Comscore Tracker

Preview Dewa United Vs PSM, Juku Eja Mencari Keseimbangan

The Tangsel Warriors ingin bangkit di kandang sendiri

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menjajal Dewa United pada laga pekan ke-10 BRI Liga 1 malam ini di Indomilk Arena Tangerang, Kamis (15/9/2022).

Kedua tim menyambut duel dengan kondisi bertolak belakang. Dewa United baru saja dihajar 6-0 oleh Bali United, membuat mereka masih terjerembap di peringkat 13 klasemen sementara. Sedang sang tamu datang dengan catatan tanpa kekalahan sejauh ini di liga dan menghuni papan atas.

Namun, sang tuan rumah enggan langsung mengibar bendera putih. Anak asuh Nil Maizar ingin menebus hasil buruk di Gianyar pekan lalu. Sedang kubu Juku Eja paham bahwa tren positif bisa membuat mereka tinggi hati. Alhasil, mereka melawat dengan misi tetap menjejak bumi.

Baca Juga: Dewa United Vs PSM: Tavares Terbayang Laga Kontra Persik

1. Tavares meminta anak asuhnya tetap membumi

Preview Dewa United Vs PSM, Juku Eja Mencari KeseimbanganPemain PSM Makassar Dzaky Asraf (dua dari kiri) dan pelatih kepala Bernardo Tavares (dua dari kanan) dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan kontra Dewa United, Rabu 14 September 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Membumi adalah kata yang diulang-ulang oleh pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan Rabu kemarin (14/9/2022). Sebab meraih kemenangan dan tetap di tren positif bukan tugas yang mudah. Karena itu, rendah hati para pemain dianggap perlu untuk menjaga fokus.

"Kunci kesuksesan adalah pemain kita sendiri. Saya tidak ingin mengatakan kita akan menang terus, karena suatu saat kekalahan pasti tiba," ujarnya.

"Kita ingin tetap merendah, membumi, dan menjalankan skema permainan yang dijalankan di latihan," imbuh pelatih asal Portugal itu.

Skuat tanpa Everton dan Pluim memang sudah teruji dalam partai kandang. Tapi beda lagi saat bertandang. Tak cuma untuk membumi, Tavares juga ingin menguji formula keseimbangan yang sudah beberapa kali ia terapkan. Tanpa gelandang kreatif, strategi permainan efektif nan agresif akan kembali diterapkan.

2. Dewa United ingin move on dari kekalahan telak pekan lalu

Preview Dewa United Vs PSM, Juku Eja Mencari KeseimbanganPelatih kepala Dewa United, Nil Maizar, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan kontra PSM Makassar, Rabu 14 September 2022. (Dok. DewaUnited.com)

Sementara itu, Nil Maizar selaku juru taktik Dewa United menyebut timnya sudah sangat siap menghadapi tamu asal Makassar. Ia enggan berlama-lama meratapi kekalahan di tangan Serdadu Tridatu pekan lalu. Motivasi mereka untuk membendung laju PSM, dengan pemain mudanya yang enerjik, juga disebut tinggi.

"Kami sadar bila PSM sedang dalam kondisi bagus. Sekarang mereka ada di top level dengan beberapa pemain mudanya," katanya dalam kesempatan terpisah.

"Tentunya kami harus memiliki motivasi yang lebih besar dari mereka. Hal itu pastinya bagus agar tim ini bisa meraih hasil yang kami inginkan," sambung Nil Maizar.

Tanpa Dias Angga dan Karim Rossi akibat akumulasi kartu kuning, The Tangsel Warriors siap menurunkan pemain pengganti. Di pos bek kanan mereka masih punya Mokhamad Syaifuddin, Bhudiar Reza dan Akbar Zakaria. Sedang Rishadi Fauzi bisa jadi turun sebagai ujung tombak.

3. The Tangsel Warriors cuma menang sekali dalam lima laga terakhir

Preview Dewa United Vs PSM, Juku Eja Mencari KeseimbanganPara pemain Dewa United merayakan gol yang dicetak ke gawang Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2022-23 di Indomilk Arena Tangerang, 14 Agustus 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Perkiraan susunan pemain kedua tim :

Dewa United (4-3-3)

Muhammad Natshir (GK); Mochammad Zaenuri, Jajang Sukmara, Risto Mitrevski, Mokhamad Syaifuddin; Asep Berlian, Rangga Muslim, Majed Osman; Lucas Ramos, Rishadi Fauzi, Theofilo Numberi

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Muhammad Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Ananda Raehan Alif, Yakob Sayuri; Kenzo Nambu, Ramadhan Sananta

Catatan lima pertandingan terakhir Dewa United :

10/09/2022 Bali United 6-0 Dewa United (Liga 1)

04/09/2022 Dewa United 0-0 PSS (Liga 1)

29/08/2022 Dewa United 2-1 PSIS (Liga 1)

23/08/2022 Borneo FC 3-0 Dewa United (Liga 1)

19/08/2022 Madura United 1-0 Dewa United (Liga 1)

Catatan lima pertandingan terakhir PSM :

10/09/2022 PSM 3-0 Persebaya (Liga 1)

02/09/2022 Persik 0-0 PSM (Liga 1)

29/08/2022 PSM 5-1 Persib (Liga 1)

24/08/2022 Kuala Lumpur City FC 5-2 PSM (AFC Cup)

20/08/2022 PSM 1-0 Arema FC (Liga 1)

Baru saling jajal untuk pertama kali, siapa yang bakal mendulang poin penuh? Saksikan pertandingan Dewa United versus PSM Makassar pada Kamis malam ini (15/9/2022), pukul 18.15 WITA.

Baca Juga: 5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya