengan hewan.

Lebih lanjut, disarankan rajin olahraga dan istirahat cukup, jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak atau setengah matang, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga, serta segera ke fasilitas kesehatan apabila batuk, pilek dan sesak nafas.

2. Pemkot Makassar telah menyiapkan langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona

Pj Wali Kota Imbau Warga Makassar Deteksi Dini Gejala Virus CoronaIlustrasi Hand Sanitizer (IDN Times/Ileny Rizky Dwiantari)

Iqbal menyatakan Pemerintah Kota Makassar telah melakukan langkah antisipasi sejak awal munculnya virus tersebut di Wuhan pada akhir Desember 2019 lalu. Upaya pencegahan antara lain dilakukan di kalangan pegawai pemerintahan, maupun di sarana ruang publik.

Salah satu yang dilakukan yakni menyiapkan pencuci tangan atau hand sanitizer di tempat-tempat umum untuk memudahkan masyarakat membersihkan tangan jika tidak ada air.

Selain itu, Pemkot Makassar juga telah melakukan koordinasi dengan bandara dan pelabuhan agar melakukan pemasangan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner, guna mengawasi setiap pendatang dengan gejala demam.

"Ada juga namanya help alert card atau kartu kewaspadaan kesehatan. Itu kalau ada penumpang yang suhunya dia atas 38 derajat celsius, diisolasi dulu lalu dilakukan pemeriksaan sampai kalau dianggap tidak ada masalah tentu dilanjutkan," kata dia.

3. Pemkot menyiagakan Tim Gerak Cepat

Pj Wali Kota Imbau Warga Makassar Deteksi Dini Gejala Virus CoronaIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Wira Sanjiwani

Selain itu, Iqbal juga mengaku Pemkot Makassar selalu menerapkan program screening dan surveilance di rumah sakit dan puskesmas. Fasilitas pelayanan kesehatan juga diperbaiki dan gencar mempromosikan Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. 

Ada juga namanya Tim Gerak Cepat atau TGC yang disiagakan melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Mereka inilah yang akan terus melakukan sistem surveilance di setiap kawasan. Ada juga Sistem Kewaspadaan Dini yang berupa laporan bulanan. Namun menyusul adanya kasus Corona di Indonesia maka sistem tersebut akan digunakan sebagai laporan harian.  

"Memang untuk kita respon kejadian luar biasa itu kurang dari 24 jam sudah ada oleh dari TGC. Tugasnya melakukan penyelidikan terhadap epidemoligi. Kalau di setiap RT ada dua orang yang hampir sama penyakitnya, langsung kita tangani dengan cepat. Namun tentu saja kita tetap mengadakan penyuluhan lewat baliho spanduk untuk mengajak masyarakat waspada," kata Iqbal.

Baca Juga: Corona Masuk ke Indonesia, Pemprov Sulsel Siapkan Sarana Isolasi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya