PSM Resmi Perkenalkan Ze Paulo, Suksesor Pluim di Lini Tengah

Kemungkinan besar jalani debut dalam laga kontra Dewa United

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akhirnya meresmikan Ze Paulo sebagai rekrutan ketiga di bursa transfer tengah musim. Gelandang serang asal Brasil tersebut diperkenalkan di seluruh media sosial resmi klub pada Sabtu malam kemarin (11/11/2023).

"Welcome to the club, Jose Paulo Oliveira Pinto! Berikan yang terbaik untuk klub kebanggaan Sulawesi ini," demikian keterangan unggahan video peresmian Ze Paulo yang berdurasi 43 detik yang diunggah ke akun Instagram @psm_makassar.

1. Ze Paulo dikontrak oleh PSM Makassar dengan durasi setengah musim

PSM Resmi Perkenalkan Ze Paulo, Suksesor Pluim di Lini TengahPemain baru PSM Makassar, Ze Paulo, dalam sesi latihan rutin di Stadion Kalegowa Pallangga pada Senin 6 November 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Ze Paulo akan berseragam merah marun dengan durasi setengah musim. "Kontraknya sampai akhir musim 2023-24," ujar Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Sabtu malam (11/11/2023).

Sebelumnya, nama Ze Paulo sudah tercantum dalam database milik PT. Liga Indonesia Baru pada hari Jumat lalu (10/11/2023). Selain itu, sosok 29 tahun tersebut sudah mengikuti sesi latihan rutin bersama pemain-pemain PSM Makassar lainnya di Stadion Kalegowa Pallangga sejak awal pekan silam.

2. Jebolan tim akademi Corinthians tersebut merantau ke Asia Tenggara sejak tahun 2020

PSM Resmi Perkenalkan Ze Paulo, Suksesor Pluim di Lini TengahGelandang Ze Paulo Oliveira saat merayakan gol yang ia cetak dalam salah satu pertandingan V.League 1 2023. (Instagram.com/zepaulo29)

Pemilik nama lengkap Jose Paulo de Oliveira Pinto itu lahir di Rio de Janeiro, Brasil, pada 26 Maret 1994. Berposisi sebagai gelandang tengah dan gelandang serang, ia adalah jebolan akademi tim papan atas Negeri Samba yakni Corinthians.

Ze Paulo sempat memperkuat beberapa klub Portugal. Mulai dari Rio Ave (2015-16), Academico de Viseu (2016-18), Academica de Coimbra (2018, setengah musim) dan Leixoes SC (2019). Sejak 2020, ia merantau ke Asia Tenggara. Quang Nam, Dong A Thanh Hoa serta Hong Linh Ha Tinh jadi tim-tim yang ia bela di Liga Vietnam.

3. Ze Paulo kemungkinan besar langsung jalani debut dalam duel melawan Dewa United

PSM Resmi Perkenalkan Ze Paulo, Suksesor Pluim di Lini TengahPemain baru PSM Makassar, Ze Paulo, dalam sesi latihan resmi di Indomilk Arena pada Sabtu 11 November 2023 jelang laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2023-24 kontra Dewa United. (Instagram.com/psm_makassar)

Ze Paulo sendiri sudah ikut dalam sesi latihan resmi di Indomilk Arena Tangerang pada Sabtu malam kemarin (11/11/2023), jelang duel pekan ke-19 BRI Liga 1 2023-24 kontra Dewa United. Kemungkinan besar pemilik postur 1,89 meter itu langsung jalani debut dalam laga yang berlangsung pada Minggu malam ini (12/11/2023).

Ini lantaran sektor tengah Pasukan Ramang kekurangan sosok kreatif usai Wiljan Pluim hengkang ke Borneo FC Samarinda. Kehadiran Ze Paulo bisa membuat aliran serangan jauh lebih hidup, sekaligus membantu lini depan agar semakin tajam.

Baca Juga: PSM Segera Resmikan Pengganti Wiljan Pluim

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya