TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

[FOTO] Meriahnya Pembukaan dan Hari Pertama Makassar F8 2019

Festival parisiwata tahunan Kota Daeng kembali dihelat

Instagram.com/f8makassar

Makassar, IDN Times - Tepat pada Jumat (11/10) kemarin, Ramdhan "Danny" Pomanto menabuh gendang tanda dimulainya Makassar International Eight Festival and Forum 2019 edisi keempat. Berbeda dari tiga ajang sebelumnya, helatan pariwisata yang biasa disingkat Makassar F8 ini digelar di area Sunset Cove 8 Central Point of Indonesia (CPI), Jalan Metro Tanjung Bunga, tak jauh dari venue lama yakni Anjungan Pantai Losari.

Makassar F8 2019 pun bisa unik lantaran terselenggara berkat kerjasama dengan sejumlah sponsor swasta alih-alih kembali andalkan dana anggaran dari pemerintah. Tempat penyelenggaraan yang lebih luas pun otomatis akan menambah antusiasme masyarakat untuk hadir meramaikan. Selain itu festival ini sudah masuk dalam kalender resmi Kementerian Pariwisata, menambah reputasi Makassar F8 sebagai salah satu ajang yang wajib disinggahi para pelancong.

1. Sempat diragukan bakal dihelat tahun ini, festival internasional Makassar F8 kembali berlangsung. Jika edisi-edisi sebelumnya mengandalkan anggaran pemerintah, F8 2019 disponsori sepenuhnya oleh pihak swasta.

Instagram.com/f8makassar

2. Dalam pidato pembukaannya, mantan Wali Kota Makassar sekaligus inisiator festival pariwisata internasional ini yakni Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto menyampaikan tekadnya untuk terus menjaga dan mempertahankan F8.

Instagram.com/f8makassar

3. Dalam kesempatan yang sama, Tabzir selaku perwakilan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengapresiasi memuji pemilihan venue edisi 2019 dan konsep F8 yang melibatkan budayawan-seniman dari berbagai lini.

Instagram.com/f8makassar

Baca Juga: Resmi Dibuka, Makassar F8 Diharapkan Jadi Magnet Pariwisata

4. Puluhan anak-anak, dalam balutan busana tradisional Sulawesi Selatan, kompak menari tarian etnik diiringi tabuhan kendang. Sejak awal digagas, Makassar International Eight Festival & Forum 2019 memang sudah menjadi wadah budaya lokal Sulsel untuk unjuk diri.

Instagram.com/f8makassar

5. Sekelompok anak muda tengah dalam balutan busana passapu --kombinasi baju kantiu dan celana barocci--- melakukan formasi sulit dalam Tari Paraga, sebuah tari gabungan gerak dan kelihaian beratraksi sepak raga.

Instagram.com/f8makassar

6. Dalam pembukaan, turut ditampilkan pula tari tradisional masing-masing satu dari setiap pulau di Indonesia. Salah satunya adalah Bali, salah satu destinasi wisata utama yang sudah termahsyur sejak puluhan dekade silam.

Instagram.com/f8makassar

7. Selain itu, turut tampil pula tari tradisional dari Nusa Tenggara Timur. NTT sendiri mulai dilirik sebagai salah satu dari destinasi wisata alternatif Indonesia oleh para pelancong internasional.

Instagram.com/f8makassar

8. Kalimantan Timur, wilayah calon ibu kota baru tak ketinggalan memeriahkan suasana pembukaan. Banyak pihak berharap pemindahan pusat administrasi Indonesia bisa berimbas positif pada provinsi tersebut. Baik dari segi ekonomi, pembangunan hingga pariwisata.

Instagram.com/f8makassar

9. Penyanyi solo asal Jepang yang sudah lama berdomisili di Jakarta, Hiroaki Kato, mendendangkan delapan lagu berbahasa Jepang dan Indonesia. "Senang rasanya merasakan kuliner Makassar untuk pertama kali," ujarnya di atas panggung.

Instagram.com/f8makassar

Baca Juga: Festival Makassar F8 Jadi Ajang Kampanye Bijak Menggunakan Plastik

Berita Terkini Lainnya