Ratusan Orang di Gowa Dikabarkan Keracunan usai Hadiri Pesta Nikahan

Sekitar 300 orang hadiri pesta di Gedung Adi Jaya Gowa

Makassar, IDN Times - Ratusan orang yang menghadiri acara pernikahan di Gedung Adi Jaya, Jalan Tumanurung Raya, Kabupaten Gowa, Selasa siang (18/7/2023), disebut keracunan makanan.

Hingga malam ini, puluhan orang tercatat sudah dirawat di Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Gowa, di Jalan Doktor Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu.

Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik RSUD Syekh Yusuf Gowa, dr Suryadi. "Sampai malam ini sudah 32 pasien, tidak tahu akan bertambah," kata dr Suryadi kepada wartawan.

1. Pasien muntah, diare dan sakit perut

Ratusan Orang di Gowa Dikabarkan Keracunan usai Hadiri Pesta Nikahanilustrasi keracunan makanan (pixabay.com/mohamed_hassan)

Terkait para pasien yang masuk sejak sore tadi, lanjut dr Suryadi, mereka mengalami muntah-muntah, pusing, diare, dan keluhan sakit perut.

"Rata-rata itu keluahannya, ada yang muntah-muntah, diare dan sakit perut. Mereka ini mengaku dari pesta dan respon yang kita lihat, makannya di siang hari dan keluhan 3 sampai 4 jam setelah itu," terangnya.

2. Tim Dinkes Gowa selidiki sampel makanan

Ratusan Orang di Gowa Dikabarkan Keracunan usai Hadiri Pesta Nikahanilustrasi makanan Indonesia (instagram.com/bellyculinary)

Suryadi menambahkan, tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gowa telah mengambil sampel makanan yang disajikan pada pesta yang digelar di gedung serbaguna Adi Jaya. Pengujian sampel untuk memastikan ada tidaknya kandungan zat beracun dalam makanan yang dikonsumsi para korban.

"Sudah ada tadi tim yang ke sana untuk kumpulkan sampel makanan yang dikonsumsi para pasien. Dikumpulkan datanya untuk kemudian diteliti lebih lanjut. Kalau kita untuk kedaduratan," jelas Suryadi.

Baca Juga: Pencuri Motor asal Makassar Ditembak Mati Polisi di Gowa

3. Dugaan racun beraksi setelah 4 jam

Ratusan Orang di Gowa Dikabarkan Keracunan usai Hadiri Pesta NikahanSilvana, salah satu PNS di Dinas BPKD Gowa yang diduga alami keracunan makanan. (Istimewa)

Salah satu pasien yang merupakan PNS di Dinas BPKD Gowa, Silvana mengaku, mengalami sakit perut setelah menghadiri acara nikahan temannya di gedung itu. Ada beberapa menu yang dia santap di sana.

"Ada ayam suwir tadi, sup sama parkadel. Saya sakit perut sama buang air besar (BAB), sudah 4 jam baru saya rasa itu. Sekarang perut masih sakit, mual juga," ujar Silvana kepada wartawan di RSUD Syekh Yusuf.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapatkan, kurang lebih ada 300 orang tamu undangan yang menghadiri acara nikahan yang berlangsung di gedung Adi Jaya pada pukul 12.00 Wita, siang tadi.

Dari informasi tersebut, sekitar pukul 15.00 Wita kurang lebih 21 tamu undangan yang hadir mulai mengalami gejala dan mereka dibawa ke RSUD Syekh Yusuf. 21 orang itu, 17 adalah PNS dan 4 warga Gowa.

Baca Juga: Polisi Temukan Belasan Tanaman Ganja di Vila Mewah Gowa 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya