SPKLU di Kawasan Wisata Malino Dukung Green Tourism

Upaya PLN mendorong wisata ramah lingkungan

Makassar, IDN Times - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di kawasan wisata Malino, Kabupaten Gowa. SPKLU terletak di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Malino.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan, SPKLU dihadirkan untuk mendukung wisata ramah lingkungan atau green tourism. Di sisi lain sekaligus jadi upaya mempercepat ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle /EV) di kawasan wisata tersebut.

Baca Juga: Kembangkan SPKLU, Anak Usaha PLN Gandeng ABB

1. Upaya PLN mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik

SPKLU di Kawasan Wisata Malino Dukung Green Tourismstasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) (Dok. Kementerian ESDM)

Andy menjelaskan PLN berkomitmen untuk mendukung wisata ramah lingkungan dengan kendaraan bebas polusi. Pihaknya jug membantu mempercepat ekosistem kendaraan listrik di kawasan wisata Kota Bunga Malino, Kabupaten Gowa

"Bagi masyarakat yang ingin ke Malino menggunakan kendaraan listrik kini tidak perlu khawatir lagi, silahkan melakukan pengisian daya di SPKLU PLN ULP Malino," ungkap Andy dalam keterangan pers yang dikutip, Sabtu (5/8/2023).

2. Siap melayani kendaraan listrik mengisi daya

SPKLU di Kawasan Wisata Malino Dukung Green TourismIlustrasi SPKLU di Indonesia (IDN Times/Galih Persiana)

Andy mencatat, SPKLU PLN ULP Malino memiliki kapasitas daya 7,7 kiloWatt (kW). SPKLU itu siap beroperasi melayani kendaraan listrik yang ingin mengisi daya.

Dia optimistis hadirnya SPKLU di kawasan Wisata Kota Bunga Malino dapat mendukung masyarakat yang beralih menggunakan kendaraan listrik. Apalagi kata Andy, persentase Energi Baru Terbarukan (EBT) di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan sudah mencapai 41,6 persen.

3. Sudh delapan SPKLU di wilayah PLN UID Sulselrabar

SPKLU di Kawasan Wisata Malino Dukung Green Tourismpengisian daya untuk mobil listrik di SPKLU (dok. PLN)

Per Agustus 2023, PLN UID Sulselrabar sudah menyediakan delapan SPKLU. Sarana pengisian daya itu tersebar di berbagai wilayah, masing-masing di PLN ULP Mattoanging, PLN UP3 Makassar Selatan, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Makassar, PLN ULP Malino di Kabupaten Gowa. Berikutnya, PLN UP3 Parepare di Kota Parepare, PLN ULP Palopo di Kota Palopo, PLN ULP Kolaka di Kabupaten Kolaka dan PLN ULP Wuawua, di Kota Kendari

"Target dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar, akan ada 11 SPKLU yang terintegrasi di jalan trans Sulawesi sampai akhir tahun 2023. Oleh karena itu, PLN UID Sulselrabar akan menambah tiga fasilitas SPKLU lagi, yakni di Makassar, Sungguminasa dan Malili," kata Andy.

Baca Juga: Kendaraan Listrik Makin Masif, PLN Genjot Pembangunan SPKLU dan SPBKLU

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya