Comscore Tracker

Tinggalkan PSM Makassar, Sutanto Tan Gabung ke Persis Solo

Jadi bagian dari Juku Eja sejak Maret 2021

Makassar, IDN Times - Sutanto Tan sudah menentukan ke mana ia akan berlabuh untuk musim depan. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @sutantoo pada Sabtu malam (14/5/2022), sang gelandang memilih berpisah dengan PSM Makassar, klub yang ia perkuat sejak Maret 2021.

"Siri'na pacce dan ewako. Terima kasih (kepada) seluruh pendukung PSM Makassar dan teman-teman seperjuangan. Sukses dan doa terbaik untuk kita semua," tulisnya.

"Saya pamit, sampai jumpa lagi," tutup pemain kelahiran Pekanbaru tersebut.

1. Sutanto Tan direkrut PSM Makassar jelang turnamen pramusim Piala Menpora 2021

Tinggalkan PSM Makassar, Sutanto Tan Gabung ke Persis SoloGelandang PSM Makassar, Sutanto Tan berduel dengan bek Persija, Yann Motta di Stadion Kanjuruhan. Instagram/psm_makassar

Sutanto Tan didatangkan Juku Eja jelang Piala Menpora 2021. Dalam turnamen pramusim tersebut, Tanto tampil sebanyak tujuh kali alias tak pernah absen. Penampilan enerjiknya di lapangan tengah memberi warna baru untuk tim racikan Syamsuddin Batolla saat itu. Satu gol pun turut ia sumbang dalam ajang tersebut.

Masuk Liga 1 2021/22, ia dipermanenkan oleh manajemen. Jarang absen sepanjang putaran pertama, gelandang 28 tahun itu justru tak pernah bermain di putaran kedua. Cedera membuat Tanto lama menepi. Total penampilannya musim lalu adalah 18 kali, dan menyumbang masing-masing satu gol plus sebiji asis.

2. Bergabung ke Persis Solo lantaran tertarik dengan program jangka panjang mereka

Tinggalkan PSM Makassar, Sutanto Tan Gabung ke Persis SoloFoto pertama Sutanto Tan sebagai pemain baru Persis Solo setelah diresmikan pada Sabtu 14 Mei 2022. (Instagram.com/persisofficial)

Hanya beberapa jam berselang, Tanto diumumkan sebagai amunisi baru tim promosi Persis Solo. Dikutip dari situs resmi Laskar Sambernyawa pada Sabtu malam (14/5/2022), ia memutuskan bergabung dengan alasan tertarik menjadi bagian dari rencana jangka panjang sang jawara Liga 2 2021.

"Visi misi dari klub ini sangat jelas ya, manajemen tim juga memberikan gambaran kepada saya bahwa ada rencana matang yang tidak hanya dipikirkan untuk satu tahun ke depan saja. Namun juga rencana jangka panjang untuk keberlangsungan tim," ujarnya.

3. Ditinggal Tanto, stok gelandang Juku Eja kini masih berjumlah lima orang

Tinggalkan PSM Makassar, Sutanto Tan Gabung ke Persis SoloSutanto Tan dalam sesi latihan PSM Makassar di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, 22 Maret 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Mantan pemain Persija Jakarta dan PSMS Medan tersebut akan bereuni dengan Ferdinand Sinaga. The Dragon sempat bergabung dengan Pasukan Ramang di putaran kedua Liga 1 2021/22 dengan status penjaman.

Dengan ini, stok gelandang PSM tetap berjumlah lima orang. Mereka adalah sang kapten Wiljan Pluim, Manda Cingi, Rasyid Bakri, Muhammad Arfan, serta Rafly Asrul yang masih jalani trial di klub Yunani Atromitos FC.

Baca Juga: Sutanto Tan Lanjutkan Generasi Pemain Berdarah Tionghoa di PSM

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya