TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polda Sulsel Jamin Keamanan Jelang Imlek 2020 di Makassar  

Lima hari jelang Imlek, polisi fokus pengamanan Pecinan

Pembersihan patung dewa-dewi di Klenteng Xian Ma Makassar. ANTARA FOTO / Darwin Fatir

Makassar, IDN Times - Jajaran Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menjamin keamanan pelaksanaan hari raya Imlek 2571 tahun 2020 khususnya di Makassar, berlangsung kondusif.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo mengungkapkan, mengintensifkan koordinasi dengan jajaran polres masing-masing daerah, untuk memperketat pengawasan dan pengamanan jelang hingga puncak perayaan Imlek nantinya.

"Sistem pengamanan diserahkan sama polres masing-masing termasuk kalau perkiraan persiapan personel tergantung dari perkiraan situasinya," kata Ibrahim Tompo, saat dikonfirmasi, Senin (20/1).

Menyoal kekuatan jumlah personel yang bakal diterjunkan, Polda juga menyerahkan semuanya kepada masing-masing polres. Polda kata Ibrahim, akan mem-backup dan berkoordinasi dalam persiapan teknis.

1. Polres Pelabuhan Makassar perketat pengawasan pengamanan kawasan Pecinan

IDN Times / Aan Pranata

Jajaran Polres Pelabuhan Makassar bertahap mulai melaksanakan pengamanan di sekitar kawasan Pecinan di Jalan Sulawesi, Kecamatan Wajo, Makassar jelang Imlek pada 25 Januari 2020. Pengamanan dibahas dalam pertemuan Analisis dan Evaluasi (Anev) internal Polres Pelabuhan, pagi tadi.

"Diminta untuk mendatakan giat-giat yang dilaksanakan warga Tionghoa menjelang hari raya Imlek 2571 tahun 2020," kata Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP M Kadarislam Kasim, dalam keterangan resmi yang diterima, sesaat lalu.

Kapolres juga mengingatkan agar jajarannya intens melaporkan seluruh perkembangan di lapangan jelang hingga puncak pelaksanaan ibadah nantinya. "Pelaksanaan tugas dan perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar," ujar Kadarislam.

Baca Juga: Jelang Imlek, Klenteng Xian Ma Makassar Mulai Bersolek

2. Personel pengamanan disebar di berbagai rumah ibadah saat Imlek

IDN Times / Aan Pranata

Belum ada kepastian jumlah total personel dalam pengaman perayaan Imlek ini. Jajaran Polres Pelabuhan Makassar masih akan melakukan evalusi lanjutan dalam waktu dekat ini. Personel nantinya akan disebar di berbagai rumah ibadah untuk memantau, mengamankan, dan melaporkan kondisi keamanan jelang hingga puncak pelaksanaan ibadah Imlek.

"Kepada anggota khususnya Bhabinkamtibmas agar lebih meningkatkan hubungan silaturahmi dengan warga masyarakat. Dengan jalinan yang erat antara Polri dan masyarakat maka kita akan lebih mudah dalam menyampaikan imbauan maupun pesan-pesan Kamtibmas," ujar Kadarislam.

Baca Juga: Hujan Saat Imlek Tak Selalu Dinanti, Ini Alasannya

Berita Terkini Lainnya