Hitungan BMKG, Sore Ini Hilal Ramadan Sudah di Atas Ufuk

Penetapan 1 Ramadan menunggu sidang isbat Kementerian Agama

Makassar, IDN Times – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hilal sebagai penanda awal Ramadan 1442 Hijriah akan terlihat pada Kamis (23/4) sore nanti. Menurut perhitungan di Sulawesi Selatan, hilal akan positif atau berada di atas ufuk, sesaat setelah matahari terbenam.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Darmawan mengatakan, sore nanti akan digelar pengamatan hilal secara serentak. Hasilnya jadi rujukan untuk penetapan 1 Ramadan oleh Kementerian Agama.

“Semoga bisa kita lihat. Tetapi keputusan masuk 1 Ramadannya kita serahkan ke pemerintah, yaitu melalui sidang isbat pada malam hari ini,” kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Darmawan, lewat keterangan pers, Kamis.

Baca Juga: Kemenag Pantau Hilal Ramadan di 82 Titik, Ini Daftar Lokasinya

1. Hilal rata-rata terlihat pada ketingggian 3 derajat 12 menit

Hitungan BMKG, Sore Ini Hilal Ramadan Sudah di Atas UfukKepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan. Dok. IDN Times/Istimewa

Darmawan menjelaskan bahwa menurut hasil ijtima Kamis pagi, di Sulsel matahari akan terbenam pada pukul 17.59 Wita. Sedangkan hilal terbenam pukul 18.15 Wita. Menurut perhitungan, hilal akan berada di atas horizon, pada ketinggian rata-rata 3 derajat 12 menit. Hilal diperkirakan berada di atas ufuk selama 16 menit 34 detik.

Di Makassar, diperkirakan hilal berada di atas horizon pada ketinggian 3 derajat 20 menit. Sehingga disimpulkan bahwa hilal positif atau berada di atas ufuk.

“Kita akan berupaya melihat melalui pengamatan kami bekerja sama dengan Kementerian Agama. Semoga bisa kita lihat,” ucap Darmawan.

2. Pengamatan hilal digelar tertutup di tengah wabah COVID-19

Hitungan BMKG, Sore Ini Hilal Ramadan Sudah di Atas UfukIlustrasi kegiatan rukyatulhilal (Dok. RRI)

Darmawan mengungkapkan bahwa pengamatan hilal awal Ramadan di Sulsel tahun ini berbeda dengan biasanya. Pengamatan hilal akan digelar secara mandiri di atas atap Gedung BMKG Makassar, tidak dilakukan bersama Kanwil Agama Sulsel dan ormas Islam lainnya.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Makassar, yang sudah ditetapkan sebagai zona merah,” katanya.

Hasil pengamatan hilal akan dilaporkan kepada Kanwil kemenag Sulsel secara daring, untuk diteruskan kepada Kemenag di Jakarta. Bersama hasil pengamatan hilal di daerah lain, Kemenag lalu menetapkan tanggal 1 Ramadan lewat siding isbat.

3. Masyarakat bisa menyaksikan siaran langsung sidang isbat

Hitungan BMKG, Sore Ini Hilal Ramadan Sudah di Atas UfukIlustrasi pengamatan hilal (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kemenag akan menggelar sidang isbat awal Ramadan 1441 Hijriah pada Kamis malam nanti. Sidang digelar secara daring, dan akan disiarkan secara langsung. Masyarakat bisa menyaksikannya.

“Ini untuk menjaga physical distance pada masa darurat Covid-19 yang tengah kita hadapi bersama,” jelas Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, dikutip dari laman Kemenag.

Kamaruddin menjelaskan, ada tiga tahapan pelaksanaan sidang isbat. Diawali dengan paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kemenag pada pukul: 17.00-18.00 WIB, yang akan disiarkan secara langsung.

Setelah itu dilanjutkan dengan Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama dan dihadiri unsur MUI, DPR RI, serta Pejabat Kementerian Agama. “Seperti biasa, prosesi sidang ini akan berlangsung secara tertutup,” kata Kamaruddin. 

Terakhir, hasil sidang isbat akan diumumkan melalui Telekonferensi Pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1441H/2020M pada pukul: 19.05 WIB, yang akan disiarkan secara langsung. 

Siaran langsung bisa disaksikan lewat TVRI, YouTube Kemenag, serta akun resmi di Facebook, Instagram, atau laman https://live.kemenag.go.id/

Baca Juga: Begini Skenario Sidang Isbat Ramadan 1441 H saat Pandemik Virus Corona

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya