PSM vs Bhayangkara FC, Saatnya Mendaki Papan Klasemen

Juku Eja saat ini berada tak jauh dari zona merah

Sabtu 13 Juli 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 16:30 WITA

Makassar, IDN Times - Usai kampanye melelahkan di kandang Madura United pekan lalu, PSM akhirnya kembali ke markas mereka. Tiket final Piala Indonesia 2018/19 sudah dalam genggaman, fokus pun dialihkan ke ajang Shopee Liga 1 2019.

Baru lakoni empat laga, Juku Eja baru kumpulkan tujuh poin. Alhasil mereka terdampar ke papan tengah klasemen sementara, tepatnya posisi 12 di atas Persib dan Persija. Maka saat menjamu Bhayangkara FC pada Sabtu (13/7) sore, poin penuh dibidik demi mengerek peringkat lebih tinggi.

Sang tamu, Bhayangkara FC, menyambangi Kota Daeng dengan reputasi mentereng tiap bertandang. Contohlah saat anak asuh Alfredo Vera itu menekuk Persib dengan skor 1-2 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang pada pekan keenam. Belum lagi menyinggung status mereka yang kini mendiami peringkat kelima berkat raihan 12 poin.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Liga 1 Pekan ke-8, PSM Menjamu Bhayangkara FC

1. Darije Kalezic, pelatih PSM, optimistis mendulang poin penuh di Mattoanging

PSM vs Bhayangkara FC, Saatnya Mendaki Papan KlasemenInstagram.com/psm_makassar

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Jumat (12/7) kemarin, Darije Kalezic selaku pelatih kepala PSM Makassar mengaku senang kembali menyibukkan diri dengan liga. Pelatih berpaspor Swiss itu juga sadar bahwa setiap pertandingan amat berharga. Maka poin penuh amat berharga demi merangsek ke papan atas. 

Lebih jauh, coach Kalezic layangkan pujian kepada sang lawan. Jawara Liga 1 2017 itu disebutnya kian moncer seiring waktu. "Bhayangkara FC pantas mendapat respek karena mereka hanya hanya kalah satu kali di Liga 1 (hingga pekan ketujuh). Mereka lebih kuat dari sebelumnya, buktinya mereka kini ada di papan atas klasemen," pungkasnya.

Kendati demikian, eks pelatih Wellington Phoenix itu percaya diri sangggup mendulang hasil positif di rumah sendiri. Ia mengaku telah mengantongi kelemahan BFC lantaran sudah bersua sebanyak dua kali di babak perempat final Piala Indonesia. Sayang, kondisi skuad Pasukan Ramang agak timpang lantaran kiper andalan Rivky Mokodompit harus menepi akibat cedera.

2. Bhayangkara FC melawat ke Makassar dengan catatan mentereng

PSM vs Bhayangkara FC, Saatnya Mendaki Papan KlasemenLiga-Indonesia.id

Sementara itu dari kubu Bhayangkara FC, Alfredo Vera selaku pelatih kepala menyatakan Jajang Mulyana dkk sudah siap seratus persen. Rasa percaya diri seolah membumbung tinggi lantaran The Guardian tengah menikmati tren positif yang sudah berjalan selama lima pertandingan.

Perihal kekalahan di ajang Piala Indonesia, sosok asal Argentina itu mengaku sudah move on sepenuhnya. Terdepak lantaran agresifitas gol tandang memberi banyak pelajaran kala menahkodai BFC di liga. "Semua pertandingan berbeda, kami selalu mewaspadai lawan dan fokus permainan sendiri. Itu biasa kami lakukan. Untuk target tentu saja kami mencari tiga poin, tapi tentu saja kami harus melihat situasi besok," kata dia dalam kesempatan serupa.

Bhayangkara FC sendiri bertamu dengan seluruh pemain intinya. Seperti duo bek Anderson Salles plus Jajang Mulyana, gelandang serang Adam Alis dan Flavio Beck Junior serta trio penyerang Ramiro Fergonzi - Dendy Sulistyawan - Herman Dzumafo Epandi.

3. Berdasarkan catatan, The Guardian belum pernah lagi memetik poin di Mattoanging sejak tahun 2017

PSM vs Bhayangkara FC, Saatnya Mendaki Papan KlasemenANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-3-3)

Hilmansyah; Asnawi Mangkualam Bahar, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Benny Wahyudi; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Zulham Zamrun, Guy Junior, M Rahmat

Bhayangkara FC (4-3-3)

Awan Setho Rahardjo; I Putu Gede Juni Antara, Anderson Salles, Jajang Mulyana, Muhammad Rochman; Flavio Beck Junior, Lee Yoo-joon, Adam Alis; Dendy Sulistyawan, Ramiro Fergonzi, Herman Dzumafo Epandi

Catatan lima pertemuan terakhir :

03/05/2019 PSM Makassar 2-0 Bhayangkara FC (Piala Indonesia)

27/04/2019 Bhayangkara FC 4-2 PSM Makassar (Piala Indonesia)

03/12/2018 Bhayangkara FC 0-0 PSM Makassar (Liga 1)

15/07/2018 PSM Makassar 2-1 Bhayangkara FC (Liga 1)

19/10/2017 Bhayangkara FC 0-2 PSM Makassar (Liga 1)

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya