Comscore Tracker

HUT ke-13, Santika Makassar Klaim Jadi Pilihan Pertama Hotel Bintang 3

Optimistis mampu menghadapi ketatnya persaingan

Makassar, IDN Times - Hotel Santika Makassar merupakan salah satu hotel dalam jaringan Santika Indonesia Hotels & Resorts yang dikelola PT Grahawita Santika. Hotel ini tengah merayakan hari jadi ke-13 tahun. 

Perayaan bertajuk "13th Anniversary Be Awesome" digelar di Balla Lompoa Room Hotel Santika Makassar, Minggu (19/1). Acara ulang tahun diisi dengan sejumlah kegiatan menarik. Mulai dari penampilan spesial dari masing-masing departemen hingga pembagian door prize

1. Hotel Santika bertekad jadi luar biasa di usia ke-13 tahun

HUT ke-13, Santika Makassar Klaim Jadi Pilihan Pertama Hotel Bintang 3Ulang tahun ke-13 Hotel Santika Makassar, Minggu (19/1). IDN Times/Asrhawi Muin.

Dalam kesempatan itu, General Manager Hotel Santika Makassar Yuli Priono mengatakan bahwa ulang tahun ke-13 ini tidak hanya sebagai peringatan hari jadi saja, tetapi juga sebagai momentum untuk memberikan hiburan kepada karyawan.

Dia menyebukan, tema ulang tahun yang dipilih Hotel Santika Makassar disusun oleh para karyawan. Sebab tahun 2020 ini mereka bertekad untuk menjadi lebih luar biasa daripada tahun-tahun sebelumnya sebagaimana tema yang diusung.

"Tahun 2020 ini kita bertekad menjadi luar biasa dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Semangat para karyawan ini yang membuat kita (manajemen) jadi mendukung semua lebih baik lagi," ucapnya saat ditemui di sela-sela acara.

Yuli mengatakan, Hotel Santika Makassar akan tampil lebih baik, mulai dari penampilan luar seperti kamar dan makanan, hingga peningkatan kualitas pelayanan seperti resepsionis dan housekeeping.

"Pokoknya tahun ini kita memulai tampil all out," ucapnya.

2. Kehadiran kompetitor dianggap sebagai penyemangat

HUT ke-13, Santika Makassar Klaim Jadi Pilihan Pertama Hotel Bintang 3Ulang tahun ke-13 Hotel Santika Makassar, Minggu (19/1). IDN Times/Asrhawi Muin.

Yuli juga menceritakan bahwa ada banyak sekali tantangan yang dihadapi Hotel Santika Makassar selama ini. Salah satu yang paling terlihat adalah ketatnya persaingan dalam industri perhotelan.

Menurutnya kehadiran kompetitor yang kian bertumbuh, tetap akan menjadi tantangan di tahun-tahun selanjutnya. Meski begitu, Yuli mengaku tak ingin pesimis, sebab, Hotel Santika dinilainya sudah memiliki modal untuk menjadi lebih baik dari yang lain.

"Kita mempunyai produk dan pelayanan yang baik. Dengan ulang tahun ke-13 ini, kita bertekad lebih baik lagi, lebih maju lagi. Kita sudah menjadi pilihan pertama hotel bintang 3 di Makassar. Dan itu akan kita pertahankan di tahun-tahun selanjutnya," ucap Yuli.

Permintaan pesanan kamar hotel yang kadang fluktuatif, juga dinilai Yuli wajar, utamanya setelah lebaran dan tahun baru di mana hotel mengalami low occupancy. Kendati begitu, ia mempunyai tim yang ditugaskan untuk memantau kondisi industri perhotelan. 

"Nah kita menyesuaikan, baik itu harga atau promo-promo. Kita ada tim yang mempersiapkan. Jadi kita juga mempersiapkan pasukan-pasukan intelijen kita untuk tahu bagaimana harga kompetitor di sana. Kita antisipasi itu," katanya.

Baca Juga: Liburan Tahun Baru di Toraja? Ini 9 Hotel Rekomendasi untuk Kamu

3. Pertahankan tiga besar segmen pasar hotel bintang tiga

HUT ke-13, Santika Makassar Klaim Jadi Pilihan Pertama Hotel Bintang 3Hotel Santika Makassar/Booking.com

Yuli juga menyebutkan selama ini Hotel Santika Makassar mengandalkan tiga besar segmen pasar. Ketiga segmen pasar itu adalah corporate, online travel agent, dan pemerintahan yang dinilai masih cukup baik untuk melakukan kerja sama. 

"Yang 3 besar ini yang kita pertahankan dan kita tingkatkan," kata Yuli.

Hotel Santika Makassar juga mengklaim telah banyak berkontribusi terhadap kehidupan sosial masyarakat melalui program CSR. Menurut Yuli, kontribusi itu antara lain adalah berbagi ke panti asuhan, panti jompo, hingga ke tempat-tempat ibadah. 

"Harapan kita sih di usia ke-13 ini bisa lebih bermanfaat bagi seluruh stakeholder, baik karyawan, tamu hotel maupun masyarakat," kata Yuli.

Baca Juga: 5 Spot Terbaik Menikmati Sunset di Makassar, Mana Favorit Kamu? 

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya