Comscore Tracker

Ulang Tahun ke-104, PSM Makassar Fokus Benahi Infrastruktur Tim 

Munafri ingin lakukan evaluasi internal tim

Makassar, IDN Times - PSM Makassar baru saja merayakan ulang tahun ke-104 pada 2 November 2019. Peringatan kelahiran tim sepak bola tertua di Tanah Air berlangsung sederhana di kandang mereka, Stadion Mattoanging, Kota Makassar, Senin (4/11) petang. 

Pesta itu dihadiri perangkat manajemen, jajaran tim kepelatihan, seluruh pemain hingga sejumlah kelompok suporter. Pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun, menjadi bagian dari prosesi peringatan seabad lebih tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur ini. 

"Sebagai tim yang sudah cukup tua, 104 tahun ini bukan usaha yang mudah untuk membangun klub sepakbola," kata CEO PSM Munafri Arifuddin kepada wartawan setelah acara perayaan HUT PSM.

1. Munafri beberkan harapan untuk PSM

Ulang Tahun ke-104, PSM Makassar Fokus Benahi Infrastruktur Tim Sahrul Ramadan/IDN Times

Munafri mengungkapkan harapan besar untuk PSM Makassar. Katanya, sebagai salah satu klub tertua di Indonesia, PSM berupaya untuk terus berbenah agar prestasi-prestasi yang belum sempat terwujud pada kesempatan sebelumnya, mampu diraih pada tahun-tahun mendatang.

Salah satu yang paling sederhana disebutkan Munafri adalah, perbaikan infrastruktur tim hingga menghasilkan bibit pemain muda berkualitas yang lahir dari latar belakang atau didikan PSM. 

"PSM hari ini harus mampu memberikan yang terbaik, menata ulang seperti apa klub menuju ke profesionalitas yang lebih baik. Tentu dengan menghadirkan infrastruktur, baik latihan maupun pertandingan dan tentu meningkatkan kualitas dan kemampuan baik secara individu pemain, maupun dari sistem pengkaderan," ungkapnya. 

2. Target untuk memperbaiki posisi di klasemen kompetisi Liga 1 2019

Ulang Tahun ke-104, PSM Makassar Fokus Benahi Infrastruktur Tim PSSI.org

Harapan lain yang tak kalah pentingnya menurut Munafri adalah, evaluasi untuk memperbaiki posisi PSM pada tangga klasemen kompetisi Liga 1 2019. Mengingat saat ini, Juku Eja masih bertengger di peringkat ke-9 dengan modal 33 poin. 

"Dan kita sangat berharap mudah-mudahan di tahun ini di sisa pertandingan kita bisa masih berada di papan atas untuk menyelesaikan seluruh pertandingan untuk mempersiapkan segala sesuatunya di musim depan," imbuh lelaki yang akrab disapa Appi ini. 

Baca Juga: Parade Jersey PSM Makassar dari Masa ke Masa (1)

3. Perayaan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya

Ulang Tahun ke-104, PSM Makassar Fokus Benahi Infrastruktur Tim ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Peringatan ulang tahun PSM pada 2019 ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2016 lalu, puncak peringatan digelar meriah di Lapangan Karebosi. Saat itu, dilakukan pelepasan ratusan balon ke udara, sorak sorai suporter hingga pawai menjadi penanda tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu memasuki usia ke-101 tahun.

Kemeriahan berlanjut di tahun 2018. Di ultah ke-102 saat itu, digelar manajemen PSM di Trans Studio Mall Makassar. Serupa dengan agenda acara sebelumnya, kemeriahan dihadiri sejumlah kelompok suporter. Panggung acara dipadati jajaran manajemen dan tim kepelatihan dan seluruh pemain. Sorak sorai mars PSM dan doa bersama menjadi rangkaian penutup meriahnya pesta saat itu. 

Baca Juga: Mengenang Ali Baba, Bek Tangguh PSM Penyandang Gelar Doktor Ekonomi

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You