HUT ke-75 RI, Rudy Ajak Warga Makassar Bersatu Lawan COVID-19 

Upacara pengibaran bendera merah putih digelar terbatas

Makassar, IDN Times - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia tingkat Kota Makassar tetap dilangsungkan, Senin (17/8/2020). Namun kali ini pelaksanaannya berbeda dari tahun-tahun lalu, mengingat masih di situasi pandemik COVID-19.

Di tahun-tahun sebelumnya, upacara pengibaran bendera merah putih selalu dilaksanakan di Lapangan Karebosi dengan meriah. Tahun ini upacara hanya dilaksanakan di lapangan Kantor Wali Kota Makassar dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Upacara hanya dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Makassar serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kota Makassar. Dalam kesempatan ini, Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin tetap bertindak sebagai inspektur upacara.

Baca Juga: Upacara HUT ke-75 RI di Istana saat Pandemik, Apa Saja Bedanya?

1. Upacara tetap berjalan khidmat meski terbatas

HUT ke-75 RI, Rudy Ajak Warga Makassar Bersatu Lawan COVID-19 Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin saat menjadi inspektur upacara di Lapangan Kantor Wali Kota, Senin (17/8/2020). Humas Pemkot Makassar

Meski digelar terbatas, kondisi ini tak mengahalangi suasana khidmat jalannya upacara. Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin pun merasa bersyukur karena peringatan HUT ke-75 RI masih bisa dilaksanakan meski di tengah pandemik COVID-19.

"Memang terjadi simplifikasi-simplifikasi di dalam pelaksanaannya. Tapi saya kita itu tidak mengurangi kekhidmatan dan substansi dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan kita," kata Rudy usai melaksanakan upacara.

2. Rudy ajak masyarakat bersatu lawan COVID-19

HUT ke-75 RI, Rudy Ajak Warga Makassar Bersatu Lawan COVID-19 Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin. IDN Times/Istimewa

Dalam sambutannya, Rudy yang membacakan sambutan seragam Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, meminta masyarakat, pemerintah beserta seluruh stakeholder untuk bahu-membahu dalam mengurangi potensi penularan COVID-19.

"Pandemi ini tidak hanya memberi dampak bagi dunia kesehatan, tetapi juga perekonomian dunia hingga daerah. Moment ini jadikan empati untuk bersatu padu menyatukan kekuatan," katanya membacakan sambutan.

3. COVID-19 jadi pelajaran soal pentingnya persatuan dan kesatuan

HUT ke-75 RI, Rudy Ajak Warga Makassar Bersatu Lawan COVID-19 Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia mengatakan pandemik COVID-19 menjadi pelajaran tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan sebagaimana yang telah diwariskan oleh para pahlawan bangsa. Peran serta dapat dilakukan dengan tidak menjadi bagian dalam penularan COVID-19, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Pemerintah tidak akan mungkin bisa menangani pandemi ini tanpa dukungan, partisipasi dan peran serta masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi dan rekan-rekan media," katanya.

Baca Juga: Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tampil Virtual di Upacara HUT 75 RI

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya