Preview PSM Vs Persipura: Buru Kemenangan demi Kado Ultah ke-103

Bidik tiga poin untuk menjaga asa juara

PSM Makassar baru saja merayakan hari jadi ke-103 pada Jumat (2/11) kemarin. Ada kebanggaan menjadi klub tertua dalam skena sepak bola Indonesia. Sama seperti ulang tahun pada umumnya, pesta takkan lengkap tanpa hadiah. Poin penuh di kandang sendiri wajib jadi persembahan yang diidam-idamkan publik Makassar.

Namun Pasukan Ramang musti lewati hadangan Persipura untuk meraih kemenangan. Meski saat ini tertahan di peringkat 9 dengan koleksi 38 poin, mereka tetaplah sebuah tim bermaterikan pemain sarat pengalaman. Sayangnya, dua musim terakhir mereka jarang wara-wiri di papan atas.

1. Hadapi sang tamu, PSM tidak bisa menurunkan skuat terbaik

Preview PSM Vs Persipura: Buru Kemenangan demi Kado Ultah ke-103Instagram.com/psm_makassar

Target kemenangan tak hanya diincar sebagai persembahan, jarak antara PSM dengan Persija si runner-up wajib diperlebar demi menjaga kans finis sebagai kampiun musim 2018. Seperti yang kerap tertulis di linimasa pendukung Juku Eja, rasa rindu akan gelar juara sudah tak tertanggungkan.

Dilansir laman Liga-Indonesia.id, Robert Rene Alberts selaku pelatih kepala berpendapat jika pasukannya bakal menjamu tim yang sedang alami proses regenerasi. Tongkat estafet perlahan mulai diserahkan ke tangan darah-darah muda. Bagi pria berpaspor Belanda tersebut, transisi jadi salah satu penyebab performa naik-turun Persipura.

Meski pantang memandang remeh, PSM tidak dalam kondisi terbaik. Si tembok kokoh Steven Paulle harus absen akibat akumulasi kartu kuning. Sedang Ferdinand Sinaga diragukan turun sebagai starter usai menerima cedera dalam sesi latihan. Meneer Robert kemungkinan memasang Ardan Aras sebagai tandem untuk Abdul Rahman di pos palang pintu.

Baca Juga: Laju Dihentikan Madura United, Pelatih PSM: Kami Main di Bawah Level

2. Oswaldo Lessa, pelatih Persipura, siapkan pemain muda untuk mengisi starter

Preview PSM Vs Persipura: Buru Kemenangan demi Kado Ultah ke-103Instagram.com/persipurapapua1963

Dari kubu Persipura, Oswaldo Lessa sebagai peracik taktik masih dipusingkan dengan perkara cedera. Kendati Boaz Solossa dan Imanuel Wanggai masuk dalam rombongan yang bertolak ke ibukota Sulawesi Selatan, keduanya diragukan bisa bermain sejak menit awal. Alhasil duet wonderkid Todd Rivaldo Ferre dan Gunansar Mandowen disiapkan sebagai pengganti.

"Kami sudah siap untuk pertandingan besok. Hasil melawan Persebaya jadi salah satu modal menghadapi PSM. Hanya ada satu pemain yang tidak bisa bermain yakni Ian Louis Kabes. Tapi para pemain sudah sangat siap, apalagi mereka sudah tahu jika tekanan tinggi bakal dihadapi," tuturnya dalam sesi jumpa pers pada Sabtu (3/11) siang, seperti yang terlihat dalam unggahan kanal YouTube persipurapapua 1963.

3. Ketika bersua di Stadion Mandala pada putaran pertama, kedua tim harus puas dengan hasil imbang

Preview PSM Vs Persipura: Buru Kemenangan demi Kado Ultah ke-103Liga-Indonesia.id

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan:

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Abdul Rahman Sulaeman, Ardan Aras, Reva Adi Utama; Wiljan Pluim, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Saldy Amiruddin, Guy Junior, Muhammad Rachmat

Persipura (4-3-3)

Dede Sulaiman; Yustinus Pae, Marcio Rozario, Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun; Gunansar Mandowen, Muhammad Tahir, Todd Rivaldo Ferre; Prisca Womsiwor, Hilton Moreira, Ronaldo Wanma

Catatan lima pertemuan terakhir:

04/06/2018 Persipura 1-1 PSM (Liga 1)

27/09/2017 Persipura 0-0 PSM (Liga 1)

03/06/2017 PSM 5-1 Persipura (Liga 1)

18/12/2016 Persipura 4-2 PSM (ISC)

28/08/2016 PSM 0-0 Persipura (ISC)

Baca Juga: Ditekuk Persipura, Pelatih Persebaya Sebut Kebugaran Jadi Masalah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Achmad Hidayat Alsair di IDN Times Community dengan judul Preview PSM Vs Persipura: Kado Ulang Tahun Itu Bernama Kemenangan

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya