PSM Makassar Resmi Perpanjang Kontrak Tavares hingga 2026

Jadi langkah awal dari proyek jangka panjang skuad Juku Eja

Makassar, IDN Times - Masa bakti Bernardo Tavares sebagai pelatih kepala PSM Makassar akhirnya resmi diperpanjang. Manajemen Pasukan Ramang menambah durasi kontraknya selama tiga tahun, alias hingga pertengahan 2026. Status jawara paruh musim Liga 1 membuat mereka mantap mengambil keputusan ini.

"Perpanjangan kontrak ini setelah evaluasi capaian PSM Makassar di Liga 1 musim 2023/2024 hingga putaran pertama selesai," ujar Direktur Utama (Dirut) PT PSM, Sadikin Aksa, seperti dilansir oleh situs resmi klub pada Jumat pagi (3/2/2023).

Baca Juga: Bernardo Tavares dan Proyek Regenerasi Skuat PSM Makassar

1. Tak lepas dari keberhasilan mengantar PSM sebagai jawara paruh musim Liga 1

PSM Makassar Resmi Perpanjang Kontrak Tavares hingga 2026Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2022-23 kontra PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sabtu 23 Juli 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Visi Tavares untuk mengembangkan pemain-pemain muda jebolan Akademi PSM mendapat dukungan penuh dari manajemen. Terlebih beberapa nama yang dipromosikan bisa unjuk gigi di ajang Liga 1 dan AFC Cup. Sebut saja Ananda Raehan Alif, Victor Dethan, Ricky Pratama hingga Dzaky Asraf yang baru-baru ini dipanggil ikut TC Timnas.

"Perpanjangan kontrak ini sebagai bukti kami percaya sepenuhnya kepada Bernardo Tavares untuk bersama-sama dengan manajemen PSM Makassar membawa tim ini jauh lebih berprestasi," tandas Sadikin dalam pernyataan tersebut.

2. Manajemen berharap Tavares bisa punya banyak waktu untuk memoles pemain muda

PSM Makassar Resmi Perpanjang Kontrak Tavares hingga 2026Yakob Sayuri (kiri), Rizky Eka Pratama (tengah) dan Muhammad Dzaky Asraf (kanan) merayakan gol yang dicetak ke gawang Tampines Rovers dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Dengan tambahan masa kerja hingga tiga tahun, manajemen PSM berharap agar juru latih berlisensi Pro UEFA itu memiliki waktu yang cukup untuk membangun pondasi tim.

Usai meneken perpanjangan kontrak, Tavares berjanji akan berusaha lebih keras untuk membawa Pasukan Ramang melaju kencang bersama para pemain muda polesannya.

"Terima kasih atas kepercayaan ini. Kami (tim pelatih dan para pemain, red.) akan bekerja keras bersama-sama. Saya juga tidak lupa untuk meminta dukungan dari para suporter," ungkap pelatih berpaspor Portugal tersebut.

3. Saat ini, skuat Juku Eja jadi yang termuda keempat di pentas Liga 1

PSM Makassar Resmi Perpanjang Kontrak Tavares hingga 2026Para pemain PSM Makassar berpose sebelum laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 versus Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 8 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Sebelumnya, rencana perpanjangan kontrak Tavares memang sudah berembus sejak bulan Oktober 2022 lalu. Berbicara di hadapan awak media, Sadikin Aksa mengaku sudah menjajaki kemungkinan memberi kontrak jangka panjang secara langsung dengan sang pelatih kepala.

Berdasarkan data Transfermarkt, usia rata-rata skuat PSM setelah bursa transfer tengah musim adalah 24,5 tahun. Mereka jadi tim termuda keempat setelah Persija Jakarta (23,8), PSIS Semarang (23,5) serta Persebaya Surabaya (22,9).

Baca Juga: Profil Ahmad Rusadi, Si Jangkung Rekrutan Baru PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya