Comscore Tracker

Perkuat Sektor Tengah, PSM Rekrut Fajar Handika dari RANS Cilegon FC

Dikontrak permanen satu tahun bersama Juku Eja

Makassar, IDN Times - Masuk pekan ketiga BRI Liga 1 2021/22, PSM Makassar kembali kedatangan rekrutan baru yakni Fajar Handika. Gelandang bertahan itu sudah terlihat dalam unggahan galeri foto aktivitas latihan mereka di akun Instagram @psm_makassar, Rabu siang (15/9/2021).

"Statusnya permanen, dengan durasi kontrak satu tahun," demikian konfirmasi dari Media Officer PSM yakni Sulaiman Abdul Karim, lewat pesan singkat yang diterima IDN Times pada Rabu malam.

Dengan ditutupnya bursa transfer 10 September silam, pria 32 tahun itu jadi pemain lokal terakhir yang digaet oleh PSM pada awal musim.

1. Fajar Handika kenyang pengalaman

Perkuat Sektor Tengah, PSM Rekrut Fajar Handika dari RANS Cilegon FCPemain pinjaman PSM Makassar dari RANS Cilegon FC, Fajar Handika, dalam sesi latihan indoor yang digelar pada Rabu 15 September 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Pemain kelahiran Deli Serdang, 4 Februari 1989 itu sempat memperkuat RANS Cilegon FC selama lima bulan yakni dari April hingga September ini. Ia pun turut diboyong dalam tur sekaligus pemusatan latihan di Turki pada Agustus silam.

Memulai kariernya di PSDS Deli Serdang pada tahun 2008, Fajar termasuk pemain yang kenyang pengalaman. Ia tercatat pernah dipinang Persela Lamongan (2013-14), Mitra Kukar (2015-16), Madura United (2016-17), Barito Putera (2017-19) serta Kalteng Putra (2019-20).

Sebelum direkrut RANS Cilegon FC, Fajar dikontrak oleh Badak Lampung FC untuk Liga 2 2020. Tapi, pandemik COVID-19 membuatnya tak sempat tampil untuk Laskar Saburai hingga dilepas pada awal tahun ini.

2. Sebelumnya ada Zikri Akbar yang berstatus pinjaman dari Persis Solo

Perkuat Sektor Tengah, PSM Rekrut Fajar Handika dari RANS Cilegon FCPemain pinjaman PSM Makassar dari Persis Solo, Zikri Akbar, dalam sesi latihan tim yang berlangsung di Stadion Pajajaran Kota Bogor, 6 September 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebelumnya, dua penggawa anyar bergabung saat PSM sudah berada di Jakarta jelang laga pembuka kontra Arema FC. Ada bek kiri Zikri Akbar dan winger kanan Azka Fauzi yang dipinjam dari Persis Solo selama satu musim.

Zikri tercatat pernah merumput bersama PSSB Bireun (2013-14), Persita Tangerang (2014-15 dan 2019-21), Persija Jakarta (2015-16), Mitra Kukar (2016-17) serta Perserang Serang (2017-19). Pemain 29 tahun itu direkrut oleh Laskar Samber Nyawa pada Mei 2021.

Sementara itu, Azka Fauzi tercatat sudah memperkuat lima tim sebelum gabung dengan PSM. Saat masih menimba ilmu di Akademi Bali United, pemain 25 tahun itu pernah dipinjamkan ke Persatu Tuban (2016) dan Celebest FC Palu (2017), masing-masing setengah musim. 

Sempat tembus tim utama Serdadu Tridatu, ia direkrut Persis di musim 2018. Setelah itu Azka dipinang Persiraja Banda Aceh (2018-19), Persita (2019-20), PSMS Medan (2020-21) dan kembali ke Persis pada akhir April 2021.

Baca Juga: PSM Makassar Pinjamkan Tiga Pemain ke Persijap Jepara

3. Azka Fauzi (kanan) bakal menghadapi sengitnya persaingan di lini depan

Perkuat Sektor Tengah, PSM Rekrut Fajar Handika dari RANS Cilegon FCPemain pinjaman PSM Makassar asal Persis Solo, Azka Fauzi (kanan), dalam sesi latihan jelang laga kontra Arema FC di Stadion Pakansari Cibinong, 4 September 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Kehadiran ketiganya untuk menambah kedalaman materi Juku Eja. Fajar Handika akan jadi pelapis bagi lini tengah PSM yang saat ini baru diisi enam pemain, termasuk rekrutan baru lain yakni Dolly Gultom.

Untuk pos bek kiri, Zikri Akbar harus bersaing dengan sejumlah nama. Antara lain Junius Bate, Syahrul Mustofa serta si lulusan program Garuda Select yakni Edgard Amping. Tapi, Zikri bisa diplot sebagai pemain sayap yang beroperasi di sektor kiri.

Di sisi lain, persaingan yang akan dihadapi Azka di lini depan terbilang berat. Rizky Eka Pratama serta Yakob Sayuri silih berganti menempati pos sayap kanan.

Baca Juga: Pelatih PSM Akui Stok Pemain Asing Sangat Berpengaruh

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya