PSM Makassar Perkenalkan Joao Pedro, Pemain Anyar Asal Timor Leste

Direkrut untuk AFC Cup, masih menunggu debut Liga 1

Makassar, IDN Times - Jelang menjajal Hai Phong FC pada laga pertama babak penyisihan grup AFC Cup 2023-24, PSM Makassar memperkenalkan pemain baru. Ia adalah Joao Pedro da Silva Freitas asal Timor Leste.

Dilansir oleh situs resmi Juku Eja pada Kamis pagi (21/9/2023), Joao Pedro menjadi pelengkap susunan pemain asing di kompetisi tingkat benua. Pemain berusia 25 tahun tersebut juga akan mengenakan nomor punggung 33

1. Joao Pedro beroperasi di sisi sayap kiri, dan kemungkinan besar langsung jalani debut

PSM Makassar Perkenalkan Joao Pedro, Pemain Anyar Asal Timor LestePemain PSM Makassar, Joao Pedro, saat memperkuat Benfica de Macau pada ajang Liga do Elite 2023. (Instagram.com/benfica.macau)

Berposisi utama sebagai winger kiri, Joao Pedro memang sudah mengikuti sesi latihan Juku Eja sejak Senin pekan lalu (11/9/2023). Ia pun ikut diboyong dalam lawatan ke Vietnam untuk laga versus Hai Phong FC.

Kemungkinan besar dirinya menjadi pengganti Yakob Sayuri yang masih dibekap cedera. Jika jalani debut pada laga malam nanti, Joao akan menjadi pemain Timor Leste kedua di PSM Makassar. Sebelumnya sudah ada Miro Baldo Bento pada 1999 hingga 2002.

2. Kemungkinan besar Joao baru bermain di putaran kedua Liga 1

PSM Makassar Perkenalkan Joao Pedro, Pemain Anyar Asal Timor LestePemain PSM Makassar, Joao Pedro, saat memperkuat Benfica de Macau pada ajang Liga do Elite 2023. (Instagram.com/benfica.macau)

Joao sendiri disebut didaftarkan untuk kebutuhan AFC Cup. Tapi, jika berdasarkan aturan Liga 1 yakni 5+1, ia agaknya tidak akan bermain setidaknya hingga putaran pertama musim 2023-24 rampung. Ini lantaran slot pemain asing Juku Eja sudah penuh.

Meski begitu, perekrutan Joao seolah menjadi langkah PSM atas kondisi keuangan klub. Belakangan ini memang santer dikabarkan bahwa sejumlah pemain asing akan hengkang di bursa transfer tengah musim. Wiljan Pluim pun disebut-sebut sudah masuk radar sejumlah klub.

Baca Juga: AFC Cup: PSM Didera Masalah Kelelahan Jelang Lawan Hai Phong FC

3. Sudah pernah merumput di liga Thailand, Malaysia dan Makau

PSM Makassar Perkenalkan Joao Pedro, Pemain Anyar Asal Timor LesteFoto perkenalan Jose Pedro sebagai pemain baru PSM Makassar pada Kamis 21 September 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Mulai merintis karier sebagai pemain sepak bola pada 2015 bersama SLB Laulara, Joao sudah pernah memperkuat sejumlah klub di luar Timor Leste. Sebut saja Ubon United (2019-2020) di Thailand, klub divisi dua Malaysia yakni UiTM FC (2020-2022) dan Benfica de Macau (Februari-September 2023).

Pemilik postur 1,72 meter itu sudah memperkuat Timnas Timor Leste sejak 2018, saat Joao masih berusia 20 tahun. Kompatriot Gali Freitas tersebut sudah tampil di 10 pertandingan, dan mencetak dua gol.

Baca Juga: AFC Cup: Hai Phong FC Vs PSM, Ujian Maha Berat di Laga Pembuka

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya