PSM Segera Resmikan Pengganti Wiljan Pluim

Nama Ze Paulo sudah terdaftar dalam database PT. LIB

Makassar, IDN Times - Rekrutan kedua PSM Makassar di bursa transfer, Ze Paulo Oliverira, tampaknya sebentar lagi akan diresmikan. Nama gelandang serang asal Brasil itu sudah tercantum di database operator Liga 1, PT. Liga Indonesia Baru (LIB) sejak hari Jumat (10/11/2023).

Dalam situs tersebut, Ze Paulo turut dikonfirmasi akan mengenakan nomor punggung 94 yang identik dengan tahun kelahirannya. Sebelum direkrut PSM, pemilik postur 1,89 meter itu berstatus free agent alias tanpa klub sejak 1 September 2023.

Baca Juga: AFC Cup: Buktikan Mental Asia! PSM Comeback Bekuk Hougang United

1. Ze Paulo ikut dalam rombongan PSM Makassar yang bertandang ke Singapura

PSM Segera Resmikan Pengganti Wiljan PluimDua pemain PSM Makassar, Victor Mansaray (kiri) dan Ze Paulo (tengah), berfoto bersama pentolan kelompok suporter Laskar Ayam Jantan Uki Nugraha (kanan) di Stadion Jalan Besar SIngapura pada Kamis 9 November 2023. (Instagram.com/nugrahauki)

Selain itu, Ze Paulo ternyata juga ikut dalam rombongan PSM Makassar yang bertandang ke Singapura. Ia bersama rekrutan anyar lainnya, Victor Mansaray, turut menyaksikan duel matchday keempat AFC Cup 2023-24 melawan Hougang United yang berlangsung di Jalan Besar Stadium, Kamis lalu (9/11/2023).

Ze Paulo juga terlihat ikut berfoto bersama para suporter Juku Eja yang datang langsung untuk memberi dukungan. Salah satunya yakni pentolan kelompok suporter Laskar Ayam Jantan, Daeng Uki, seperti yang ia bagikan di akun Instagram pribadinya @nugrahauki.

2. Memperkuat beberapa klub di Portugal sebelum merantau ke Vietnam pada tahun 2020

PSM Segera Resmikan Pengganti Wiljan PluimAksi Ze Paulo saat masih membela klub Portugal, Leixoes SC, dalam ajang Liga de Honra musim 2018-19. (Instagram.com/zepaulo29)

Pemilik nama lengkap Jose Paulo de Oliveira Pinto tersebut lahir di Rio de Janeiro, Brasil, pada 26 Maret 1996. Berposisi sebagai gelandang tengah dan gelandang serang, ia adalah jebolan akademi tim papan atas Negeri Samba yakni Corinthians.

Ze Paulo sempat memperkuat beberapa klub Portugal. Mulai dari Rio Ave (2015-16), Academico de Viseu (2016-18), Academica de Coimbra (2018, setengah musim) dan Leixoes SC (2019). Sejak 2020, Vietnam jadi tujuan perantauan keduanya. Quang Nam, Dong A Thanh Hoa serta Hong Linh Ha Tinh jadi tim-tim yang ia bela di Negeri Paman Ho.

3. Ze Paulo menjadi rekrutan ketiga Pasukan Ramang pada bursa transfer tengah musim

PSM Segera Resmikan Pengganti Wiljan PluimAksi gelandang Ze Paulo (kanan) saat masih membela klub Vietnam, Hong Linh Ha Tinh, di V.League 1 musim 2023. (Instagram.com/zepaulo29)

Ze Paulo akan menjadi rekrutan ketiga PSM Makassar untuk putaran kedua BRI Liga 1 2023-24. Sebelumnya sudah ada winger kanan Victor Mansaray dan bek tengah pinjaman PSS Sleman yakni Ifan Nanda. Victor sendiri sudah jalani debut pada laga pekan ke-18 kontra Persija Jakarta, 3 November silam.

Sementara itu, Juku Eja baru melepas satu pemain. Ia adalah Rizky Pellu yang dilepas dengan status pinjaman ke RANS Nusantara FC selama setengah musim. Beberapa nama santer dirumorkan segera menyusul yakni Kike Linares dan Everton Nascimento.

Baca Juga: Jadi Musafir di Sisa Musim, PSM Siapkan Opsi Berkandang di Balikpapan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya