TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bentrokan Warga Vs Mahasiswa UNM, Mobil Anggota Polda Sulsel Hancur

Demonstrasi mahasiswa menuntut pencabutan UU Cipta Kerja

Kaca mobil anggota Polda Sulsel hancur terkena lemparan batu saat bentrokan terjadi di sekitar kampus UNM Makassar, Kamis (6/4/2023). IDN Times/Dahrul Amri

Makassar, IDN Times - Dua unit mobil milik seorang polisi dan mahasiswi rusak akibat bentrokan antara warga dan mahasiswa, di depan kampus UNM di Jalan Pendidikan Raya, Kota Makassar, Kamis malam (6/4/2023).

Mobil Toyota Avanza milik Bripda M. Alief, anggota Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) dan mobil Toyota Agya putih milik seorang mahasiswi UNM, rusak pada bagian jendela depan, belakang, dan samping.

Bentrokan antar mahasiswa dan warga ini pecah setelah buka puasa pukul 18.25 Wita di Jalan AP Pettarani tepat depan kampus UNM hingga meluas ke Jalan Raya Pendidikan samping kampus tersebut.

Sebelum bentrokan itu pecah, mahasiswa UNM menggelar aksi menuntut agar UU tentang Cipta Kerja dicabut. Aksi unjuk rasa berlangsung dari pukul 16.10 Wita hingga pukul 18.05 Wita, tapi berselang beberapa menit bentrokan tersebut pun pecah.

1. Mobil mahasiswi UNM juga rusak

Kaca mobil mahasiswa hancur terkena lemparan batu saat bentrokan terjadi di sekitar kampus UNM Makassar, Kamis (6/4/2023). IDN Times/Dahrul Amri

Dua mobil yang rusak tersebut terparkir di Jalan Pendidikan Raya, di area bentrokan. Sementara kondisi mobil milik polisi, kaca jendelanya hancur pada sisi kanan, sama halnya juga kondisi mobil milik mahasiswi tersebut.

Kepada wartawan, Bripda Alief mengaku awalnya tidak menyadari mobilnya yang berusaha didorong keluar oleh warga.

"Saya kira mobilku aman, ternyata hancur terkena lemparan batu. Alhamdulillah tidak ada barang yang hilang, surat-surat masih ada di bangku belakang," ungkap Alief.

Sementara itu mahasiswi yang mobilnya rusak, hanya bisa terdiam saat mobilnya didorong keluar oleh pihak kepolisian dan warga dari lokasi bentrokan. Langkah kaki mahasiswa itu gemetar saat berjalan.

2. Polisi minta mahasiswa bubar

Situasi bentrokan mahasiswa UNM Makassar vs warga di Jl Pendidikan, Kamis (6/4/2023). IDN Times/Dahrul Amri

Pantauan IDN Times Sulsel di lokasi, pukul 21.45 Wita, pihak kepolisian yang dipimpin Kabag Ops Polrestabes Makassar AKBP Harminto, langsung melakukan penyisiran dan berusaha membubarkan mahasiswa yang masih bertahan di dalam kampus.

"Tolong itu anggota yang sudah di dalam (dekat UNM) untuk suruh itu mahasiswa untuk bubar, pulang. Kalau tidak kita sisir dan ambil (amankan)," kata Harminto yang perintahkan anggota via handy talky (HT).

Baca Juga: Demo Mahasiswa, Jalan Protokol Makassar Macet Parah jelang Buka Puasa

Berita Terkini Lainnya