TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisatawan di Malino Membeludak, Pemda Wajibkan Suket Bebas COVID-19

Selain pengunjung, pengendara yang melintas juga diperiksa

Ilustrasi penyekatan kendaraan. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Makassar, IDN Times - Pemerintah kabupaten dan petugas Polres Gowa, Sulawesi Selatan, menerapkan aturan ketat bagi pengunjung objek wisata Malino. Wisatawan diwajibkan memiliki surat bebas COVID-19 jika hendak berlibur di kawasan sejuk itu.

"Polisi dan instansi terkait memeriksa identitas dan swab tes antigen yang berkunjung maupun melintas ke arah Malino," kata Kasubbag Humas Polres Gowa AKP M Tambunan, dalam keterangan tertulis yang diterima jurnalis, Sabtu (15/5/2021).

1. Pos pemeriksaan tepat di depan pintu gerbang masuk Malino

Ilustrasi. Suasana pelaksanaan hari pertama PSBB di Kabupaten Gowa, Senin (4/5). Humas Pemkab Gowa

Tambunan mengatakan, pos pemeriksaan telah didirikan tepat di depan pintu gerbang wilayah Kota Malino. Petugas akan memeriksa surat keterangan bebas COVID-19 bagi setiap pengendara dengan tujuan wisata maupun pelintas. Jika tidak memiliki suket, maka pengendara akan diminta putar balik.

"Intinya petugas mem-filter masyarakat yang berkunjung agar penyebaran COVID-19 tidak meluas," ungkap Tambunan.

Baca Juga: Menuju Zona Hijau COVID-19, Gowa Kian Gencar Sosialisasi Taat Prokes

2. Pengetatan pemeriksaan untuk mencegah penumpukan orang di objek wisata Malino

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto menambahkan, pengetatan pengunjung di kawasan objek wisata Malino, bertujuan agar tidak terjadi penumpukan. Menurutnya, banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu luang libur lebaran untuk berwisata ke Malino. 

Kata Budi, petugas kepolisian dan pemerintah setempat mulai menggelar pemeriksaan pengunjung pada Sabtu ini. "Langkah ini semata-mata untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Gowa dan membatasi jumlah pengunjung ke sana sekaligus," ungkap Budi dalam keterangan yang sama. 

Baca Juga: 5 Tujuan Wisata Malino yang Bikin Kamu Betah di Alam

Berita Terkini Lainnya