TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tahanan Polsek di Makassar Ditemukan Meninggal dalam Sel

Ditemukan oleh rekan sesama tahanan

Ilustrasi garis polisi (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Makassar, IDN Times - Seorang tahanan di Polsek Wajo, wilayah Polres Pelabuhan Kota Makassar, ditemukan tewas di dalam sel. Peristiwa itu dikabarkan terjadi belum lama ini. Tahanan berinsial MA (27) ditemukan oleh rekan satu selnya.

Kapolres Pelabuhan, AKBP Muhammad Kadarislam mengatakan, kasus tahanan tewas terjadi pada Jumat, 1 Januari 2021 lalu. "Kejadiannya seminggu lalu," kata Kadarislam saat memberikan keterangan kepada jurnalis, Jumat (8/1/2021).

1. Tahanan dalam kasus narkoba

Petugas kepolisian mengevakuasi mayat tahanan yang tewas di dalam sel di Polsek Wajo/Polres Pelabuhan Makassar

Warga Kecamatan Tallo itu terlibat dalam kasus tindak pidana narkoba. Kata Kadarislam, MA ditahan sejak beberapa pekan lalu di Polsek Bontoala.

Peristiwa itu diketahui saat rekannya hendak beribadah pada Jumat subuh. Rekan MA lantas bergegas memanggil petugas yang berjaga. "Saat itu, tahanan mau salat subuh dan melihat dia tergantung," ungkap mantan Kapolres Bone ini.

2. Sempat dibawa ke RS Bhayangkara

Ilustrasi jenazah. IDN Times/Mardya Shakti

Petugas dan beberapa tahanan lain sempat membantu mengevakuasi MA. Usai diturunkan ke lantai, petugas memeriksa nadinya untuk memastikan kondisi pasti. Petugas kemudian membawa MA ke RS Bhayangkara. "Sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi dia tidak tertolong dan meninggal," ucap Kadarislam.

Kepolisia kemudian berkoordinasi dengan pihak keluarga MA agar mayatnya diambil dan dimakamkan dengan layak. Kadarislam bilang, sel tahanan saat itu langsung disterilkan. Pihaknya bahkan telah mengambil keterangan tahanan lain untuk mengetahui informasi pasti tewasnya MA.

Baca Juga: Cegah Corona, 1.712 Tahanan di Rutan Makassar Diberi Suplemen Vitamin 

3. Tahanan diduga depresi

Ilustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut kata Kadarislam, pihaknya telah menyelidiki kasus ini. Dia menduga MS mengalami tekanan hingga berbuat nekat. "Bunuh diri karena adanya tekanan psikologis. Tidak kuat hadapi masalah pribadinya," ungkap Kadarislam.

MA lanjut Kadarislam, bahkan sempat meminta maaf kepada beberapa rekannya di dalam tahanan beberapa jam sebelum ditemukan meninggal dunia.

Baca Juga: Sebelum Tewas Luka Tembak, Polisi di Selayar Sempat Cerita ke Tahanan

Berita Terkini Lainnya