TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tanpa Klub, Tim Mana Saja Peminat Asnawi Mangkualam?

Banyak yang meyakini Asnawi masih akan berkarier di Korsel

Bek Asnawi Mangkualam dalam sesi latihan Timnas Indonesia di Doha, Qatar, 8 Januari 2024. (Dok. PSSI.org)

Makassar, IDN Times - Seperti diketahui, Asnawi Mangkualam kini berstatus tanpa klub. Jeonnam Dragons mengumumkan bahwa bek kelahiran Makassar tersebut tak mendapat perpanjangan kontrak pada 2 Januari 2024 lalu. Meski begitu, ia sedang fokus dalam tugas negara bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar.

Bersama Jeonnam, Asnawi catatkan 27 penampilan di seluruh ajang resmi yaki K League 2 dan Korean FA Cup. Ia turut menyumbang sepasang asis selama satu musim berseragam kuning hitam khas Jeonnam Dragons.

Berstatus free agent membuat Asnawi kini menjadi incaran dalam bursa transfer Januari. Tak cuma tim-tim Korea Selatan saja, tapi juga ada dari Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ini IDN Times membahasnya secara singkat untuk pembaca.

Baca Juga: Tentang Asnawi Mangkualam dan Piala Asia Perdananya

1. FC Seoul, tim ibu kota di Liga Korea Selatan

Para pemain FC Seoul dalam salah satu pertandingan K League 1 musim 2023. (Instagram.com/fcseoul)

Menjadi kandidat terdepan dalam perburuan Asnawi adalah klub K-League 1 alias divisi teratas Korea Selatan yakni FC Seoul. Klub ibu kota yang kini dilatih oleh Kim Gi-dong ini musim lalu finis di peringkat 7 klasemen. Mereka sedang memburu posisi papan atas lantaran sebab selalu menghuni papan tengah sejak tahun 2020.

Tim yang dua kali menjadi runner-up Liga Champions Asia tersebut baru mengonfirmasi satu legiun asing yakni Willyan. Musim lalu mereka tampil dengan enam pemain pemain asing yakni winger Willyan, duo penyerang Bjorn Maars Johnsen dan Stanislav Iljutcenko, gelandang serang Alexandar Palocevic, gelandang bertahan Osmar yang baru saja terdepak dan winger Timnas Suriah yakni Hosam Aiesh. 

2. Suwon FC, nyaris degradasi ke kasta kedua

Para pemain Suwon FC dalam salah satu pertandingan K League 1 musim 2023. (Instagram.com/suwonfc)

Selanjutnya ada Suwon FC, tim yang nyaris degradasi dari K League 1 musim lalu lantaran finis di peringkat 11. Saat itu, mereka hanya sanggup menang 8 kali dari 38 pertandingan. Hanya mengantongi 33 poin, Suwon FC juga jadi tim dengan pertahanan terburuk lantaran kebobolan 76 gol. Beruntung, mereka menang dengan agregat 4-6 melawan runner-up K League 2 2023 yakni Busan IPark.

Masuknya Asnawi diharap memberi tenaga ekstra di sektor belakang Suwon FC, setelah diobrak-abrik tanpa ampun sepanjang musim 2023. Di bursa transfer awal musim, Suwon FC melakukan perombakan besar-besar termasuk mendepak manajer. Sejauh ini mereka baru memastikan jasa dua pemain asing yakni striker Josepablo Monreal dan bek tengah Lachlan Jackson asal Australia.

Berita Terkini Lainnya