Jemaah Haji Pulang, Keluarga dan Kerabat Menjemput Berkah

Saat penjemput jemaah haji menyemut di Asrama Haji Sudiang

Makassar, IDN Times - Suasana Asrama Haji Sudiang Makassar pada Jumat malam (21/7/2023) berbeda dari biasanya. Lautan manusia terlihat di kawasan asrama, seiring kedatangan rombongan jemaah haji kelompok terbang (kloter) 23 dari Arab Saudi.

Orang-orang yang menyemut merupakan keluarga dan kerabat penjemput jemaah kloter 23. Kloter ini memuat jemaah haji asal Kabupaten Takalar dan Gowa serta Kota Makassar.

Kermacetan panjang sudah mulai terlihat di jalan menuju asrama menjelang waktu salat magrib. Tak terbilang berapa banyak kendaraan roda empat yang mengantre memasuki pelataran parkir Asrama Haji Sudiang hingga tak muat lagi.

Tepat pukul 23.30 Wita, iring-iringan 10 unit bus Damri yang mengangkut jemaah dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin memasuki gerbang asrama haji Sudiang. Riburan orang yang datang menjemput mereka pun meluapkan suka cita sembari bertakbir dan melafalkan kalimat syukur.

“Ini sudah tradisi kami warga Takalar. Selain karena kerinduan ingin segera bertemu dengan keluarga yang baru tiba, kami juga ingat pesan orang tua tentang barakka'na (berkah) orang baru pulang dari tanah suci. Semoga kodong bisa tonga' naik haji,” ucap salah seorang penjemput saat ditanyai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar.

Baca Juga: Jemaah Kloter 21 Makassar Langsung Terima Sertifikat Haji

1. Pj. Bupati dan Ketua DPRD Takalar turut menjemput berkah

Jemaah Haji Pulang, Keluarga dan Kerabat Menjemput BerkahPenjemput jemaah haji menyemut di Asrama Haji Sudiang Makassar, Jumat malam (21/7/2023). (Dok. PPIH Debarkasi Makassar)

Pj. Bupati Takalar Setiawan Ahmad dan Ketua DPRD Darwis Sijaya sepertinya tak ingin melewatkan momentum penjemputan jemaah haji. Mereka hadir langsung menyambut jemaah asal daerahnya di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Kami datang bersama Ketua DPRD itu karena ungkapan kebahagian kami melihat bapak ibu haji telah tiba kembali dengan selamat,” ucap Pj Bupati Takalar Setiawan Ahmad dalam sambutannya di aula Arafah ketika menerima secara resmi kloter 23 ini dari PPIH Debarkasi Makassar, Jumat malam.

“Saya bilang sama pak Ketua (Ketua DPRD) kita harus datang menjemput barakka'na, makanya tadi kita jabat tangan jemaah sebanyanyak-banyaknya karena terus terang saya sama istri juga belum berhaji,” ujar dia menambabkan.

2. Jemaah diingatkan memberi manfaat kepada orang sekitar

Jemaah Haji Pulang, Keluarga dan Kerabat Menjemput BerkahIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dalam sambutan singkatnya, Setiawan Ahmad tak lupa berpesan kepada seluruh jemaah agar senantiasa menjaga kemuliaan predikat haji yang sudah disandang. Yaitu dengan melanjutkan di amalan-amalan dan ibadah yang pernah dilakukan di Tanah Suci.

“Kita sudah mengunjungi tempat yang penuh kemuliaan dan keberkahan di Tanah Suci. Tugas kita semua adalah menjaga kemuliaan itu, menjaga kemuliaan haji ta'. Apa yang sudah kita laksanakan di tanah suci kita lanjutkan di sini. Haji mabrur itu adalah semakin baik prilakuknya dan semakin banyak memberi manfaat, bukan hanya kepada keluarganya tapi juga kepada org banyak,” katanya.

3. Jemaah kloter 23 kembali dengan jumlah anggota utuh

Jemaah Haji Pulang, Keluarga dan Kerabat Menjemput BerkahJemaah haji Kloter 23 Debarkasi Makassar tiba di Tanah Air, Jumat malam (21/7/2023). (Dok. PPIH Debarkasi Makassar)

Kepala Bidang Penerimaan Jemaah Haji PPIH embarkasi-debarkasi Makassar Wahyuddin Hakim melaporkan bahwa kloter 23 berangkat dengan anggota 393 orang. Kloter ini kembali dengan jumlah anggota utuh.

"Malam-malam sebelumnya ada yang dirawat di RS dan ada yang meninggalkan kita selama-lamanya. Dan hingga kloter 23 ini jemaah haji debarkasi Makassar yang telah kembali ke tanah air sebanyak 9001 orang,” kata Wahyuddin.

Baca Juga: Asrama Haji Makassar Sediakan Jasa Make Up untuk Jemaah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya