Comscore Tracker

Nyeruput Meski Sibuk, Ini 6 Kedai Kopi Take Away Hits di Makassar

Apa kamu pernah menyambangi salah satunya?

Ngopi tiap pagi sebelum beraktivitas sudah jadi kebiasaan banyak orang, termasuk anak muda. Jam kerja pagi pun gak menghalangi rutinitas tersebut. Karena itu, banyak yang menyempatkan diri singgah ke kedai kopi, membeli secangkir untuk dibawa ke tempat kerja.

Demi menjawab kebutuhan konsumen, di Makassar sendiri sudah banyak kedai kopi mungil berkonsep "take away." Meski begitu, mereka juga nyediain tempat duduk di area semi terbuka dan dalam ruangan yang sudah disediakan.

Jadi gak cuma datang atau datang-minum-pergi, pembeli juga bisa ngaso sebentar untuk membuang penat. Jadi pembeli bisa singgah kapan pun yang dia mau, bahkan ketika pulang kerja.

Nah, berikut IDN Times menyusun daftar pendek kedai kopi "take away" di seantero Makassar pilihan kami. Semua memiliki keunikan, baik dari minuman racikan hingga desain bangunannya. Yuk disimak!

1. Kopi Ogud

Nyeruput Meski Sibuk, Ini 6 Kedai Kopi Take Away Hits di MakassarSuasana Kopi Ogud, salah satu kedai kopi berkonsep "take away" di Kota Makassar. (Instagram.com/kopiogud)

Alamat :

  • Jl. Letjen Hertasning No. 33 (Lantai 1 D&M Building), Kel. Pandang, Kec. Panakkukang
  • Blok BG/1 (Samping SMPN 12 Makassar), Perumahan Dosen Unhas, Kec. Tamalanrea

Membuka daftar pendek ini adalah Kopi Ogud yang mulai beroperasi pada September 2019. Outlet pertama mereka berada di Jl. Bontolempangan. Masuk 2020, mereka membuka cabang di kawasan elit Jl. Hertasning dan Perumahan Dosen Unhas Tamalanrea yang tenang.

Mereka punya beberapa minuman andalan para langganan. Antara lain Kopi Susu Krimi (espresso yang dicampur tiga jenis susu), Kopi Susu Sederhana (kopi susu aren), Kopi Susu Salted Caramel dan Lotus Biscoff Latte. Dari kategori non-kopi terdapat Rich Chocovaltine, Susu Cincau Brown Sugar, Matcha Latte, dan masih banyak lagi.

Harga menunya berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp28 ribu, dijamin cocok di kantong kamu. Seluruh cabang Kopi Ogud buka setiap hari, mulai pukul 9.00 hingga 23.00 WITA.

2. Pitstop Coffee

Nyeruput Meski Sibuk, Ini 6 Kedai Kopi Take Away Hits di MakassarSuasana Pitstop Coffee, salah satu kedai kopi berkonsep "take away" di Kota Makassar. (Dok. Didit Palisuri - Instagram.com/diditpalisuri)

Alamat : Jl. Sungai Saddang No. 68 (Samping RSIA Elim), Kel. Maricayya Baru, Kec. Makassar

Kata "pitstop" memang identik dengan tempat penghentian sementara para pembalap dalam sebuah lomba, entah untuk isi bensin atau ganti ban. Nah, konsep "singgah sebentar" juga dipakai oleh Pitstop Coffee yang baru beroperasi Mei 2021 silam.

Mereka punya beberapa suguhan andalan. Seperti Ice Gulare Kopi Susu, Ice Kopi Putu Tongka, Ice Kopi Gercep serta Ice Kopi Pandan. Untuk non-kopi ada Biscoff Lotus Boba, Mango Iced Yakult, Milo Dino Frosty, Mixed Chocolate Ice dan lain-lain.

Bagi yang memilih nongkrong, Pitstop Coffee menyajikan beberapa temn ngemil enak. Seperti macaroni cheese, donat, barongko, panada, katirisala dan puding.

Kisaran harganya sendiri antara Rp19 ribu hingga Rp30 ribu, tergantung ukuran minuman yang kamu pesan. Oh iya, Pitstop Coffee buka setiap hari mulai pukul 6.00 sampai 22.00 WITA.

3. Kopi Cure

Nyeruput Meski Sibuk, Ini 6 Kedai Kopi Take Away Hits di MakassarSuasana Kopi Cure, salah satu kedai kopi berkonsep "take away" di Kota Makassar. (Instagram.com/kopicure.id)

Alamat : Jl. Pandang Raya No. 7 , Kel. Pandang, Kec. Panakkukang

Berada dalam kawasan budget hotels, Kopi Cure kerap disinggahi tamu-tamu atau pelancong yang menginap di sekitar area tersebut. Beroperasi sejak November 2019, kedai kopi ini punya dua area pengunjung. Ada yang semi terbuka di dekat bar, serta lantai atas untuk kamu yang ingin nongkrong dengan pemandangan lebih luas.

Beberapa minuman laris berasal dari kategori kopi dan non-kopi. Antara lain Ice Vanilla Regal, Kopi Gula Aren, Susu Gula Aren, White Brew, Iced Mocha, Ice Coffee Chill dan Es Kopi Pandan.

Sebagai tambahan info, Kopi Cure buka setiap hari. Mulai dari pukul 9.00 hingga 00.00 WITA. Jadi kalau kamu sedang di dekat area Mall Panakkukang dan sekitarnya, kedai kopi ini layak kamu jajal.

4. Sewindu Coffee

Nyeruput Meski Sibuk, Ini 6 Kedai Kopi Take Away Hits di MakassarSuasana Sewindu Coffee, salah satu kedai kopi berkonsep "take away" di Kota Makassar. (Instagram.com/sewindu.mks)

Alamat : Jl. Tamalate 1 No. 16, Kel. Tidung, Kec. Rappocini

Beroperasi pada April 2021, Sewindu Coffee termasuk Instagramable. Mereka menerapkan desain minimalis dengan sentuhan alami, ditambah dominasi warna putih pada tembok area pengunjung yang semi terbuka. Berada di kawasan sekitar kampus, gak heran kalau tempat ini sering ditongkrongi mahasiswa.

Menu andalannya antara lain Kopi Pink, Kopi Pandan, Kopi Mowka, Lemon Tea, Coffee Latte, Cokelat Sewindu dan masih banyak lagi. Beberpa bisa disajikan dalam keadaan panas atau dingin, sesuai selera.

Soal harga, menu Sewindu Coffee gak berat di kantong loh. Antara Rp12 ribu hingga Rp20 ribu. Mereka buka setiap harinya, mulai pukul 8.00 sampai 00.00 WITA.

5. Timur Kopi

Nyeruput Meski Sibuk, Ini 6 Kedai Kopi Take Away Hits di MakassarSuasana Timur Kopi, salah satu kedai kopi berkonsep "take away" di Kota Makassar. (Instagram.com/timur.kopi)

Alamat : Jl. Lamaddukelleng No. 76, Kel. Losari, Kec. Ujung Pandang

Bagi kamu yang tinggal atau bekerja di sekitar Pantai Losari, pasti sudah gak asing dengan Timur Kopi. Ciri khas mereka adakah desain bangunan yang mengingatkan pada kafetaria sederhana ada Eropa. Suasana pedestrian kental gak menghalangi anak-anak muda bersantai menikmati malam. Rntah bareng pacar, sohib atau malah keluarga.

Nah, Timur Kopi punya beberapa sajian khas. Ada Es Kopi Timur, Es Kopi Coklat, Es Kopi Salted Caramel, Vanilla Latte, Monochrome Latte, Banana Latte dan lain-lain. Gak cuma itu, mereka juga kerap meluncurkan menu spesial yang muncul di momen tertentu.

Seluruh harga menu di Timur Kopi berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp25 ribu. Mereka buka setiap hati, dari pukul 8.00 hingga 22.00 WITA.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong dan Kafe Millennials di Parepare, Layak Kamu Jajal!

6. Espresso Chill

Nyeruput Meski Sibuk, Ini 6 Kedai Kopi Take Away Hits di MakassarSuasana Epresso Chill, salah satu kedai kopi berkonsep "take away" di Kota Makassar. (Instagram.com/espressochill.id)

Alamat : Area Rooftop Nipah Mall, Jl. Urip Sumoharjo No. 23C, Kel. Panaikang, Kec. Panakkukang

Kedai kopi "take away" dalam mall? Kenapa tidak? Lihat saja Espresso Chill yang berada di area rooftop Nipah Mall. Semakin unik lantaran bar dan tempat barista meracik minuman berupa mobil Volkswagen T1 yang bisa dipanggil VW kombi.

Beroperasi sejak Juni 2020, menu mereka terbilang variatif dan kaya rasa. Sebut saja Creamy Coffee, Choco-Pandan, Strawberry Lime Coffee Mocktail, Sunday Orange Coffee Mocktail, dan lain-lain.

Jika sedang berkunjung di Nipah Mall, nongkrong di area rooftop sambil menikmati kopi buatan Espresso Chill bisa kamu coba. Jam operasional mereka mengikuti Nipah Mall, yakni Senin-Minggu pukul 9.00 sampai 22.00 WITA.

Nah, itu tadi enam kedai kopi "take away" di seantero Makassar pilihan kami. Apa kamu pernah menyambangi salah satunya? Atau malah sudah menjajal semuanya?

Baca Juga: 4 Rekomendasi Cafe Romantis di Makassar Buat Kencan Malam Minggu

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya