Gagal Manfaatkan Peluang, PSM Tumbang di Tangan Arema FC

Juku Eja dibekuk Singo Edan dengan skor 0-1

Intinya Sih...

  • PSM Makassar kalah 0-1 dari Arema FC di pekan kelima BRI Liga 1 2024/25.
  • Tak ada Yuran Fernandes di susunan pemain utama PSM, sementara Arema menurunkan nyaris seluruh stok pemain Brasil mereka.
  • Pertandingan penuh peluang dengan tempo tinggi, namun Arema mampu memecah kebuntuan pada menit ke-53 melalui Dalberto.

Makassar, IDN Times - Catatan mentereng PSM Makassar yang tak pernah kalah akhirnya terhenti di pekan kelima BRI Liga 1 2024/25. Mereka dibekuk Arema FC dengan skor tipis 0-1 saat saling jajal di Stadion Batakan Balikpapan, Minggu sore (15/9/2024). Padahal, Akbar Tanjung dan kawan-kawan memiliki banyak peluang yang harusnya menjadi gol.

Susunan Pemain

Tak ada nama Yuran Fernandes di daftar pemain utama PSM. Tidak ada penjelasan tentang penyebab bek asal Cape Verde tersebut harus absen. Victor Luiz kemudian diplot sebagai bek tengah sebagai tandem Aloisio Soares.

Sementara itu, Arema menurunkan nyaris seluruh stok pemain Brasil mereka sejak menit pertama. Mulai dari kiper Lucas Frigeri, bek Thales Lira, gelandang Wiliam Marcilio, serta penyerang Dalberto yang mendampingi Charles Lokolingoy di lini depan.

Jalannya Pertandingan

Sejak menit-menit awal, kedua tim langsung menunjukkan permainan ofensif. Adilson da Silva dari PSM mencoba peruntungannya dengan tembakan tak lama setelah kick off. Dua menit berselang, giliran pemain Arema yakni Salim Tuharea yang juga gagal memanfaatkan peluang emas.

Pada menit ke-16, tempo permainan semakin meningkat. Striker PSM yakni Nermin Haljeta mendapat kesempatan jarak dekat tapi tembakannya masih melenceng dari gawang. Tapi, shot on target pertama laga ini dilakukan oleh Willian Marcilio lewat sepakan dalam kotak penalti yang masih bisa dibaca arahnya oleh kiper Hilmansyah.

Masuk pertengahan babak pertama, PSM kian gencarkan serangan. Latyr Fall dari PSM  mencoba peruntungannya di menit ke-26, tapi tembakannya masih belum menemui sasaran. Lima menit kemudian, Adilson da Silva kembali mengancam dengan tembakan on target, memaksa kiper lawan bekerja keras untuk mengamankan gawangnya.

Juku Eja terlihat kesulitan untuk mendapat peluang akibat ketatnya penjagaan sektor belakangan lawan. Sedangkan Singo Edan memiliki sayap-sayap lincah yang siap adu cepat dengan para pemain tuan rumah.

Semangat kedua tim untuk terus mencari gol masih terjaga jelang turun minum. Pada masa injury time, Ananda Raehan berhasil melepas tembakan ke arah gawang Arema FC tapi masih belum berhasil memecah kebuntuan. Upayanya digagalkan kiper Lucar Frigeri. Skor 0-0 bertahan hingga masuk jeda antar babak.

Masuk babak kedua, Arema justru semakin gencar mengirim serangan. Kombinasi umpan terobosan ternyata mampu merepotkan barisan belakang PSM yang tidak diperkuat oleh bek tengah Yuran Fernandes.

Tak disangka, justru Arema yang bisa memecah kebuntuan pada menit ke-53. Dalberto yang luput dari penjagaan berhasil menyambut umpan cantik kiriman Wiliam Marcilio dengan kepalanya. Bola hasil sundulan tak mampu dihalau dengan sempurna oleh Hilmansyah. Tim tamu unggul 0-1.

Memimpin satu gol, Arema FC justru lebih banyak menguasai inisiatif serangan. Salah satu momen terjadi di menit ke-65. Striker Charles Lokolimgoy mendapat kesempatan emas untuk membuka skor, tapi serangannya belum menemui sasaran. Peluang ini tercipta berkat umpan cemerlang dari Pablo Oliveira.

Melihat situasi ini, pelatih PSM segera melakukan perubahan taktik. Di menit ke-67, mereka melakukan dua pergantian sekaligus. Adilson da Silva diganti oleh Abdul Rahman, sementara Ananda Raehan memberi tempat kepada Dzaky Asraf. Langkah ini diambil untuk memberikan tenaga baru pada lini serang.

Tak banyak mengembangkan serangan dari tengah, anak asuh Bernardo Tavares terpancing lebih banyak mengirim long ball. Tapi, skema tersebut bisa dipatahkan dengan mudah oleh bek-bek Arema. Upaya untuk mengirim serangan lewat umpan silang juga bernasib sama, ditambah peluang-peluang yang tak dimanfaatkan dengan maksimal.

Di pengujung terakhir pertandingan, Juku Eja mengepung lini belakang lawan. Gelandang PSM yakni Akbar Tanjung mencoba peruntungannya dengan sebuah tembakan di menit ke-80, tapi masih bisa diblok oleh pertahanan tangguh anak asuh Joel Cornelli.

Tepat di masa injury time, Tito Okello nyaris memberi ancaman berbahaya ke gawang yang dikawal Lucas Frigeri. Manfaatkan umpan terukur Dzaky Asraf, striker Timnas Sudan Selatan tersebut hendak melepas tembakan. Tapi kakinya tak berhasil bertemu bola yang sudah memantul. Kesempatan mencetak gol balasan pun lepas.

Skor 0-1 untuk Johan Alfarizi beserta kolega tak berubah hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Thoriq Alkatiri. Mereka berhasil memutus tren positif PSM, sekaligus kemenangan perdana di kompetisi Liga 1 musim ini.

Berikut ini susuna pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-4-3)

Hilmansyah (GK); Syahrul Lasinari, Aloisio Soares, Victor Luiz; Ananda Raehan Alief (Dzaky Asraf, 67'), Akbar Tanjung, Latyr Fall (Fahrul Aditia, 85'), Rizky Eka Pratama (Victor Dethan. 85'); Ricky Pratama (Tito Okello, 46'), Nermin Haljeta, Adilson da Silva (Abdul Rahman, 67')

Arema FC (4-5-1)

Lucas Frigeri (GK); Anwar Rifai, Thales Lira, Johan Alfarizi, Achmad Maulana; Pablo Oliveira, Arkhan Fikri, Wiliam Marcilio (Julian Guevara, 73'), Salim Tuharea (Bayu Setiawan, 46'); Dalberto (Hamzah Titofani, 90+1'), Charles Lokolingoy

Baca Juga: Pesan Pelatih PSM ke Pemain Jelang Jajal Arema: Jaga Fokus!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya