Comscore Tracker

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenang

Keindahan alamnya dijamin menenangkan pikiran #LokalIDN 

Sulawesi Selatan tak henti-henti menawarkan sejuta pesona keindahan dalam bidang pariwisata. Di ujung selatan, terletak kabupaten kepulauan Selayar yang saat ini jadi primadona wisata di Sulsel.

Eksotisme Pulau Selayar tak kalah jauh dengan destinasi kelas dunia. Keindahan alamnya yang damai dan tenang dijamin bisa jadi pilihan tepat untuk healing.

Saat ini kabupaten kepulauan ini sedang bersiap menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) karena pasona destinasi pariwisatanya. Penasaran seperti apa tempat wisata yang membuat Selayar mampu bersaing di level dunia? Keep scroll!

1. Taman Nasional Taka Bonerate 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/hendripan

Dikelilingi 15 pulau eksotis, kawasan taman nasional Taka Bonerate ini merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 kilometer persegi.

Kawasan ini merupakan surganya para pecinta diving dan snorkeling. Letaknya berada di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: 7 Lokasi Wisata Instagramable di Selayar, Pas buat Selfie!

2. Bukit Nene Pollasi 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/sukajalan69

Ingin menikmati pemandangan laut dari ketinggian seperti yang ada di luar negeri? Tak perlu jauh-jauh lagi. Kini suasana tersebut sudah bisa dirasakan di Bukit Nene Pollasi Pulau Selayar.

Sekilas, pemandanganya seperti berada di New Zealand. Pesonanya menyuguhkan pemandangan warna laut hijau toska ditambah langit biru. Objek ini terletak di Pulau Polassi, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

3. Pantai Ngapalohe 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/the_ard10

Pantai ini menyerupai sebuah laguna telaga biru. Dua buah teluk kecil tampak dari atas menyerupai huruf W. Selain pantai, objek ini menawarkan alternatif menyelam untuk menikmati pemandangan batu karang di dasar laut.

Lokasinya sendiri berada di Desa Bonea Timur, Kecamatan Bontomanai, Kebupaten Kepulauan Selayar.

4. Pantai Liang Kareta 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/sidiqsaputra_

Pesona pasir putih yang ditawarkan sepanjang pantai ini sungguh menakjubkan. Air laut berwarna degradasi biru kehijauan menambah daya pikatnya. Namun tetap saja, Snorkeling dan Diving menjadi daya tarik utamanya. Terdapat juga area pemancingan sebagai alternatif.

Lokasinya berada di Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

5. Pantai Batu Karapu 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/dhea_dinda

Pasir putih di sepanjang pantai dan tebing disertai tumbuhan menjadi pemandangan apik objek ini. Menyaksikan matahari terbenam pun tak kalah menariknya.

Keunggulannya, pantai ini memiliki batu berlubang mengarah ke laut, tampak seperti Durdle Door yang ada di Inggris. Lokasinya berada di Tongke-Tongke, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

6. Pantai Pa'badilang 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/kantinova

Topografi pantai ini berbentuk tanjung dengan area berpasir putih. Tempat ini cocok bagi yang sekedar ingin menikmati pemandangan dan bersantai.

Lokasinya di Bongaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar.

7. Pantai Baloiya 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/asritntbr

Jika di Bali ada Tanah Lot, di Selayar ada Pantai Baloiya yang menyuguhkan panorama serupa. Daya tarik utamanya ada pada hamparan batu di tengah pantai. Keren untuk sebuah spot berfoto.

Fishing, swimming, snorkeling, diving, hingga sunbathing merupakan paket yang ditawarkan objek ini. Lokasinya ada di Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

8. Pantai Pinang 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/agung_gandi23

Eksotisnya pasir putih yang ada di pantai Pinang ini tak jauh beda dengan pantai lainnya di Selayar. Pembeda ada pada area perbukitan yang tepat berada di belakang pantai ini. Diving dan berenang menikmati karang dengan ikan kecil warna-warni jadi daya pikatnya.

Lokasi berada pada bagian Timur Pulau Selayar, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

9. Pulau Bahuluang 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/dierdirhamsyah

Area spot diving dan snorkeling tebaik yang di Selayar. Selain itu keindahan pantai juga tak kalah menarik untuk dinikmati di objek wisata ini.

Lokasi di Bahuluang Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

10. Pantai dan Goa Balojaha 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/indrasutamaa

Keunggulan pantai ini adalah pasir putihnya yang halus bak tepung. Tak jauh sebuah goa dengan pemandangan  indah bisa dijumpai. Berenang atau untuk spot berfoto bisa dilakukan.

Lokasinya di Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

11. Pantai Sumingi’ 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/explore.worlds

Pasir putih ditambah deretan pohon kepala mengarah ke laut dengan air jernih kebiruan menjadi magnet tersendiri dari pantai Sumingi' bagi wisatawan.

Lokasi berada di Mekar Indah, Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar.

12. Batu Lohe Selayar 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/nurcayanaibaho

Tempat yang satu ini memang kurang populer, padahal objek ini menawarkan berbagai kisah histori dan sejarah Kepulauan Selayar pada ratusan tahun lalu. Terdapat juga pahatan beraksara Mandarin yang kokoh hingga sekarang. Spot ini menjadi ladang berfoto bagi wisatawan yang berkunjung

Lokasi di Balang Butung, Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar.

13. Kampung Tua Bitombang 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/taufiq_syahban

Terkenal dengan konstruksi rumah zaman dahulu dengan tiang kayu setinggi belasan meter. Perkampungan ini menyimpan banyak sejarah yang dapat memperkaya wawasan.

Lokasi di Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

14. Mangrove Matalalang 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/selayarparadise

Puaskan menjelajah hamparan bakau di hutan Mangrove ini. Banyak di buru wisatawan di objek ini adalah pemandangan langit berwarna jingga jelang matahari terbenam jika beruntung.

Lokasinya berada di Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

15. Bukit Pusera 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/desyafitri013

Menikmati keindahan laut Kepulauan Selayar dari ketinggian juga bisa dirasakan di tempat ini. Selain menawarkan panorama laut yang indah, cuaca sejuk jadi pemikat tersendiri tempat ini apalagi saat malam hari, pemandangannya menawarkan keindahan dua kali lipat. Cocok bagi pencinta camping.

Lokasinya di Taipapada, Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.

16. Museum Tanadoang 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/hilmarfarid

Sejarah lengkap tentang kabupaten kepulauan ini bisa kamu dapatkan di museum ini. Berbagai macam benda kuno seperti koleksi keramik masa lampau, miniatur kapal Pinisi, miniatur rumah adat, pakaian adat, mata uang, hingga senjata kerajaan terpajang di museum ini.

Lokasi berada di Bontobangung, Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

17. Opu Karajeng 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/qhiina

Tebing setinggi satu sampai dua meter yang mengarah ke bibir pantai disuguhkan tempat ini. Daya tarik Opu Karajeng adalah pemandangan sunsetnya. Aktivitas Hiking dan Jogging ramai di tempat ini saat pagi dan sore hari.

Lokasi di Barat Lambongan, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar.

18. Air Terjun Jammeng 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/try_suryadi

Selain pesona destinasi baharinya, kabupaten Selayar juga memiliki destinasi wisata alam yang keren. Air terjun Jammeng atau biasa disebut Ohe Gonggong salah satunya. Air terjun ini bermuara ke pantai timur Kepulauan Selayar. Air mengalir dari hulu ke hilir melewati tujuh tingkatan.

Lokasinya bisa ditemukan di Timoro, Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

19. Air Terjun Punagaang 

19 Tempat Wisata Healing di Selayar, Damai dan Tenanginstagram.com/m_reus88

Objek ini belum terlalu dikenal wisatawan namun jangan salah, air terjun yang satu ini menawarkan pemandangan menakjubkan. Aliran air di tempat ini sangat jernih belum lagi pemandangan lereng-lereng pengunungan hijau menambah daya tariknya.

Lokasinya di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Nah, itu dia deretan tempat wisata keren yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar, semoga bisa menjadi referensi jika kamu ada niat berlibur di Sulawesi Selatan. Tertarik? Segeralah meluncur!

Baca Juga: 5 Penganan Khas yang Sebaiknya Kamu Cicipi saat ke Selayar

Arnas Amdas Photo Community Writer Arnas Amdas

Menulis Fakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya