Polisi Gadungan Spesialis Pencuri Motor Ditangkap Resmob Polda Sulsel

Roby punya senjata mainan dan kartu pers

Makassar, IDN Times - Spesialis pencuri motor, Roby Mukab (34), warga Makassar yang setiap kali beraksi mengaku anggota Polri, ditangkap anggota Resmob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kabupaten Pinrang, Kamis subuh (3/8/2023).

Kepala Unit (Kanit) Resmob Poda Sulsel, Kompol Dharma Negara, mengatakan, Roby dibekuk di kamar kos Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Macorawalie, Kecamatan Watang Sawito, Kabupaten Pinrang, bersama dua motor curian.

"Kemarin sekitar pukul 04.00 Wita pelaku atas nama Roby ditangkap berdasarkan semilan LP (laporan polisi). Pelaku ini memang setiap kali beraksi mengaku sebagai anggota Polri," kata Dharma kepada IDN Times Sulsel, Jumat (4/8).

Roby diamankan berdasarkan 9 laporan kasus yang tersebar di wilayah hukum Polda Sulsel. Masing-masing, laporan yang ditangani Polres Gowa 5 kasus, Polres Takalar 1 kasus, Polres Pelabuhan Makassar 1 kasus , Polrestabes Makassar 1 kasus, dan Polda Sulsel 1 kasus.

1. Polisi beberkan cara Roby Mukab kelabui korban

Polisi Gadungan Spesialis Pencuri Motor Ditangkap Resmob Polda SulselSpesialis pencurian, Roby Mukab (34) warga Makassar yang mengaku sebagai anggota Polri. (Istimewa)

Berdasarkan laporan, Roby terakhir kali beraksi di sekitaran lapangan Syech Yusuf, Kabupaten Gowa, pada 2 Agustus 2023. Waktu itu, pelaku mengaku kepada korban bahwa dia adalah anggota Polri.

Modus pelaku, kata Kompol Dharma, dia mendatangi korban inisial AR dan saksi MF. Pelaku Roby meminta MF yang merupakan rekan AR untuk mengantarnya berkeliling Gowa, diduga seakan-akan mau menyelidiki kasus layaknya polisi.

"Jadi korban diminta tetap saja di lokasi lapangan itu, saat sampai di sebuah ruko kosong dan tempat sunyi, pelaku langsung menyuruh saksi untuk turun dan juga memaksa saksi serahkan ponselnya, setelah itu pelaku kabur," terang Dharma.

2. Pelaku selalu mengaku anggota Polri

Polisi Gadungan Spesialis Pencuri Motor Ditangkap Resmob Polda SulselPelaku pencurian dan 2 penadah barang curian saat diamankan di Posko Resmob Polda Sulsel. (Istimewa)

Dari hasil interogasi, Roby Mukab warga asal Jalan Cendrawasih, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, ini mengakui semua perbuatan yang dilakukannya. Pelaku sebutkan, setiap kali melakukan aksi pencurian selalu mengaku anggota Polri.

"Memang modus pelaku ini rata-rata seperti itu, menghentikan dan mengaku sebagai anggota Polri lalu meminta korbannya mengantarkan disuatu tempat lalu diambil paksa motor dan ponsel milik pelaku, seperti itu aksinya," beber Dharma.

"Pokoknya diinterogasi itu dia mengaku semua, beraksi di Takalar ambil ponsel anak sekolah dan mengaku sebagai anggota Polri, di Gowa juga seperti itu, wilayah Makassar juga kepada anak sekolah mengaku mau cek ponsel korban," lanjutnya.

Baca Juga: Udin Pelaku Begal di Makassar Ditangkap, Korbannya Lansia

3. Roby 2 kali residivis, punya senjata mainan dan kartu pers

Polisi Gadungan Spesialis Pencuri Motor Ditangkap Resmob Polda SulselBarang bukti yang diamankan polisi dari pelaku pencurian bernama Roby Mukab (34), ada senjata mainan dan kartu pers. (Istimewa)

Kompol Dharma menambahkan, dalam catatan hukum, Roby ternyata adalah residivis kasus pencurian dengan kekerasan (curas). Pasalnya, Roby Mukad dua kali menjalani penahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Makassar.

"Pelaku ini merupakan residivis kasus pencurian dengan kekerasan dan juga pencurian kendaraan bermotor di wilayah Makassar, dan dia mengaku sebagai anggota Polri. Dia menjalani hukuman di Lapas Makassar 2013 dan 2017," jelas Dharma.

Dalam pengungkapan kasus ini, tim Resmob Polda Sulsel juga mengamankan dua perempuan penadah barang curian, yaitu Resky dan Risna, warga Jalan Cendrawasih, Kota Makassar, bersama barang bukti yang dijual Roby kepada kedua penadah itu.

Barang bukti tersebut yakni, 4 unit motor metik milik para korban, koreka api bentuk senjata milik Roby, 4 unit handphone diduga hasil curian, STNK, serta KTP dan kartu Pers milik Roby Mukab. Barang bukti ini lalu diserhakna ke Polres Gowa.

Baca Juga: Prajurit TNI Gadungan di Makassar Ditangkap, Ternyata Sopir Truk

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya