4 Fakta Kasus Video Guru dan Murid di Gorontalo: Empati pada Korban!

Kapolres Gorontalo harap netizen berempati pada korban

Intinya Sih...

  • Guru di Gorontalo ditetapkan sebagai tersangka karena diduga berhubungan badan dengan siswinya yang masih duduk di bangku kelas 12.
  • Kapolres Gorontalo mengungkap bahwa aksi bejat guru tersebut terjadi sejak Januari 2024, dengan motif menjalin hubungan asmara.
  • Siswi korban mengalami trauma berat dan rasa takut bertemu orang lain, sehingga Kapolres meminta netizen untuk tidak menghakimi korban dan keluarganya.

Makassar, IDN Times - Video dugaan hubungan badan antara seorang guru laki-laki dengan siswinya di Kabupaten Gorontalo, menyebar di media sosial hingga viral. Guru berinisial DH (57) telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Gorontalo.

Kapolres Gorontalo, AKBP Deddy Herman saat merilis kasus ini, Rabu (25/9/2024) mengatakan, DH telah ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman pasal berlapis.

Berikut sejumlah fakta terkait kasus video viral dugaan guru di Gorontalo manipulasi murid untuk berhubungan badan:

1. Guru inisial DH ditetapkan sebagai tersangka

4 Fakta Kasus Video Guru dan Murid di Gorontalo: Empati pada Korban!Ilustrasi pelecehan seksual. (IDN Times/Aditya Pratama)

Guru sekolah tingkat SMA di Gorontalo itu disebut berhubungan badan dengan siswinya yang kini duduk di bangku kelas 12.

Sejumlah saksi telah diperiksa oleh polisi untuk mendalami kasus ini."Terlapor (DV) sudah ditetapkan sebagai tersangka," ucap Kapolres Gorontalo, AKBP Deddy Herman dalam sesi jumpa pers di Gorontalo, Rabu (25/9/2024).

2. Aksi bejat sang guru terjadi berulang kali

4 Fakta Kasus Video Guru dan Murid di Gorontalo: Empati pada Korban!(IDN Times/Aditya Pratama)

Kapolres Gorontalo mengungkap , bahwa guru tersebut melancarkan aksi bejatnya kepada korban sejak Januari 2024. Hal itu diketahui berdasar keterangan dari korban dan delapan orang saksi yang diperiksa polisi.

"Modusnya tersangka sering kali memberikan bantuan dan perhatian lebih kepada korban, dalam hal ini kegiatan pembelajaran korban di sekolah hingga membuat korban pun merasa nyaman. Motif tersangka tersebut adalah menjalin hubungan asmara dengan korban," ucap Deddy.

3. Korban mengalami tekanan berat

4 Fakta Kasus Video Guru dan Murid di Gorontalo: Empati pada Korban!Ilustrasi kekerasan. (IDN Times/Nathan Manaloe)

Terkait kondisi korban, Deddy mengatakan siswi tersebut mengalami trauma berat dan rasa takut bertemu orang lain. Namun, saat ini, korban tengah mendapat pendampingan dari

"Ketakutan serta mengalami rasa malu akibat telah dilecehkan dengan cara disetubuhi hingga akhirnya kejadian tersebut menjadi viral," ujar Kapolres Gorontalo.

4. Minta masyarakat berempati pada kondisi korban

4 Fakta Kasus Video Guru dan Murid di Gorontalo: Empati pada Korban!Ilustrasi kekerasan (pixabay.com/RosZie)

Deddy pun meminta kepada masyarakat, khususnya pengguna media sosial untuk tidak menghakimi korban dan keluarganya. Dalam kasus ini, siswi tersebut merupakan korban yang diperdaya oleh pelaku.

"Jangan diperpanjang lagi, kasihan keluarga pihak terkait yang tidak bersalah kena imbasnya," kata Deddy kepada IDN Times, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga: Viral Video Asusila Guru dan Murid di Gorontalo, Korban Trauma Berat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya