Comscore Tracker

5 Oleh-oleh Khas yang Bisa Kamu Bawa Pulang dari Parepare

Yang paling ikonik tentu roti mantao!

Artikel oleh Raisah Zakiah

Makassar, IDN Times - Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dikenal sebagai daerah yang sarat sejarah. Banyak peristiwa historis yang pernah terjadi di sana.

Namun di balik itu, Parepare juga menyimpan beragam kekayaan budaya. Misalnya beragam menu kuliner khas yang lezat. Beberapa di antaranya layak dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke sana. 

Kira-kira apa aja sih oleh-oleh yang lekat dengan kota Parepare? Yuk kita bahas!

Baca Juga: Melancong dan Melepas Penat, Ini 4 Destinasi Wisata Alam di Parepare

1. Roti mantau

5 Oleh-oleh Khas yang Bisa Kamu Bawa Pulang dari ParepareInstagram.com/pondokmantau

Kalau ke Parepare, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi menu khas satu ini. Jajanan asal Tiongkok yang sudah lama jadi ikon kuliner Parepare. Roti mantao tersohor karena rasanya yang unik.

Jika lazimnya roti yang dibeli langsung dimakan, mantao mesti digoreng dulu. Setelah itu warnanya yang putih pucat berubah jadi kecokelatan. Digemari karena empuk, garing, gurih, dan seenak itu!

2. Roti berre

5 Oleh-oleh Khas yang Bisa Kamu Bawa Pulang dari ParepareInstagram.com/beppa_beppa

Berre' dalam bahasa bugis berarti beras. Sesuai namanya, penanganan satu ini berupa roti berbahan beras. Bentuknya bulat dengan satu sisi mengembang. Roti berre cocok jadi kudapan saat bersantai. Rasanya manis dan aromanya khas.

Kue ini dibikin dari tepung beras dan pisang. Cara membuatnya pun masih tradisional, yakni memakai wajan dan penutup dari tanah liat.

3. Kacipo

Kacipo merupakan camilan tradisional yang bisa ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan oleh-oleh. Sekilas bentuknya mirip onde-onde wijen kacang hijau, tapi teksturnya lebih keras. Di dalamnya juga tidak ada isian.

Kacipo memiliki cita rasa yang renyah dan gurih. Rasanya merupakan perpaduan antara gurihnya wijen dan manisnya gula. Camilan ini biasanya dijadikan oleh-oleh oleh wisatawan karena harganya relatif murah.

4. Baje canggoreng

https://www.youtube.com/embed/_wv08IFz_kI

Jangan melewatkan makanan khas satu ini. Baje Canggoreng merupakan kue tradisional yang berbahan dasar kacang tanah dan gula merah.

Cemilan ini memiliki perpaduan cita rasa yang gurih dan manis. Baje Canggoreng juga merupakan salah satu oleh-oleh ikonik yang worth to buy karena harganya pun terjangkau

5. Tenun khas Bugis

5 Oleh-oleh Khas yang Bisa Kamu Bawa Pulang dari Parepareinstagram.com/dunia_sutera_sengkang

Yang terakhir ini bukan makanan, melainkan busana. Tenun khas Bugis termasuk salah satu yang bisa kamu bawa pulang dari Parepare. Kain yang ditenun secara tradisional oleh para pengrajin ini motifnya sangat menarik dan unik. Bahan yang digunakan pun beragam, mulai dari katun hingga sutra.

Oleh-oleh ini merupakan salah satu buah tangan yang worth to buy karena dapat dimanfaatkan lagi sebagai peluang bisnis pakaian di berbagai daerah.

Baca Juga: 5 Kuliner Hits di TikTok yang Cocok buat Ngemil di Rumah

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya