3 Tahanan Kabur Polsek Tallo Makassar Ditangkap di Morowali

Lima tahanan kabur, empat sudah ditangkap kembali

Makassar, IDN Times - Anggota Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar kembali menangkap tiga dari lima tahanan kabur dari Polsek Tallo. Tiga tahanan ditangkap petugas Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) di daerah Morowali, Sulawesi tengah.

"Iya, tiga orang (ditangkap) di Morowali. Sekarang anggota sudah balik (ke Makassar) bawa itu tahanan," kata Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Makassr AKBP Ridwan Hutagaol membenarkan, Sabtu (22/7/2023).

Lima tahanan kabur dari ruang tahanan Polsek Tallo, Selasa dini hari (18/7/2023). Mereka membobol besi teralis jendela dengan gergaji yang didapatkan dari petugas kebersihan.

Baca Juga: Kapolrestabes Makassar: 5 Tahanan Polsek Tallo Kabur, Bukan 3

1. Tahanan kabur dibawa kembali ke Makassar

3 Tahanan Kabur Polsek Tallo Makassar Ditangkap di MorowaliKasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan Hutagaol. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Ridwan mengaku belum mendapatkan keterangan lengkap dari anggota Jatanras di lapangan soal penangkapan. Termasuk juga identitas tiga tahanan tersebut.

"Saya lupa, tapi intinya ini tahanan sudah dalam perjalanan ke Makassar dan nanti kita infokan, ke Polrestabes baru ke Polsek Tallo," AKBP Ridwan menerangkan.

Sebelumnya satu dari lima tahanan kabur ditangkap di daerah Kandea, Kecamatan Bontoala, Makassar. Sehingga sejauh ini sudah empat tahanan kabur yang ditangkap kembali.

2. Provos Polrestabes periksa 12 anggota Polsek Tallo

3 Tahanan Kabur Polsek Tallo Makassar Ditangkap di MorowaliSituasi sel tahanan di Polsek Tallo Makassar/Istimewa

Provos Polrestabes Makassar memeriksa 12 polisi terkait kaburnya lima tahanan dari ruang tahanan Polsek Tallo, Selasa (18/7/2023). Para tahanan kabur usai menggergaji besi teralis jendela.

Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib mengatakan, polisi turut memeriksa saksi-saksi saat kejadian, termasuk Petugas Harian Lepas (PLH) kebersihan Polsek dan tahanan.

"Ada 16 orang yang sudah kita periksa, yaitu 12 anggota, kemudian juga ada tahanan, kemudian juga ada dua orang yang membersihkan kantor," kata Kapolrestabes di Makassar, Rabu malam (19/7/2023).

Kapolrestabes membantah pernyataan sebelumnya oleh Kapolsek Tallo AKP Ismail, yang menyebut tiga tahanan kabur. Kapolrestabes menyatakan tahanan kabur berjumlah lima. Para tahanan kabur usai menjebol teralis besi jendela.

Ngajib menerangkan, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui, para tahanan kabur usai bekerja sama dengan PLH kebersihan di Polsek Tallo. Gergaji yang digunakan memotong teralis besi didapatkan dari petugas kebersihan tersebut.

"Ia melarikan diri dengan cara memotong besi jendela, di belakang. Dengan cara dipotong, ada dua besi yang di potong, kemudian dia lompat melalui jendela tersebut. Dan kemudian, kita sudah dapatkan dari hasil pemeriksaan, gergaji yang dimiliki atau gergaji yang digunakan oleh tahanan tersebut, berasal dari dua orang yang melakukan pembersihan kantor," ujar Ngajib.

3. Polrestabes dalami dugaan keterlibatan anggota jaga

3 Tahanan Kabur Polsek Tallo Makassar Ditangkap di MorowaliKantor Polsek Tallo Makassar. (IDN Times/Dahrul Amri)

Ditanyai wartawan soal kemungkinan keterlibatan polisi membantu kaburnya tahanan, Kapolrestabes bilang masih diselidiki. "Kita sedang dalami, kita lakukan pemeriksaan terhadap anggota yang melaksanakan jaga, pada saat itu," kata Ngajib.

Kapolrestabes Makassar menyesalkan karena ini bukan kejadian pertama di Polsek Tallo. Padahal, pihaknya sudah sering mengingatkan petugas agar menjaga ketat tahanan. Apalagi di kantor tersebut sudah ada CCTV yang mengarah ke ruang tahanan.

"Hanya, memang pada saat kemarin, ya itu tadi, ada mereka bersama-sama dengan petugas harian lepas yang membersihkan kantor itu," dia menambahkan.

Baca Juga: Provos Periksa 12 Polisi usai Lima Tahanan Polsek Tallo Kabur

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya