PSM Juara Liga 1: Pluim Pemain Terbaik, Tavares Pelatih Terbaik

Dua sosok sentral mengantarkan PSM juara musim ini

Makassar, IDN Times - Pesta juara PSM Makassar di pekan terakhir BRI Liga 1 2022-23 kian lengkap berkat dua capaian individu. Berdasarkan penilaian tim High Performance Unit (HPU) oleh PT Liga Indonesia Baru, Willjan Pluim serta pelatih kepala Bernardo Tavares masing-masing mendapat gelar Pemain Terbaik dan Pelatih Terbaik musim ini.

Keduanya pun sudah diberikan trofi untuk masing-masing kategori serta giant check dengan nilai Rp150 juta. Penganugerahan dilakukan sebelum seremoni pemberian trofi juara usai laga kontra Borneo FC Samarinda di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Minggu malam (16/4/2023).

Baca Juga: Bekuk Borneo FC 3-0, PSM Makassar Tutup Musim dengan Sempurna

1. Wiljan Pluim mendapat gelar Pemain Terbaik Liga 1 2022-23

PSM Juara Liga 1: Pluim Pemain Terbaik, Tavares Pelatih TerbaikPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Erick Didu/abhe/nym.

Predikat Pemain Terbaik BRI Liga 1 2022-23 untuk Wiljan Pluim seolah membayar lunas loyalitasnya. Datang pada pertengahan tahun 2016 jelang putaran kedua ISC, ia langsung menempati posisi sebagai konduktor serangan PSM. Perannya sangat vital di lini tengah, sebagai pembangun serangan dan penyuplai bola untuk para penyerang.

PSM sekarang memakai strategi direct football yang tak banyak menguasai bola. Tapi, perannya tetap krusial sebab Pluim diberi tugas tambahan yakni mengirim ancaman dari lini kedua.

Hingga musim 2022-23 tutup tirai, gelandang asal Belanda tersebut sudah mencetak 11 gol dan 10 asis dari 31 pertandingan di ajang resmi. Ini jadi masa tersuburnya setelah Liga 1 2017, di mana saat itu ia menyumbang 12 gol plus 13 asis. Selain itu, medali juaranya kian lengkap setelah sebelumnya menyabet Piala Indonesia 2018-19.

2. Bernardo Tavares langsung menyabet Pelatih Terbaik Liga 1 2022-23 di musim pertamanya

PSM Juara Liga 1: Pluim Pemain Terbaik, Tavares Pelatih TerbaikMenpora Dito Ariotedjo (kedua kiri) dan Wakil Ketua PSSI Zainuddin Amali (kiri) dan Direktur Human Capital BRI Agus Winardono (kanan) berfoto bersama usai menyerahkan trofi pelatih terbaik BRI Liga 1 2022/2023 kepada pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares (kedua kanan) di Stadion Gelora BJ Habibie, Kabupaten Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2023). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pada musim pertamanya melatih di Indonesia, Bernardo Tavares menyulap tim yang musim lalu nyaris degradasi menjadi kampiun. Meski tak merekrut pemain-pemain bintang pada masa bursa transfer, ia menyulap pemain-pemain jebolan Liga 2 dan para produk Akademi PSM sebagai pilar penting timnya.

Skema direct football efektif yang ia terapkan sepanjang musim membuat PSM mendominasi musim 2022-23. Total ada 22 kemenangan yang sukses diraih, 9 diantaranya secara beruntun yakni dari pekan ke-21 hingga ke-29.

Statistik PSM di papan klasemen juga tokcer. Mereka jadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit kedua setelah Persija Jakarta. Jumlah gol yang dilesakkan ke gawang lawan pun menempatkan anak asuh Tavares sebagai tim paling agresif ketiga setelah Bali United dan Borneo FC.

3. Ananda Raehan Alief masuk dalam nominasi Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022-23

PSM Juara Liga 1: Pluim Pemain Terbaik, Tavares Pelatih TerbaikGelandang PSM Makassar, Ananda Raehan Alief, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan kontra PSIS Semarang pada Rabu 5 April 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Pemain PSM lainnya, Ananda Raehan Alief, juga masuk dalam nominasi Pemain Muda Terbaik BRI Liga 1 2022-23. Tapi yang keluar sebagai pemenang menurut penilaian TIM HPU adalah wing back Persija yakni Ilham Rio Fahmi.

Musim ini, gelandang box-to-box yang baru promosi ke tim senior PSM tersebut sudah tampil di 34 pertandingan ajang resmi (1.731 menit). Sepasang gol turut dicetak oleh anak muda 19 tahun tersebut, dan baru saja dipanggil untuk ikuti seleksi Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri untuk SEA Games 2023.

Baca Juga: Menpora Singgung Proyek Stadion Mattoanging Mangkrak, Sindir Siapa?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya