TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Iduladha, Bupati Gowa: Distributor Jangan Timbun Barang Pokok!

Penimbunan barang bisa sebabkan kenaikan harga barang

Ilustrasi penjualan daging sapi dan daging kerbau. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Gowa, IDN Times -  Kenaikan harga tak bisa dihindari menjelang hari raya Iduladha. Namun, Pemerintah Kabupaten Gowa terus memantau sejumlah komoditas kebutuhan pokok jelang Iduladha yang jatuh Minggu (11/8). 

"Kami ingin memastikan semuanya aman dan terkendali, baik stok pangannya maupun harganya," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Gowa, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (10/8).

Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang Iduladha masih dianggap wajar jika tidak melebihi batas yang ditentukan. 

2. Jelang Iduladha, kenaikan harga barang pokok sebatas 10 persen dari biasanya masih dianggap wajar

IDN Times/Helmi Shemi

Sebelum mengirim tim ke pasar-pasar tradisional, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Gowa melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu. Menurut Adnan Purichta Ichsan, rapat ini merupakan agenda rutin yang dilakukan sekaligus mengecek kesiapan menjelang Iduladha.

Dia melanjutkan, kenaikan harga di level 10 persen masih dianggap wajar karena semua orang ingin berbelanja kebutuhan jelang Iduladha. "Namun jika sudah di atas 10 persen maka kita sudah harus lakukan pengendalian," jelasnya.

2. Distributor dilarang menimbun barang-barang kebutuhan pokok

IDN Times/Holy Kartika

Untuk mengendalikan harga, pihaknya juga sudah mengingatkan agar para distributor tidak menimbun sejumlah komoditas yang menjadi kebutuhan warga, khususnya menjelang Iduladha. 

Selain pengendalian harga, kata Adnan Purichta Ichsan, hal lain yang harus diperhatikan adalah kepastian stok dan jalur pendistribusian harus aman. 

"Kita harus memastikan bahwa stok aman menghadapi Iduladha, begitu juga dengan distribusi kita harus aman juga dengan cara harus berkoordinasi dengan pihak terkait," katanya.

Baca Juga: KPPU Minta Polisi Usut Kelangkaan Gas 3 Kg di Makassar  

Berita Terkini Lainnya