TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Positif Hidup Minimalis, Jauh dari Stres

Hidup dengan barang secukupnya bikin hidup lebih bahagia

pexels.com/Zarak Khan

Minimalis adalah sebuah gaya hidup yang bertujuan meminimalisasi gangguan atau penghalang dalam melakukan hal lebih penting. Gaya hidup ini identik dengan barang-barang lebih sedikit, sesuai kebutuhan.

Sebagian orang menganggap hidup minimalis erat kaitannya dengan warna putih, hitam, atau cokelat muda. Hal ini tidak salah, karena sedikitnya warna, salah satunya juga bisa menjadikan kita lebih fokus dalam berbagai hal.

Seorang penulis dari Jepang, Fumio Sasaki, dalam bukunya berjudul "Goodbye, Things" mengungkapkan, hidupnya banyak berubah setelah menjalani kehidupan minimalis.Ia membuang begitu banyak barang di apartemennya dan menyisakan hal-hal penting dan dibutuhkan saja. Dia pun mendapati dirinya mengalami perubahan yang signifikan. 

Lalu, apa saja manfaat dari hidup minimalis? Mari kita simak 5 di antaranya.

Baca Juga: 7 Desain Kamar Tidur Minimalis Cocok Untuk Millennial

1. Lebih punya banyak waktu

pexels.com/Cats Coming

Dengan menjalani gaya hidup minimalis, seseorang tak akan terlalu disibukkan dengan merawat barang-barang yang ia miliki. Membereskan rumah, misalnya. Karena barang yang dimiliki sedikit, otomatis tak perlu lama-lama untuk membersihkannya. Begitu juga dengan mencuci baju atau memilih baju mana yang akan digunakan.

Saat belanja pun tak perlu berlama-lama. Kita hanya membutuhkan sedikit barang, lalu untuk apa membuang waktu?

2. Lebih hemat

pixabay.com/Robert Lens

Berapa uang yang kita habiskan untuk berbelanja pakaian dan peralatan rumah? Coba pikir-pikir dan hitung ulang sekarang.

Dengan menjalani hidup minimalis, kita bisa mengurangi belanja hal-hal yang tidak dibutuhkan. Berbeda dengan pelit, minimalis justru memfokuskan kita pada sesuatu yang betul-betul esensial.

3. Mengurangi stres

pexels.com/Radu Florin

Membandingkan diri dengan orang lain memang tak ada habisnya. Apalagi jika kita sering melihat orang-orang di media sosial.

Dengan prinsip hidup minimalis, kita tak akan tergoda dengan barang orang lain dan bisa menjalani hari tanpa beban untuk sama seperti orang lain.

4. Baik untuk lingkungan

pexles.com/PhotoMIX Company

Orang dengan gaya hidup minimalis biasanya lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Mungkin terlihat sedikit, tetapi biasanya barang tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga sampah atau limbah pun berkurang.

Selain bernilai positif untuk kehidupanmu, kamu bisa berkontribusi untuk menjaga lingkungan dengan kebiasaan minimalis.

Baca Juga: 9 Ide Desain Interior Ruang Tamu Minimalis, Bikin Tamu Nyaman

Writer

Hana Hanifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya