Yance Sayuri Masuk Best XI Pekan ke-5 Liga 1, Berikut Catatannya

Sang winger selalu tampil konsisten sejak pekan pertama

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memang hanya bermain imbang saat menantang Bhayangkara Presisi FC, Sabtu pekan lalu (29/7/2023). Tapi, mereka bisa tetap menyumbang satu nama dalam daftar Best XI pekan kelima BRI Liga 1 2023-24 yang diumumkan Selasa kemarin (1/8/2023).

Ia adalah Yance Sayuri yang pada pertandingan tersebut bermain sebagai bek tengah. Krisis di lini belakang sejak absennya Erwin Gutawa akibat sanksi Komdis PSSI membuat Yance digeser ke belakang dari posisi aslinya sebagai winger kiri.

1. Yance Sayuri aktif membangun serangan

Yance Sayuri Masuk Best XI Pekan ke-5 Liga 1, Berikut CatatannyaPesepak bola Bhayangkara Presisi Indonesia Fc Mati Mier (tengah) dihadang dua pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kanan) dan Yance Sayuri (kiri) dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.

Berdasarkan statistik yang dihimpun dari situs LapangBola, Yance mencatatkan jumlah operan sukses yang mencapai 29 kali. Sama banyak dengan duetnya di lini belakang Safrudin Tahar, tapi lebih banyak dari rekan-rekan setimnya yang lain.

Yance sendiri tidak melulu berfokus pada sektor belakang. Seperti biasa, ia ikut merangsek maju membawa bola jika situasi memungkinkan. Yance memiliki 3 peluang selama pertandingan, termasuk tembakan menit akhirnya yang bisa diblok oleh salah satu bek Bhayangkara FC.

2. Mendapat satu kartu kuning pada pekan lalu

Yance Sayuri Masuk Best XI Pekan ke-5 Liga 1, Berikut CatatannyaPesepak bola PSM Makassar Yance Sayuri sedang menggiring bola dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Tensi pertandingan meningkat jelang menit akhir. Tak cuma permainan yang lebih keras, tapi juga tekanan bertubi-tubi dari para penyerang tuan rumah. Yance dan para penggawa Pasukan Ramang lainnya masih bisa disiplin menjaga lini belakang. Meski begitu, pemilik nomor punggung 23 tersebut mendapat kartu kuning di menit ke-82.

Momen krusial terjadi ketika laga berumur 88 menit, di mana kiper Reza Arya Pratama menepis tembakan penalti Matias Mier. PSM Makassar kemudian memanfaatkan situasi untuk balik menekan Bhayangkara FC, kendati gol pemecah kebuntuan yang dicari tak kunjung datang.

Baca Juga: Masuk Timnas, Yance Sayuri Kenang Masa Sulit di Musim Lalu

3. Ini jadi kali kedua Yance Sayuri masuk dalam daftar Best XI pilihan

Yance Sayuri Masuk Best XI Pekan ke-5 Liga 1, Berikut CatatannyaWinger PSM Makassar, Yance Sayuri, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada 28 Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Ini jadi kali kedua Yance Sayuri masuk dalam daftar Best XI alias 11 pemain terbaik pilihan Technical Study Group (TSG) PT. Liga Indonesia Baru. Sebelumnya, winger 25 tahun kelahiran Kepulauan Yapen tersebut juga meraih capaian serupa di pekan ketiga.

Sejauh ini, saudara kembar Yakob Sayuri tersebut sudah catatkan total 5 penampilan dengan waktu bermain mencapi 450 menit. Meski belum mencetak gol, Yance sudah menyumbang sebiji asis untuk sundulan Wiljan Pluim saat PSM Makassar membungkam Persikabo 1973 dengan skor 0-1, 14 Juli lalu.

Baca Juga: Tampil Spartan, Yance-Erwin Masuk "Best XI" Pekan ke-31 Liga 1

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya