Comscore Tracker

Pelatih PSM Dukung Liga 1 Kembali Bergulir dengan Penonton

Kas keuangan klub terancam jika main tanpa penonton

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares menyambut baik rencana PT Liga Indonesia Baru untuk segera melanjutkan Liga 1 2022-23. Nyaris dua bulan tak bertanding, ia menyebut anak asuhnya sudah tak sabar melanjutkan persaingan di papan atas.

"Kalau bisa dimulai pekan depan, akan lebih baik. Tapi saya pikir lebih baik Liga 1 segera dilanjutkan," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (20/11/2022).

Skuad PSM kembali berkumpul dan berlatih pada awal November. Namun sejauh ini pihak klub belum menjadwalkan laga uji coba.

Baca Juga: Siapa Juara Piala Dunia 2022? Ini Prediksi Tim Pelatih PSM

1. Bernardo Tavares menyebut klub butuh uang untuk menggaji pemain

Pelatih PSM Dukung Liga 1 Kembali Bergulir dengan PenontonPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mengamati permainan anak asuhnya di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022 konta Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, 11 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Lebih jauh, Tavares mengatakan bahwa opsi melanjutkan liga tanpa penonton sama sekali tak ideal. Kerugian akan dialami semua tim peserta, baik oleh pemain hingga manajemen. Dia menyebut finansial jadi sisi yang terpukul telak.

"Jika memungkinkan, dengan penonton. Karena tanpa penonton dan suporter, ini bisa menyulitkan kondisi klub," katanya.

"Karena klub juga butuh uang untuk membayar gaji pemain. Dan bagi pemain, bermain tanpa penonton dan suporter akan terasa percuma," imbuh pelatih berpaspor Portugal itu.

2. Nasib Liga 1 tak boleh berlama-lama digantung

Pelatih PSM Dukung Liga 1 Kembali Bergulir dengan PenontonSalah satu momen pertandingan BRI Liga 1 2022-23 antara RANS Nusantara FC melawan PSM Makassar di Stadion Pakansari Cibinong, Senin 15 Agustus 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Direktur Utama PSM, Sadikin Aksa, sudah lama menyuarakan rasa khawatir atas dampak berhentinya liga. Ia menyebut bahwa kepastian akan sangat penting demi pemain, pelatih dan seluruh orang yang menggantungkan hidup pada sepak bola

"Membiarkan klub terlalu lama dalam ketidakpastian tentu sangat merugikan, terlebih bagi klub PSM Makassar dan Barito Putera yang saat ini sudah memiliki 5 pekan pertandingan yang tertunda," ungkapnya dalam pernyataan tertulis berkaitan dengan situasi sepak bola nasional saat ini, 26 Oktober lalu.

3. PT LIB sedang melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak

Pelatih PSM Dukung Liga 1 Kembali Bergulir dengan PenontonJajaran direksi baru PT LIB setelah RUPS Luar Biasa di Jakarta, 15 November 2022. (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Dalam audiensi dengan Menpora Zainuddin Amali pada Jumat pekan lalu (18/11/2022), Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menyebut pihaknya akan melakukan koordinasi dengan banyak pihak sebelum melanjutkan Liga 1 dan Liga 2. Termasuk di antaranya pihak Kepolisian.

"Banyak hal yang perlu dikomunikasikan lagi seperti security regulations, komunikasi dengan suporter dan hal-hal lain yang perlu dipahami bersama," katanya seperti dilansir situs resmi PSSI.

"Selain itu, jadwal yang kita buat pertimbangan utamanya pada jadwal tim nasional baik senior maupun U-20. Jadi liga penting sekali bergulir, sebab dapat mempersiapkan pemain untuk berkompetisi serta kebugaran pemain timnas kita tetap terjaga," pungkas Ferry.

Baca Juga: Tiga Pentolan Suporter PSM Hadiri Sarasehan PSSI, Apa yang Dibahas?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya