5 Catatan Unik PSM Setelah Tekuk Hougang United, Yuran Masih Subur

Kiper Muhammad Ardiansyah tampil untuk kali kedua di AFC Cup

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akhirnya mampu mengantongi kemenangan pertama di ajang AFC Cup musim ini. Bersua Hougang United di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada matchday ketiga Grup H, Rabu malam (25/10/2023), mereka bisa menang dengan skor meyakinkan yakni 3-1.

Tak cuma menjadi tripoin perdana Juku Eja, hasil ini menjaga asa Muhammad Arfan dan kawan-kawan untuk melaju ke fase gugur. Di sisi lain, terdapat 5 catatan unik di balik keberhasilan menekuk wakil asal Singapura tersebut. Berikut ini IDN Times menyajikannya kepada para pembaca.

Baca Juga: 4 Fakta PSM Vs. Hougang United, Juku Eja Raih Kemenangan Perdana

1. Gol pertama Safrudin Tahar sejak memperkuat PSM Makassar musim lalu

5 Catatan Unik PSM Setelah Tekuk Hougang United, Yuran Masih SuburBek PSM Makassar, Safrudin Tahar, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Rabu 16 Agustus 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Gol pembuka dicetak oleh bek Safrudin Tahar pada menit ke-22. Tendangan bebas Dzaky Asraf disambut dengan kepala Yuran Fernandes, sehingga bola mengarah ke tiang jauh. Safrudin Tahar, yang tidak dalam posisi offside, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencetak gol lantaran berada di jalur bola.

Yang unik, ini adalah gol pertama bek 29 tahun tersebut sejak berseragam PSM Makassar musim lalu. Eks penggawa PSIS Semarang tersebut butuh waktu 3.092 menit (40 pertandingan) sebbelum akhirnya mampu catatkan nama di papan skor.

2. Yuran Fernandes mencetak gol di AFC Cup dalam dua edisi berbeda

5 Catatan Unik PSM Setelah Tekuk Hougang United, Yuran Masih SuburBek PSM Makassar Yuran Fernandes dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan play off AFC Cup 2023-24, Selasa 22 Agustus 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Yuran catatkan namanya di papan skor saat laga berusia 29 menit. Prosesnya pun indah, mengamdalkan insting mencetak golnya dalam kotak penalti. Setelah mendapat bola hasil pantulan Everton, tembakan memutar badan dilepas oleh bek tengah asal Cape Verde tersebut. Bola mengarah ke tiang jauh, jauh dari jangkauan kiper Zaiful Nizam.

Gol tersebut adalah yang kedua untuk Yuran di AFC Cup. Angka pertama ia ciptakan pada semifinal edisi 2022 kontra Kedah FC, 9 Agustus 2022. Ini berarti, bek tengah didikan klub Minaz Argozelo tersebut sudah mencetak gol kala mentas di Asia dalam dua edisi beruntun.

3. Gol perdana striker Adilson da Silva di fase penyisihan grup AFC Cup

5 Catatan Unik PSM Setelah Tekuk Hougang United, Yuran Masih SuburStriker PSM Makassar, Adilson da Silva, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Palangga pada 1 September 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Adilson da Silva mencetak gol pada menit ke-55. Menyambut umpan terobosan Everton, striker asal Portugal tersebut kemudian menggiring bola hingga kotak penalti. Saat melepas tembakan, bola membentur kaki bek lawan yakni Naoki Kuriyama sehingga melenting jauh dari jangkauan kiper Zaiful Nizam.

Ini merupakan gol perdana Adilson di fase grup AFC Cup 2023-24. Sebelumnya, triker 26 tahun tersebut menyarangkan sepasang gol ke gawang Yangon United dalam duel play-off AFC Cup. Gol tersebut jadi koleksi kelima Adilson musim ini, sekaligus meneruskan "hobi" dalam dua laga berturut-turut.

4. Catatan possession ball paling rendah milik Pasukan Ramang sejak matchday pertama

5 Catatan Unik PSM Setelah Tekuk Hougang United, Yuran Masih SuburPesepak bola PSM Makassar Yance Sayuri (kanan) berebut bola dengan Hougang United Kuriyama (kiri) saat pertandingan Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (25/10/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/Spt.

Kembali mengandalkan skema direct football dengan serangan balik cepat, anak asuh Bernardo Tavares tersebut praktis tak banyak menguasai aliran bola. Statistik dari AFC sendiri menyatakan bahwa PSM cuma kebagian 36 persen possession ball.

Jumah ini adalah yang paling sedikit dari dua matchday sebelumnya. Saat dibekuk Hai Phong FC, PSM catatkan penguasaan bola mencapai 37 persen. Angkanya naik sedikit lebih tinggi kala mereka dihajar Sabah FC dengan skor 5-0, yakni 43 persen.

5. Penampilan kedua kiper Muhammad Ardiansyah di helatan AFC Cup

5 Catatan Unik PSM Setelah Tekuk Hougang United, Yuran Masih SuburKiper PSM Makassar, Muhammad Ardiansyah, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada 15 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Mengganti kiper Reza Arya Pratama yang absen akibat sanksi kartu merah, Muhammad Ardiansyah tampil cukup baik di bawah mistar gawang. Ia melakukan sejumlah penyelamatan, termasuk menangkap bola tembakan keras gelandang Hougang United yakni Irwan Shah di pengujung babak pertama.

Kiper yang sempat memperkuat Borneo FC U-19 tersebut kini sudah tampil dua kali di ajang AFC Cup. Ardi (sapaan akrabnya) sudah jalani debut pada pentas Asia ketika turun pada menit ke-59 versus Sabah FC. Padahal, anak muda 20 tahun tersebut baru sekali tampil di kompetisi domestik.

Apakah akan ada catatan unik lainnya lahir pada matchday keempat AFC Cup 2023-24? Patut ditunggu.

Baca Juga: AFC Cup: Bekuk Hougang United 3-1, PSM Raih Kemenangan Pertama

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya