Tiga Pemain PSM Makassar Wisuda Sarjana Ekonomi di Unibos, Selamat!

Turut pula Abdul Rahman Sulaeman dan Asnawi Mangkualam

Makassar, IDN Times - Sebanyak empat pemain PSM Makassar resmi menyandang gelar akademik. Mereka adalah Rizky Eka Pratama, Reza Arya Pratama dan Muhammad Arfan. Turut pula satu eks penggawa Juku Eja yakni Abdul Rahman Sulaeman.

Gelar yang tersemat pada mereka adalah Sarjana Ekonomi, alias menjadi lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Keempatnya sudah menerima ijazah dalam prosesi wisuda hari ketiga Universitas Bosowa (Unibos) yang berlangsung di Balai Sidang 45, Kamis pagi (16/11/2023).

1. Reza Arya menyempatkan diri datang ke kampus jika sedang tidak ada agenda latihan

Tiga Pemain PSM Makassar Wisuda Sarjana Ekonomi di Unibos, Selamat!Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, dalam acara prosesi wisuda Universitas Bosowa Makassar pada 16 November 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Kiper utama PSM, Reza Arya, bercerita tentang kesibukannya membagi waktu antara kuliah dan aktivitas latihan. Terlebih saat ini ia sedang membangun karier sebagai pesepak bola profesional.

"Kan di PSM itu kadang agak padat, jadi biasanya kalau sedang tidak latihan, saya sempatkan ke kampus untuk kuliah," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

"Tapi dari pihak Unibos sendiri sangat pengertian karena kalau jadwal sedang padat bisa disesuaikan kembali atau perkuliahan diikuti secara online," sambung kiper 23 tahun tersebut.

2. Rizky Eka terkesan bertemu orang-orang baru, M. Arfan siap berkarier usai pesiun dari sepak bola

Tiga Pemain PSM Makassar Wisuda Sarjana Ekonomi di Unibos, Selamat!Dua pemain PSM Makassar, Rizky Eka Pratama (kiri) dan Muhammad Arfan (kanan), dalam acara prosesi wisuda Universitas Bosowa Makassar pada 16 November 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Sementara itu, Rizky Eka Pratama merasa senang bertemu dengan orang-orang baru selama berkuliah. "Tentunya saya bisa bertemu dengan dosen-dosen yang baik, bisa juga bertemu dengan teman-teman baru dan melakukan kegiatan sebagai mahasiswa Unibos," paparnya.

Di sisi lain, Arfan sudah memiliki rencana dengan gelarnya. Pemilik nomor punggung 48 tersebut sudah memiliki opsi jika kelak sudah pensiun dari bal-balan.

"Kita kuliah untuk dapat ilmu, ya. Jadi mungkin nanti kalau sudah selesai berkarier sepak bola, saya akan bergabung di instansi dan berkontribusi untuk masyarakat, memanfaatkan ilmu selama kuliah," jelas Arfan.

Baca Juga: Naik Turun Angka Penonton Kandang PSM di Putaran Pertama Liga 1

3. Universitas Bosowa gembira menjadi pilihan para pemain PSM untuk menempuh pendidikan

Tiga Pemain PSM Makassar Wisuda Sarjana Ekonomi di Unibos, Selamat!Para pemain PSM Makassar dalam acara wisuda Universitas Bosowa yang berlangsung di Balai Sidang 45, Kamis 16 November 2023. (Dok. Humas Universitas Bosowa)

Sementara itu, Kepala BPH Yayasan Aksa Mahmud yakni Asrul Hidayat, dalam sambutannya mengatakan bahwa Unibos gembira bisa menjadi bagian dari perjalanan pendidikan para pemain PSM. Terlebih mereka menyesuaikan jadwal dengan kesibukan kelimanya yang intens berlatih.

"Salah satunya hari ini Unibos meluluskan lima punggawa PSM. Di tengah-tengah kesibukan menjalani karier sebagai pemain sepak bola, Unibos tetap memberikan pelayanan yang baik dan pembimbingan dalam mengenyam pendidikan," papar Asrul.

Dalam kesempatan yang sama, bek Jeonnam Dragons yakni Asnawi Mangkualam Bahar juga resmi menjadi Sarjana Ekonomi. Tapi, eks penggawa PSM tersebut tak bisa ikut prosesi wisuda berada di Irak untuk jalani laga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Para Pemain PSM yang Minim Menit Bermain di Putaran Pertama Liga 1

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya