Comscore Tracker

Play-Off Belum Dihelat, PSM Sudah Kebagian Tempat di AFC Cup 2020

Juku Eja kembali berjumpa Kaya FC-Iloilo asal Filipina

Makassar, IDN Times - Induk sepak bola Asia yakni AFC telah merampungkan proses pembagian grup untuk helatan AFC Cup 2020. Sebanyak 45 tim, tidak termasuk 26 tim lain yang harus melewati fase kualifikasi lebih dahuulu serta berstatus standby, telah terbagi dalam sembilan grup.

Prosesi drawing kejuaraan level kedua antar klub Asia tersebut dihelat di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa (10/12) sore tadi. Kendati lebih dahulu berjibaku dalam babak play-off, PSM Makassar sudah mengetahui tempat mereka di penyisihan grup jika berhasil melewati hadangan Lalenok United FC.

1. Jika lolos dari play-off, PSM langsung bergabung ke Grup H Zona ASEAN

Play-Off Belum Dihelat, PSM Sudah Kebagian Tempat di AFC Cup 2020Dok. Istimewa/MO PSM Makassar

Jika lolos, PSM langsung tergabung di Grup H Zona ASEAN. Salah satu tim yang sudah menunggu Juku Eja adalah Kaya FC-Iloilo (runner-up Phillippines Footbal League 2019). Salah satu raksasa Liga Filipina tersebut sudah mereka jajal pada AFC Cup tahun ini.

Calon lawan lainnya yakni Tampines Rovers (runner-up Singapore Premier League dan juara Singapore Cup 2019) ditambah Shan United (juara Myanmar National League 2019).

Akan tetapi, Tampines Rovers dan Shan United juga bakal berjuang di fase kualifikasi AFC Champions League. Jika salah satu dari keduanya lolos ke babak utama kompetisi antar klub bergengsi se-Asia, tempat mereka akan diganti oleh tim senegara yang berstatus standby yaitu Geylang International (peringkat lima SPL 2019) dan/atau Ayeyawady United (juara dua MNL 2019).

2. Tim Indonesia lainnya, Bali United, masuk Grup G meski lebih dahulu berjibaku di kualifikasi AFC Champions League

Play-Off Belum Dihelat, PSM Sudah Kebagian Tempat di AFC Cup 2020Liga-Indonesia.id

Bali United, juara Liga 1 2019, juga sudah mengetahui tempat mereka di AFC Cup 2020. Serdadu Tridatu berada di Grup G bersama Ceres-Negros (juara Liga dan Piala Filipina) , Than Quang Ninh (peringkat tiga Liga Vietnam) serta satu tempat lain yang menjadi rebutan Svay Rieng (juara Liga Kamboja) dan Master 7 (runner-up Liga Laos).

Kendati demikian, status Bali United sebagai juara liga membuat mereka lebih dulu melakoni fase kualifikasi di AFC Champions League. Salah satu tim standby --jika mereka lolos ke babak utama-- mengganti tempat Fadhil Sausu cs di Grup G yakni juara dua Liga 1.

Baca Juga: Darije Kalezic Optimistis Kans PSM di Piala AFC

3. Pada leg pertama, Lalenok United FC kemungkinan tak menjamu PSM di Kota Dili

Play-Off Belum Dihelat, PSM Sudah Kebagian Tempat di AFC Cup 2020Dok. Liga Futebol Amadora

Di babak play-off, PSM Makassar akan bertandang ke markas Lalenok United pada 22 Januari nanti. Setelahnya, giliran Pasukan Ramang menjamu juara Liga dan Piala Timor Leste tersebut pada 29 Januari.

Menyoal venue, PSM kemungkinan besar berjumpa Lalenok United di Malaysia alih-alih di Dili, ibu kota Timor Leste.

"Ada kemungkinan juga Lalenok United tidak berkandang di Dili. Jika stadion mereka tidak lolos penilaian AFC, mereka kemungkinan akan memilih bermain di Malaysia," tulis Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, dalam pesan singkat yang diterima IDN Times.

Baca Juga: PSM Makassar Jumpa Juara Liga Timor Leste di Play-Off AFC Cup 2020

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya