Wiljan Pluim Hengkang, Lini Tengah PSM Makassar Semakin Berlubang

Juku Eja harus segera mencari playmaker di bursa transfer

Makassar, IDN Times - Perginya Wiljan Pluim membuat PSM Makassar kehilangan jenderal di lapangan tengah. Tak ada lagi sosok yang mampu mengirim umpan kunci, kerap mengancam dari lini kedua hingga selalu menunjukkan skill individu pengundang decak kagum para penonton.

Peran sebagai playmaker sekaligus pemecah kebuntuan andalan Juku Eja selama ini sudah sangat lekat dengannya. Lantas, bagaimana strategi racikan Bernardo Tavares tanpa Pluim? Dan siapa yang bisa mengganti tugas sang pemilik nomor punggung 80 tersebut. Berikut ini IDN Times mengulasnya secara mendalam untuk pembaca.

Baca Juga: Berpisah dengan PSM, Pluim: Rasanya Aneh Memakai Jersey Lain

1. Pluim berbahaya karena mampu memancing pemain-pemain lawan membuka ruang

Wiljan Pluim Hengkang, Lini Tengah PSM Makassar Semakin BerlubangPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Erick Didu/abhe/nym.

Musim lalu, Tavares menggeser Pluim sedikit ke depan untuk menambah daya gedor. Ia ditempatkan sebagai centre forward (15 kali), second striker (8 kali), attacking midfielder (5 kali) bahkan left winger (1 kali). Dengan kemampuan keeping the ball dan menarik memancing pemain lawan, Pluim berfungsi untuk membuka ruang.

Strategi membuka ruang sendiri sangat vital dalam skema direct football sang pelatih kepala. Berbekal visinya, Pluim bisa mengirim bola kepada rekan-rekan setimnya yang berdiri bebas dengan akurat. Satu-dua kali sentuhan sudah cukup, dan serangan bisa langsung sampai ke jantung pertahanan lawan secara akurat.

2. Tidak ada pemain di PSM dengan visi dan kemampuan progressive pass seperti Pluim

Wiljan Pluim Hengkang, Lini Tengah PSM Makassar Semakin BerlubangGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 melawan Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Senin 29 Agustus 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Sayangnya, belum ada mantan rekannya di PSM yang mampu melakukan tugas-tugas tersebut. Memang skema direct football membuat bola tak bisa berlama-lama dikuasai. Tapi, jebolan Vitesse Arnhem tersebut membuat ketajaman serangan meningkat lewat pergerakan dengan atau tanpa bola, serta progressive pass.

Pasukan Ramang sendiri memiliki playmaker lain yakni Rasyid Bakri. Tapi, Tavares lebih sering mencadangkannya sehingga performanya belum juga menanjak. Muhammad Arfan lebih sering dipasang sebagai central midfielder, dengan Akbar Tanjung sebagai breaker. Dengan kata lain, hengkangnya Pluim sudah pasti menggerus agresivitas serangan PSM.

3. Pemain asal Paraguay, Walter Araujo, disebut-sebut sebagai calon pengganti Pluim

Wiljan Pluim Hengkang, Lini Tengah PSM Makassar Semakin BerlubangPenampilan Walter Araujo di Primera Division Venezuela 2023 bersama klub Metropolitanos FC. (Instagram.com/metropolitanosfc)

Dengan performa di Liga 1 yang sedang menukik tajam, praktis PSM harus bergerak cepat mencari pengganti Pluim. Ada beberapa nama digadang-gadang akan menjadi playmaker rekrutan Juku Eja di bursa transfer tengah musim. Tapi Walter Araujo jadi kandidat terdepan sebagai jenderal lini tengah baru.

Berasal dari Paraguay, Araujo saat ini memperkuat juara Primera División Venezuela 2022 yakni Metropolitanos FC. Pada musim 2023, gelandang serang 28 tahun tersebut tampil sebanyak 17 kali di seluruh ajang resmi yakni Primera División dan Copa Libertadores. Berkurang drastis ketimbang tahun lalu yaitu 35 kali.

Baca Juga: Pisah dengan PSM, Marc Klok Usul Pluim Dibuatkan Patung

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya