Comscore Tracker

Melancong dan Melepas Penat, Ini 4 Destinasi Wisata Alam di Parepare

Menikmati kesegaran di kota kelahiran Presiden BJ Habibie

Berstatus kota ketiga terbesar di Sulawesi Selatan, Parepare belakangan mulai mencuat sebagai destinasi wisata. Terlebih Kota Madani selama ini dikenal oleh khalayak luas sebagai kota kelahiran mendiang Presiden BJ Habibie.

Memang luasnya cuma 99,33 kilometer persegi, tetapi banyak banget obyek wisata bernuansa alam yang bisa kamu kunjungi. Melepas rasa penat dari hiruk pikuk kota dengan melancong tempat-tempat ini gak kalah menariknya, kok. Berikut IDN Times memilik empat di antaranya.

1. Gunung Nepo

Melancong dan Melepas Penat, Ini 4 Destinasi Wisata Alam di ParepareGunung Nepo, salah satu obyek wisata alam yang berada di kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Dok. Ervin Rivaldi - Instagram.com/ervinrivaldi)

Sebagai pembuka daftar ini adalah Gunung Nepo. Salah satu tempat pendakian favorit di Sulsel ini terletak di Kelurahan Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Barru dan Sidenreng Rappang (Sidrap). Waktu tempuhnya sekitar 30 sampai 40 menit dari Parepare (sekitar 11 kilometer).

Memiliki ketinggian 1.000 meter dari atas permukaan laut, Gunung Nepo juga biasa menjadi tempat berkemah. Panorama perbukitan hijau dan udara segar siap menyambut para pengunjung. Suasana sunrise dan sunset-nya juga gak kalah keren. Tetapi jangan lupa, siapkan fisik dan bekal yang cukup selama mendaki.

2. Air Terjun Tompangnge

Melancong dan Melepas Penat, Ini 4 Destinasi Wisata Alam di ParepareAir Terjun Tompangnge, salah satu obyek wisata alam yang berada di kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Facebook.com/Kurniadi Bahnar Tiro Garisi)

Masih berada di wilayah Bacukiki, namun Air Terjun Tompangnge ini berada di Kelurahan Lemo'e. Jaraknya sekitar 10 kilometer arah tenggara Parepare, atau 45 menit perjalanan. Susunan batu-batu menjulang berpadu dengan rimbun pepohonan di sekeliling area air terjun. Cocok banget buat kamu yang ingin menyegarkan pikiran.

Sekadar mandi di bawah guyuran? Boleh banget. Pemandangan alam di Air Terjun Tompangnge ini juga sayang kalau gak diabadikan lewat foto. Oh iya, akses jalan menuju tempat ini cukup terjal dan harus berjalan kaki selama 3 jam setelah tiba di desa terdekat. Tetapi, rasa capek dijamin hilang ketika tiba. Worth it!

3. Kebun Raya Jompie

Melancong dan Melepas Penat, Ini 4 Destinasi Wisata Alam di ParepareInstagram.com/bg.raull

Gak pengin perjalanan jauh tapi udah ngebet bersentuhan dengan alam? Kebun Raya Jompie ini bisa jadi solusinya. Letaknya pun dekat Parepare, cuma berjarak 2,5 kilimeter dari pusat kota. Area wisata alam seluas 13,5 hektare ini terletak di Jl. Industri Kecil, Kel. Bukit Harapan, Kec. Soreang.

Dengan tema koleksi Tumbuhan Pesisir Kawasan Wallacea (Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara), mereka punya 90 jenis tanaman tropis sudah langka. Suasana asri membuat Kebun Raya Jompie pun cocok dikunjungi bareng keluarga, teman-teman dan bahkan pacar. Pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa spot selfie keren.

Baca Juga: 5 Hutan Pinus di Kabupaten Gowa yang Cocok buat Kemah Akhir Pekan

4. Goa Tompangnge

Melancong dan Melepas Penat, Ini 4 Destinasi Wisata Alam di ParepareGua Tompongnge, salah satu obyek wisata alam yang berada di kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Dok. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare)

Hanya berjarak sekitar 500 meter dari Air Terjun Tompangnge terdapat Gua Tompangnge, gua stalaktit dan stalagmit yang menjadi tempat tinggal ribuan kelelawar. Gua ini sendiri terbentuk dari bertemunya pecahan badan bukit dan aliran air.

Begitu melalui pintu masuk yang sempit, kamu bakal disuguhkan perjalanan menelusuri lorong gua dengan luas bervariasi. Dijamin cocok buat kamu yang hobi bertualang. Tapi ingat, bawa serta teman dan pemandu saat ingin menelusuri Gua Tompangnge, ya!

Tertarik mendatangi salah satunya? Segera mi ki datangi. Tapi ingat, tetap patuhi protokol kesehatan, ya.

Baca Juga: Melancong Tanpa Ribet, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Kota Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya