TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mudik 2022, Pergerakan Kendaraan di Sulteng Diprediksi 500 Ribu Unit

Mayoritas pemudik Sulteng mengendaraisepeda motor

Pemudik turun dari KM Lambelu setibanya di Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (21/4/2022). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Makassar, IDN Times - Pergerakan transportasi pemudik di Sulawesi Tengah (Sulteng), pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H tahun 2022, diperkirakan mencapai 500 ribu kendaraan.

"Prediksi kami tahun ini kenaikan pada semua sektor transportasi meningkat 47 persen," kata Kepala Dinas Perhubungan Sulteng Sisliandi, Selasa (26/4/2022) dilansir ANTARA.

1. Mudik 2021 mencapai 400 ribu kendaraan

Pemudik turun dari KM Lambelu setibanya di Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (21/4/2022). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/foc.

Sisliandi menjelaskan, perkiraan jumlah pemudik itu merujuk pada tahun sebelumnya, yang sempat mencapai 400 ribu pergerakan kendaraan. Padahal, jumlah itu terjadi di tengah pembatasan mudik dengan skema aglomerasi oleh Pemprov Sulteng.

Pada masa mudik tahun 2022, kebijakan Pemerintah Pusat melonggarkan pergerakan masyarakat untuk bepergian berkumpul dengan keluarga di kampung, seiring melandainya COVID-19.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Sejumlah Jalan di Sulsel Rusak Parah

2. Pemeriksaan kesehatan sopir angkutan

Pemudik turun dari KM Lambelu setibanya di Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (21/4/2022). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/foc.

Pelonggaran aturan itu, menurut Sisliandi, turut memberikan dampak positif terhadap angkutan transportasi, sekaligus ikut membantu memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemik.

"Pemeriksaan kesehatan supir dilakukan masing-masing perusahaan, termasuk tes narkoba. Ini penting dilakukan karena menyangkut keselamatan penumpang," Sisliandi menerangkan.

Baca Juga: ASN Makassar Diingatkan Tidak Mudik Pakai Mobil Dinas

Berita Terkini Lainnya