KKP Makassar: Penumpang Kapal Pesiar Coral Adventure Bebas Corona

Diizinkan bersandar di Pelabuhan Makassar

Makassar, IDN Times - Sebanyak 35 orang kru dan 47 orang penumpang kapal pesiar Coral Adventure telah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di zona karantina sejauh 2 mil dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Rabu (11/3).

Kabid Lalu lintas Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Sirajuddin, menyampaikan seluruh kru dan penumpang kapal tersebut dinyatakan bebas dari virus Corona atau COVID-19.

"Semua crew dan passenger dinyatakan negatif COVID-19," demikian yang disampaikan Sirajuddin melalui pesan Whatsapp kepada IDN Times di Makassar, Rabu malam.

1. Kapal pesiar Coral Adventure diperbolehkan bersandar di Makassar

KKP Makassar: Penumpang Kapal Pesiar Coral Adventure Bebas CoronaSalah seorang kru kapal Coral Adventure sedang diperiksa kesehatannya, Rabu (11/3). IDN Times/Dokumentasi KKP Makassar

Sirajuddin menjelaskan, kapal berbendera Australia itu akan bersandar di Pelabuhan Makassar pada pukul 08.30 WITA, Kamis (12/3) besok. Hal ini sesuai hasil keputusan Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar.

Meski begitu, kapal ini tidak akan bersandar terlalu lama. Mereka juga akan meninggalkan dermaga di hari yang sama untuk menuju ke Parepare, Sulawesi Selatan.

"Siang atau sore di hari dan tanggal yang sama akan meninggalkan pelabuhan Makassar menuju tujuan selanjutnya, antara 6 sampai dengan 9 jam saja di dermaga," katanya.

2. Melalui serangkaian proses pemeriksaan yang ketat

KKP Makassar: Penumpang Kapal Pesiar Coral Adventure Bebas CoronaTim KKP melaksanakan pemeriksaan/observasi terhadap penumpang maupun kru kapal Coral Adventure, Rabu (11/3). IDN Times/Dokumentasi KKP Makassar

Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar telah melaksanakan pemantauan dan pengawasan terhadap kedatangan kapal pesiar MV Coral Adventure Voy 002. Hal itu dilakukan terkait pencegahan dan antisipasi penyusupan wabah Covid-19.

Maka dari itu, petugas KKP Kelas I Makassar melakukan langkah-langkah seperti menyiapkan tim boarding yang terdiri dari dokter, perawat, epidemilog, admin, analis laboratorium dan tim kesehatan. Kemudian, menyiapkan peralatan Thermal Infrared Gun, Health Alert Card (HAC), boarding kit medis dan bahan desinfektan.

Kapal juga dipasangi isyarat karantina (bendera Q). Asesmen dokumen kesehatan kapal dari hasil pemeriksaan pelabuhan sebelumnya juga diperiksa. Seluruh kru dan penumpang kapal diberikan HAC. Terakhir, semua kru dan penumpang kapal menjalani pengukuran suhu tubuh dengan Thermal Infrared Gun dan tanda radang pada tenggorokan juga dilihat untuk menentukan ada tidaknya gejala dan tanda COVID-19.

Baca Juga: Penumpang Kapal Pesiar Diperiksa Sebelum Sandar di Makassar

3. Tidak ditemukan orang sakit di atas kapal pesiar

KKP Makassar: Penumpang Kapal Pesiar Coral Adventure Bebas CoronaTim KKP melaksanakan pemeriksaan/observasi terhadap penumpang maupun kru kapal Coral Adventure, Rabu (11/3). IDN Times/Dokumentasi KKP Makassar

Setelah para kru dan penumpang kapal menjalani serangkaian proses pemeriksaan, maka hasilnya tidak ditemukan adanya kru dan penumpang yang memiliki tanda atau gejala COVID-19.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, diketahui bahwa pemeriksaan suhu tubuh kru dan penumpang dalam batas normal, tidak ditemukan orang sakit, tidak ditemukan faktor risiko lingkungan, serta kapal diberikan izin karantina atau COP.

Baca Juga: Ditolak di Bulukumba, Kapal Pesiar Australia Berlayar ke Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya