TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PSM Rekrut Striker Asing, Pengganti Adilson atau Everton?

Produktivitas gol mereka berbeda jauh pada putaran pertama

Striker PSM Makassar, Adilson da Silva, merayakan gol yang ia cetak ke gawang Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Makassar, IDN Times - Jelang dibukanya bursa transfer tengah musim, PSM Makassar segera meresmikan salah satu pemain baru. Ia adalah Victor Mansaray, winger kanan berpaspor Amerika Serikat kelahiran Sierra Leone.

Meski begitu satu pertanyaan mencuat. Apakah Juku Eja akan melepas salah satu penyerang asingnya? Lini depan Juku Eja saat ini diisi oleh Everton Nascimento dan Adilson da Silva sejak awal musim. Berikut ini IDN Times membahas dan membandingkan penampilan keduanya sepanjang putaran pertama.

Baca Juga: PSM Makassar Konfirmasi Datangkan Pemain Baru, Victor Mansaray?

1. Everton Nascimento baru mencetak sebiji gol dari 13 penampilan di Liga 1

Pesepak bola Bali United Haudi Abdillah (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kanan) saat pertandingan leg pertama babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

Masuk musim keduanya bersama PSM Makassar, Everton Nascimento ternyata mengalami seret gol. Dari 13 pernampilannya di Liga 1, striker asal Brasil tersebut hanya bisa mencetak satu gol. Ini terjadi dalam laga pekan ke-4 saat membungkam Persib Bandung dengan skor 4-3.

Di sisi lain, Everton sudah melakukan 18 kali percobaan ke arah gawang. Tapi hanya 7 yang mengarah ke gawang. Dengan ini, persentase shot on target menjadi golnya hanya 14,3 persen. Meski begitu, pemilik nomor punggung 10 tersebut sudah menyumbang sepasang asis, atau total 4 asis jika digabung dengan AFC Cup.

Puasa gol berkepanjangan Everton sendiri tak lepas dari perannya yang lebih banyak sebagai pengalir bola. Praktis ia harus turun ke area setengah lapangan untuk menjemput bola, serta mengirimnya pada rekan setim yang sudah maju membuka ruang. Hal tersebut semakin sering ia lakoni sejak Wiljan Pluim hengkang.

2. Performa Adilson da Silva baru meroket jelang putaran pertama selesai

Momen saat striker PSM Makassar, Adilson da Silva, mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Adilson da Silva mulai rajin mencetak gol jelang putaran pertama berakhir. Setelah harus menunggu selama 14 pertandingan dan 734 menit, akhirnya ia mampu menjebol gawang lawan di partai pekan ke-16 versus Arema FC. Tak cuma satu, Adilson langsung memborong dua angka sendirian.

Agaknya, coach Tavares mulai paham jenis suplai bola apa yang memanjakan Adilson. Berkat kaki-kaki panjangnya, ujung tombak asal Portugal tersebut mampu menyongsong umpan terobosan lebih cepat dari bek lawan. Tugas penyerang tunggal baru dilakoninya belakangan, dan semakin fasih dalam menjalankannya.

Hal sama juga terjadi di AFC Cup. Sosok 26 tahun tersebut ikut menjebol gawang Hougang United dalam laga matchday ketiga yang berakhir dengan kemenangan 3-1. Prosesnya pun sama, yakni memanfaatkan umpan terobosan kiriman Everton. Dengan ini, Adilson sudah mencetak 5 gol di semua ajang resmi, terbanyak setelah Kenzo Nambu.

Baca Juga: 4 Fakta PSM Vs. Hougang United, Juku Eja Raih Kemenangan Perdana

Berita Terkini Lainnya