Comscore Tracker

5 Makanan Ini Bantu Tidur Lebih Lelap, Perlu Konsumsi Rutin!

Tidur lelap membuat tubuh mendapat istirahat secara maksimal

Tidur nyenyak jelas bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Tidur yang baik akan membantu menurunkan risiko berbagai penyakit dengan menjaga kesehatan otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jumlah tidur yang ideal per malam adalah tujuh hingga sembilan jam. Namun, bagi sebagian orang, mungkin lebih sulit untuk mencapainya.

Mereka yang merasa sulit untuk mencapai hal ini perlu didorong untuk meningkatkan kualitas tidurnya. Meski bukan jaminan, mengonsumsi makanan bergizi dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

Dilansir metro, berikut ini 5 makanan yang bisa membantumu tidur lebih nyenyak, menurut pakar kesehatan Birpal Virdee.

Baca Juga: 7 Tips Bikin Tempat Tidur Tidak Berderit, Tidur jadi Nyenyak

1. Buah kiwi

5 Makanan Ini Bantu Tidur Lebih Lelap, Perlu Konsumsi Rutin!Ilustrasi buah kiwi (Pexels.com/Any LLane)

Buah kiwi menyediakan berbagai unsur, termasuk vitamin dan mineral. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan usus, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol.

Namun, selain kelebihan tersebut, kiwi memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena kiwi mengandung serotonin dan antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas tidur jika dikonsumsi sebelum tidur.

2. Buah alpukat

5 Makanan Ini Bantu Tidur Lebih Lelap, Perlu Konsumsi Rutin!ilustrasi buah alpukat sebagai makanan tinggi serat (Pexels.com/Daria)

Alpukat adalah buah yang mengandung berbagai macam nutrisi. Alpukat adalah 'makanan super' dengan banyak manfaat kesehatan.

Kandungan magnesium pada alpukat dapat membantu merilekskan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan potasium, yang dapat meningkatkan produktivitas dan membantu kalian tidur nyenyak tanpa gangguan.

3. Makanan kaya vitamin C

5 Makanan Ini Bantu Tidur Lebih Lelap, Perlu Konsumsi Rutin!Ilustrasi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin c (Pexels.com/Lucas)

Vitamin C dikenal dengan berbagai manfaat lain selain untuk pemeliharaan sistem kekebalan tubuh.

Menurut pakar kesehatan Birpal, vitamin C juga berguna untuk mendorong kesehatan kulit, meningkatkan fungsi kognitif, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, dan baru-baru ini ditemukan membantu orang tidur lebih nyenyak.

Lebih lanjut, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C tingkat tinggi tidur lebih baik daripada mereka yang tidak.

4. Ikan

5 Makanan Ini Bantu Tidur Lebih Lelap, Perlu Konsumsi Rutin!Ilustrasi ikan (Pexels.com/Oziel Gomez)

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang juga bermanfaat untuk kualitas tidur. Menurut Birpal, makan ikan berlemak tinggi asam lemak omega-3, seperti makarel, ikan teri, atau salmon, akan membantu kalian tertidur lebih cepat dan meningkatkan efisiensi tubuh secara keseluruhan.

Ikan berlemak juga memiliki keunggulan tambahan. Alhasil, mengonsumsi ikan sebagai lauk dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang.

5. Biji-bijian

5 Makanan Ini Bantu Tidur Lebih Lelap, Perlu Konsumsi Rutin!Ilustrasi biji-bijian (Pexels.com/Mike)

Kacang mengandung magnesium, yang dapat membantu Kalian tidur lebih nyenyak. Almond, walnut, dan pistachio termasuk mineral penting seperti melatonin, magnesium, dan seng, yang diperlukan untuk berbagai aktivitas tubuh.

Kacang ini juga akan membuat kalian lelah di malam hari. Ini menunjukkan bahwa makan kacang sebelum tidur dapat membantu orang tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

Beberapa orang mungkin mengalami yang namanya Insomnia. Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur. Jika kalian mengalami hal tersebut, konsumsilah makanan-makanan di atas agar dapat membantumu mudah tidur atau membuat tidurmu menjadi lelap.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur, Badan Jadi Sehat dan Tidur Berkualitas

Kizaru Photo Community Writer Kizaru

Hello

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya