PSM Vs Bali United, Juku Eja Selangkah Lagi Tampil di Panggung Asia

Leg kedua play-off dipastikan berlangsung sengit

Makassar, IDN Times - Babak play-off penentuan wakil Indonesia di Liga Champions Asia (LCA) 2023-24 memasuki fase puncak. Giliran PSM Makassar, jawara Liga 1 2022-23, yang menjamu Bali United di Stadion Gelora BJ Habibie (GBJH) Parepare pada Sabtu malam (10/6/2023).

Kubu tuan rumah jelas memiliki modal positif. Selain tampil di kandang sendiri dan mendapat dukungan ribuan suporter, mereka juga membawa pulang hasil 1-1 saat melawat ke Bali. Karena tidak ada lagi aturan gol tandang, praktis PSM wajib menang dengan agregat skor lebih besar.

Di sisi lain, Bali United dipercaya masih bisa memberi kejutan. Perubahan taktik bisa menyulitkan tim lawan. Meski begitu, mereka harus bekerja keras untuk menaklukkan reputasi angker GBJH.

Baca Juga: Pelatih Bali United Soroti Rumput di Stadion BJ Habibie

1. Tampil di Liga Champions Asia adalah mimpi semua pemain PSM Makassar

PSM Vs Bali United, Juku Eja Selangkah Lagi Tampil di Panggung AsiaPesepak bola PSM Makassar Kenzo Nambu (tengah) bersama rekan setimnya melakukan latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (5/6/2023). PSM Makassar akan menghadapi tuan rumah Bali United dalam pertandingan leg pertama babak play off pada Selasa (6/6) untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, berharap anak asuhnya bisa memberi performa terbaik. Tapi, ia lagi-lagi memilih merendah. Tanpa mengesampingkan peluang klubnya, pria berpaspor Portugal tersebut mengatakan bahwa siapapun yang lolos memang layak mewakili Indonesia.

Meski begitu, Tavares mengakui ia berharap timnya bisa melangkah ke babak kualifikasi LCA 2023-24. Terlebih terakhir kali Juku Eja merasakan panggung tingkat benua yakni pada tahun 2005, atau 18 tahun yang lalu.

"Saya kira semua pemain mempunyai mimpi keinginan untuk bermain di AFC Champions League, ini akan menjadi pertandingan yang cukup emosional bagi kita. Tapi kita akan memberikan yang terbaik," ucapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Jumat sore (9/6/2023).

2. Bali United hanya melakukan recovery jelang bertandang ke Parepare untuk leg kedua

PSM Vs Bali United, Juku Eja Selangkah Lagi Tampil di Panggung AsiaPesepak bola Bali United Ilija Spasojevic (kedua kiri) dan pesepak bola Bali United lainnya menjalani latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (25/5/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

Dari kubu Bali United, Stefano "Teco" Cugurra selaku juru taktik menjelaskan bahwa masa persiapan singkat dihabiskan untuk proses recovery. Terlepas dari faktor teknis yakni kondisi lapangan GBJH, ia tetap menaruh respek kepada PSM yang bisa menahan imbang mereka di leg pertama.

"Saya pikir persiapan dari kedua tim situasinya hampir sama dan fokusnya kepada recovery kepada pemain. Pertandingan besok malam pasti akan menarik dari kedua tim. Kami sudah bertemu di putaran pertama dan kualitas mereka juga sangat bagus. Kami respek dengan mereka (PSM)," papar coach Teco di kesempatan terpisah.

Serdadu Tridatu sendiri datang tanpa winger andalan yakni Irfan Jaya. Pemain asal Bantaeng tersebut mengalami cedera usai berbenturan di leg pertama. Tapi, Teco sudah menyiapkan opsi pengganti seperti Rahmat Arjuna, Novri Setiawan dan Yabes Roni.

3. Leg pertama play-off di Gianyar berakhir sama kuat 1-1

PSM Vs Bali United, Juku Eja Selangkah Lagi Tampil di Panggung AsiaPesepak bola Bali United Ricky Fajrin (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kanan) saat pertandingan leg pertama babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Kike Linares, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Everton Nascimento, Wiljan Pluim

Bali United (4-3-3)

Adilson Maringa (GK);  Ricky Fajrin, Kadek Arel Priyatna, Haudi Abdillah, Novri Setiawan; Brwa Nouri, Sidik Saimima, Eber Bessa; Privat Mbarga, Ilija Spasojevic, Rahmat Arjuna

Catatan lima pertemuan terakhir :

06/06/2023 Bali United 1-1 (Play-Off LCA)

20/01/2023 Bali United 2-2 PSM (Liga 1)

29/07/2022 PSM 2-0 Bali United (Liga 1)

07/02/2022 Bali United 2-2 PSM (Liga 1)

17/10/2021 PSM 2-1 Bali United (Liga 1)

Siapa yang akan menjadi wakil Indonesia di kompetisi antarklub tingkat benua? Saksikan leg kedua play-off LCA antara PSM Makassar versus Bali United pada Sabtu malam (10/6/2023), pukul 19.30 WITA.

Baca Juga: Bali United Boyong 23 Pemain Jelang Lawan PSM, Ada Nama Elias Dolah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya