Diresmikan, Tol Layang Pettarani Makassar Masih Gratis

Tol layang diharapkan bisa mengurai kemacetan lalu lintas

Makassar, IDN Times - Tol layang di sepanjang Jalan AP Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan yang dibangun sejak April 2018 akhirnya beroperasi. Infrastruktur sepanjang 4,3 kilometer itu diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (18/3/2021).

Basuki, pada pidatonya, mengatakan penggunaan tol layang sedianya diresmikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun Presiden urung karena jadwal kunjungannya di Sulsel padat.

"Mohon maaf atas keterlambatan peresmian ini karena memang sudah lama direncanakan oleh beliau (presiden) sendiri untuk meresmikan. Tapi sekarang kami mewakili Bapak Presiden," kata Basuki.

Baca Juga: Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan Jokowi

1. Tol layang diharapkan jadi solusi kemacetan

Diresmikan, Tol Layang Pettarani Makassar Masih GratisJalan tol layang Pettarani di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Keberadaan ruas jalan tol layang ini diharapkan menjadi solusi kemacetan di Kota Makassar. Masyarakat yang datang dari arah Bandara Sultan Hasanuddin menuju arah Selatan Kota Makassar bisa menggunakan jalan ini.

Basuki mengakui bahwa pembangunan tol layang kerap menimbulkan kemacetan. Namun itu semua akan terbayarkan dengan rampungnya tol layang tersebut.

"Pada saat pembangunan pasti ada penderitaan, apakah debunya, kemacetannya tapi sekarang kalau sudah jadi pasti kenikmatan. Jadi memang di balik penderitaan pasti ada kenikmatan. Ini salah satu contoh," ujar Basuki.

2. Jalan tol bisa dimanfaatkan secara gratis

Diresmikan, Tol Layang Pettarani Makassar Masih GratisJalan tol layang Pettarani di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Basuki mengatakan jalan tol layang Pettarani bisa langsung dimanfaatkan setelah peresmian. Karena sebenarnya jalan ini sudah lama rampung tapi baru diresmikan saat ini. 

Jalan ini sudah rampung sejak Oktober 2020 lalu. Sejak saat itu, jalan ini sudah beberapa kali dijadwalkan akan diresmikan namun berkali-kali batal dan baru kesampaian sekarang.

"Jadi kita tidak ada sosialisasi, mungkin biasanya seminggu free lalu nanti dioperasikan dengan baik. Semuanya sudah ada SK-nya," kata Basuki.

3. Tarif mulai berlaku pada awal April 2021

Diresmikan, Tol Layang Pettarani Makassar Masih GratisJalan tol layang Pettarani di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Direktur Utama Makassar Metro Network selaku pengelola tol, Anwar Toha, mengatakan jalan tol layang AP Pettarani sudah bisa dimanfaatkan mulai malam ini secara gratis.

Anwar mengatakan pihaknya belum bisa memberlakukan tarif sebab SK terkait penyesuaian tarif untuk tol layang Pettarani belum dia terima. Tarif baru akan diberlakukan pada awal April 2021 nanti.

"Jadi sebentar malam ini adalah bagaimana menggratiskan dulu sampai kira-kira tanggal 2 April. Tanggal 3 sudah berlaku penyesuaian tarif baru. Itu kira-kira yang bisa kita lakukan," ujarnya.

Baca Juga: Warga Keluhkan Kemacetan Setiap Hari di Jalan Pettarani Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya