AFC Cup: Bekuk Hougang United 3-1, PSM Raih Kemenangan Pertama

Bek Yuran Fernandes menyumbang satu gol dan satu asis

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akhirnya mampu memetik kemenangan perdana di pentas AFC Cup 2023-24. Ini terjadi pada matchday ketiga saat berjumpa wakil Singapura, Hougang United, Rabu malam (25/10/2023). Laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk Muhammad Arfan dan kawan-kawan.

PSM langsung mengirim serangan sejak awal babak pertama. Tembakan Everton Nascimento dan Dzaky Asraf pada 8 menit awal digagalkan masing-masing oleh mistar dan tiang gawang. Sedangkan percobaan Adilson dalam kotak penalti Hougang masih menyamping tipis dari sasaran.

Masuk menit ke-15, Everton kembali mengancam. Ia menyambut bola hasil sepak pojok Dzaky Asraf dengan kepalanya. Sayang, sundulan striker asal Brasil tersebut masih menyamping tipis dari sasaran.

Juku Eja akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-22. Tendangan bebas Dzaky Asraf disambut dengan kepala Yuran Fernandes, sehingga bola mengarah ke tiang jauh. Safrudin Tahar, yang tidak dalam posisi offside, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencetak gol.

Setelah menyimbang asis, Yuran kemudian catatkan namanya di papan skor tujuh menit berselang. Tembakan memutar badan yang indah dilepas oleh bek tengah asal Cape Verde tersebut. Bola mengarah ke tiang jauh, tak mampu dijangkau oleh kiper Hougang United yakni Zaiful Nizam. PSM Makassar memimpin 2-0.

Tim tamu baru bisa mengancam di pengujung babak pertama. Gelandang Hazzuwan Halim nyaris menciptakan kemelut, tapi patah akibat sapuan bek PSM. Sementara itu, upaya tembakan jarak jauh Irwan Shah dari kotak penalti mampu diamankan kiper Muhammad Ardiansyah di udara. Skor tak berubah saat masuk masa turun minum.

Masuk babak kedua, anak asuh Bernardo Tavares tetap andalkan permainan efektif dengan serangan balik kilat. Sedangkan upaya Hougang United untuk mengirim ancaman selalu berujung buntu lantaran kokohnya pertahanan lawan.

Menit ke-47, sundulan Yuran dari sepak pojok Muhammad Arfan bisa dimentahkan oleh kiper Zaiful tepat di atas garis gawang. Upaya Adilson manfaatkan bola rebound pun bernasib sama.

Rasa penasaran Adilson akhirnya terbayar pada saat laga berusia 55 menit. Menyambut umpan terobosan Everton, striker berpaspor Portugal tersebut bisa menggiring bola hingga kotak penalti. Saat melepas tembakan, bola membentur kaki bek Hougang yakni Naoki Kuriyama sehingga melenting jauh dari jangkauan Zaiful. Ini jadi gol pertama Adilson di fase grup AFC Cup 2023-24.

Adilson kembali mendapat peluang emas di depan gawang Hougang pada menit ke-67. Menyambut umpan akurat Everton, ia mencoba mencetak gol dengan cara backheel kick. Tapi bola masih terlalu tinggi dari sasaran.

Namun, gawang PSM harus jebol pada menit ke-77. Wasit Ammar Ebrahim Hasan Mahfoodh memberi hadiah penalti pada Hougang setelah Hazzuwan Halim dilanggar oleh Andy Harjito di kotak terlarang. Striker andalan The Cheetahs, Djordje Maksimovic, sukses melaksanakan tugas sebagai ekskutor tembakan duabelas pas.

Meski kedua tim bermain terbuka hingga menit akhir, skor 3-1 untuk PSM tak berubah hingga peluit panjang ditiup. Kemenangan ini membawa mereka ke peringkat tiga klasemen sementara Grup H dengan nilai 3 poin, sekaligus menjaga asa untuk lolos ke babak gugur. Sedangkan status juru kunci berpindah ke Hougang United.

Berikut ini susunan pemain kedua tim : 

PSM Makassar (3-5-2)

Muhammad Ardiansyah (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Rizky Eka Pratama (Joao Pedro, 73'), Ananda Raehan Alief (Ricky Pratama, 90+2'), Akbar Tanjung, Muhammad Arfan (Kenzo Nambu, 60'), Dzaky Asraf (Yance Sayuri, 46'); Everton Nascimento, Adilson da Silva (Andy Harjito, 73')

Hougang United (4-1-4-1)

Zaiful Nizam (GK); Anders Aplin (Sahil Suhaimi, 84'), Abdil Qaiyyim Mutalib (Jordan Vestering, 46'), Naoki Kuriyama, Kazuma Takayama; Zulfahmi Arifin; Nazrul Nazari, Irwan Shah (Amy Recha, 59'), Shahdan Sulaiman (Amir Zalani, 78'), Hazzuwan Halim (Louka Jun Cheng-Tan Vaissiere, 78'); Djordje Maksimovic

Baca Juga: AFC Cup: PSM Vs Hougang United, Wajib Menang atau Makin Terpuruk

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya