Comscore Tracker

Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil "Cuci Gudang" PSM Makassar

Sektor belakang dan depan diisi sejumlah wajah baru

Makassar, IDN Times - Musim 2019 merupakan masa yang kontras bagi PSM Makassar. Mereka berhasil mengakhiri puasa gelar nasional selama nyaris dua dekade, dengan menjuarai Piala Indonesia 2018/19. Tapi di liga, PSM justru finis di peringkat 12 serta dilabeli tim dengan catatan tandang paling buruk.

Jelang Liga 1 musim 2020, PSM melakukan cuci gudang. Menyusul pelatih Darije Kalezic yang kontraknya tak diperpanjang, dua belas pemain dilepas selama bursa transfer. Winger M Rahmat pergi setelah membela klub selama 11 tahun. Lalu ada tiga nama yang hijrah usai tiga tahun berseragam merah marun, yaitu Rivky Mokodompit, Zulham Zamrun, dan Marc Klok.

Manajemen rupanya sangat serius menyegarkan komposisi tim PSM. Ini seolah menyiratkan bahwa ambisi menembus papan atas, seperti capaian di musim 2017 dan 2018, hendak kembali diulang.

Baca Juga: Seberapa Besar Peluang Penggawa Muda PSM Menembus Timnas Senior?

1. Sempat bangkit selama dua musim, PSM Makassar terjun ke papan tengah pada Liga 1 2019

Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil Cuci Gudang PSM MakassarANTARA FOTO/Bayu Pratama S

PSM mengakhiri Liga 1 musim 2019 di posisi 12, setelah dua musim terakhir nangkring di papan atas. Ferdinand Sinaga cs menyelesaikan 34 pertandingan dengan rekor 13 kali menang, 5 kali imbang, dan 16 kali kalah. Mencetak 50 gol sepanjang musim, PSM juga kebobolan 50 kali.

Di tengah merosotnya prestasi di liga, PSM masih bisa menambah isi lemari trofi dengan Piala Indonesia. Namun di luar capaian itu, perubahan sudah kadung didambakan para suporter. PSM sangat aktif menggelontorkan uang dalam merombak susunan tim. Terhitung 12 pemain baru didatangkan ke Makassar, termasuk tiga legiun asing.

Perubahan besar juga terjadi di susunan tim pelatih. Eks juru taktik Timnas Malaysia U-19 asal Kroasia, Bojan Hodak, didapuk sebagai pengganti Darije. Selain itu, datang pula tiga asisten baru. Ada Nenad Bacina yang juga berpaspor Kroasia, Syafril Usman (eks pelatih klub Liga 3, Sidrap United) serta Herrie Setiawan (mantan asisten pelatih Persib). Hendro Kartiko kembali merapat ke Mattoanging sebagai pelatih kiper.

2. Total ada dua belas pemain baru didaratkan ke Makassar oleh manajemen jelang Liga 1 2020

Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil Cuci Gudang PSM MakassarDelapan pemain anyar PSM Makassar untuk musim 2020 yang diperkenalkan pada Rabu (8/1/2020). (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Jika dilihat secara saksama, lini depan dan belakang paling banyak diisi oleh wajah baru. Pada sektor kiper, Miswar Saputra didapuk sebagai kiper utama pengganti Rivky Mokodompit.

Masih 23 tahun, sosok yang sudah makan asam-garam dengan Bajul Ijo itu diharap memperkokoh sektor pertahanan. Yang menarik, tiga kiper pelapis lainnya belum ada yang genap berkepala tiga. Syaiful Syamsuddin jadi "senior" lantaran usianya telah menginjak 26 tahun.

Manajemen melepas bek tengah Aaron Evans, lalu mendatangkan Hussein El-Dor, bek tengah berpaspor Lebanon. Sebelumnya, El-Dor sempat singgah di klub Churchill Brothers, India, serta Perak FA Malaysia. Selain itu, turut bergabung pula bek tengah yang kenyang pengalaman di kompetisi Eropa yakni Serif Hasic.

Tak cuma pemain asing, beberapa nama lokal juga direkrut untuk memperbaiki masalah di jantung pertahanan. Mereka adalah Dedy Gusmawan dan Ahmad Agung. Mereka bakal bahu-membahu bersama pemain yang sudah lebih dulu perkuat PSM yakni Hasyim Kipuw, Abdul Rahman Sulaeman serta Zulkifli Syukur.

Baca Juga: Dibekuk Tampines, Pelatih PSM Sebut Timnya Masih Perlu Banyak Belajar

3. Perubahan banyak terjadi pada sektor belakang dan depan Juku Eja

Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil Cuci Gudang PSM MakassarPemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (kiri), saat tampil di matchday pertama Grup H AFC Cup 2020 kontra Tampines Rovers, Rabu (26/2) silam. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Tak ada perubahan mencolok pada lini tengah. Akan tetapi, kepergian Marc Klok ke Macan Kemayoran membuat publik bertanya-tanya. Apakah skema tiga gelandang akan ditinggal dan beralih ke 4-4-2? Nah, otomatis Hodak mengandalkan pemain lokal sebagai penamping konduktor bernama Wiljan Pluim. Opsinya? Ada Rizky Pellu, Rasyid Bakri serta Muhammad Arfan.

Sedang di sektor penyerang, Giancarlo Lopes menjadi ujung tombak anyar. Harapan publik Makassar membuncah di pundak si Brasileiro. Kebiasaan gonta-ganti striker dalam tiga tahun bukan sebuah hal bagus.

Carlo pun diharap bertahan lama di Mattoanging, dengan syarat ia harus rajin menambah pundi gol. Selain itu, datang pula tiga nama lain yaitu Irsyad Maulana (dari Semen Padang), Osas Saha (dari PS TIRA-Persikabo) serta pemain muda Yakob Sayuri yang mencuri perhatian di Barito Putera musim kemarin.

Tak cuma pemain anyar, para penyerang lama siap memberi bantuan untuk Carlo. Mulai dari Ezra Walian, Bayu Gatra, winger muda M. Rizky Eka Pratama plus Ferdinand Sinaga. Kapasitas The Dragon sebagai pemecah kebuntuan masih akan dibutuhkan PSM. Apalagi, Ferdinand-lah yang menjadi pemain tersubur selama masa pra-musim, berkat lima gol dari empat pertandingan.

Total ada 32 pemain yang saat ini berada dalam komposisi PSM Makassar musim 2020. Skuad yang gemuk ternyata menjadi permintaan khusus coach Bojan sejak hari pertama menjabat sebagai pelatih. Demi menyiasati jadwal padat, ia butuh tim di mana kualitas pemain utama dan pelapis tidak terlalu jomplang.

4. Juru taktik PSM Makassar, Bojan Hodak, berpacu dengan waktu untuk menyatukan para rekrutan anyar dan pemain lama

Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil Cuci Gudang PSM MakassarPelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, berbicara dalam konferensi pers pra-pertandingan leg pertama play off AFC Cup 2020 kontra Lalenok United FC. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Juru taktik anyar Pasukan Ramang, Bojan Hodak bukan sosok baru di kancah bal-balan Asia Tenggara. Pemegang lisensi UEFA Pro itu pernah mengecap sukses treble winner bersama klub Malaysia, Kelantan FA, di musim 2012. Ia turut membawa Johor Darul Ta'zim ke tangga juara Malaysia Super League 2014. Prestasi terbarunya yakni gelar juara AFF Cup U-19 bersama Malaysia U-19 pada tahun 2018 silam.

Bojan dibebankan segudang tugas berat. Dirinya harus menambal lubang di sektor belakang, titik lemah PSM Makassar sepanjang musim 2019. Dari 34 pertandingan liga, mereka menderita 50 kali kebobolan. Bertambah 8 angka dibanding catatan tahun 2018 saat Wiljan Pluim dkk finis sebagai runner-up di bawah Persija Jakarta.

Pelatih berkepala plontos itu turut diminta membawa PSM kembali bersaing ke papan atas. Namun, Bojan harus membereskan masalah paling mendasar jelang pekan pertama Liga 1 2020 : menyatukan para pemain lama dan baru.

Tengok saja daftar starter PSM di matchday pertama Grup H AFC Cup 2020 kontra Tampines Rovers, pada Rabu pekan lalu (12/2). Delapan di antaranya berlabel rekrutan anyar, mulai dari kiper sampai ujung tombak. Berjumpa wakil Singapura, PSM seolah limbung. Tak ada pola permainan yang jelas, salah pengertian antar pemain juga sering terjadi. Hasil akhirnya? Skor 2-1 untuk kemenangan Tampines Rovers.

Liga 1 2020 akan diputar dua pekan lagi. Coach Bojan sadar dirinya tengah berpacu dengan waktu untuk menemukan formula yang tepat. Dalam sepak bola, kebijakan "cuci gudang" memang memiliki nilai positif dan negatif. Yang menjadi pertanyaan, berapa lama hingga akhirnya berhasil keluar dari lubang jarum?

5. Dari total 32 punggawa Pasukan Ramang pada musim 2020, 13 di antaranya berusia 23 tahun ke bawah

Profil Klub Liga 1 2020: Melihat Hasil Cuci Gudang PSM MakassarPara pemain PSM Makassar sedang berlatih jelang leg kedua babak play-off AFC Cup 2020 di Stadion Mini Cibinong Bogor, pada hari Selasa (28/1/2020). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Berikut ini daftar pemain PSM Makassar di Liga 1 2020 :

Kiper : Miswar Saputra, Hilmansyah, Syaiful Syamsuddin, Reza Arya Pratama

Belakang : Zulkifli Syukur, Wasyiat Hasbullah, Hussein El-Dor (Lebanon), Asnawi Mangkualam Bahar, Hasyim Kipuw, Dedy Gusmawan, Serif Hasic (Bosnia-Herzegovina), Leo Guntara, Ahmad Agung, Abdul Rahman Sulaeman, Firza Andika, Rony Beroperay

Tengah : Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Muhammad Arfan, Takwir Rahman, Wiljan Pluim (Belanda), Fajri Andrianysah, Aji Kurniawan

Depan : Ferdinand Sinaga, Irsyad Maulana, Giancarlo Lopes (Brasil), Osas Saha, Yakob Sayuri, Bayu Gatra, M. Rizky Eka Pratama, Ezra Walian, Saldy Amiruddin.

(Ket. : Pemain baru berhuruf tebal, pemain berusia 23 tahun ke bawah berhuruf miring)

Susunan tim kepelatihan PSM Makasssar di musim 2020 :

Pelatih kepala : Bojan Hodak (Kroasia)

Asisten pelatih : Nenad Bacina (Kroasia), Syafril Usman, Bahar Muharram

Pelatih fisik : Herrie Setiawan

Pelatih kiper : Hendro Kartiko.

Baca Juga: Goyang Latin di Kota Daeng: Amerika Selatan dalam Starting XI PSM

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya